Ilustrasi Power Steering (Foto: lifepal.co.id)

Oli Power Steering Bocor? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Juni | Otomotif | 22-08-2022

PARBOABOA – Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif memang tidak ada habisnya. Saat ini, banyak produsen otomotif ternama mengeluarkan inovasi baru yang semakin canggih dan tentunya sangat inovatif.

Munculnya berbagai macam teknologi canggih ini ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan, khususnya bagi mereka yang mengandalkan mobil sebagai sarana transportasi harian.

Berbicara mengenai teknologi canggih dalam industri mobil, kamu tentu sudah tak asing lagi dengan istilah sistem power steering. Dilihat dari fungsinya, sistem power steering adalah teknologi yang bisa meringankan para pengemudi untuk mengatur gerak serta arah roda depan tanpa perlu mengeluarkan tenaga yang besar.

Terdapat dua jenis atau tipe power steering, yakni jenis hidrolik dan elektrik. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun untuk tipe hidrolik pengoperasiannya dibantu dengan oli power steering sepagai pelumas pergerakannya.

Akan tetapi, masalah yang kerap dihadapi adalah oli power steering bocor. Nah, kebororan ini bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain:

  • Selang power steering retak atau pecah
  • Muncul kebocoran di bagian seal steering rack
  • Klem selang power steering lepas dari dudukan aslinya
  • Klem selang power steering kendur

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Jika sedang mengalami masalah seperti ini, simak tips dan cara mengatasi oli power steering bocor beriut ini!

1. Ganti Seal Steering Rack

Bocornya oli power steering kerap terjadi karena kerusakan di bagian seal steering rack. Kerusakan seal steering rack umumnya disebabkan oleh masa penggunaan yang sudah cukup lama, sehingga tak heran jika terjadi retakan sedikit saja akan menyebabkan oli menetes keluar.

Satu-satunya cara yang ahrus dilakukan yaitu dengan mengganti seal yang retak atau rusak tersebut dengan satu set seal steering rack yang baru.

2. Mengganti Selang Power Steering

Jika menemukan oli yang keluar dan menetes, kemungkinan besar disebabkan karena adanya keretakan di bagian selang power steering. Untuk itu, cara paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti selang power steering. Karena jika hanya ditambal saja, hanya akan membantu sesaat saja.

Memanfaatkan tambalan pada selang power steering tidak disarankan dalam jangka waktu yang lama. Jadi sebaiknya, segera ganti selang tersebut dengan yang baru agar oli tidak terus menerus keluar dari retakan.

3. Kencangkan Klem Selang Power Steering

Penyebab bocornya oli power steering berikutnya adalah karena sambungan selang power steering yang longgar karena klem kendor dan bahkan lepas. Fungsi klem pada selang itu sendiri adalah untuk membantu mengencangkan sambungan.

Kondisi klem yang mulai longgar karena termakan usia tentu bisa membuat oli bocor dan menetes. Jika sudah seperti ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lalu kencangkan atau ganti dengan klem yang baru.

Bagaimana, sudah cukup jelaskan dengan penyebab dan cara mengatasi oli power steering yang bocor? Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara rutin untuk dapat mengatasi jika oli power steering mengalami masalah.

Tag : #power steering    #mobil    #otomotif    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga