Gaya Gravitasi (Dok: pulpent.com)

Pengertian, Contoh, dan Rumus Hukum Gaya Gravitasi

Rahma | Pendidikan | 28-05-2022

PARBOABOA - Gaya gravitasi adalah salah satu materi dalam mata pelajaran fisika, yang mana lebih sering dikenal dengan sebutan gaya berat atau gaya tarik bumi.

Gaya gravitasi adalah salah satu gaya yang pembuktiannya dapat kita lihat dikehidupan sehari-hari. Selain itu, gaya ini merupakan salah satu alasan utama manusia dapat hidup di bumi.

Teori gaya gravitasi, pertama kali di temukan oleh seorang ilmuwan fisikawan yang berasal dari Inggris.

Ia mengungkapkan, bahwa gaya gravitasi merupakan salah satu bagian dari ciri bumi yang tidak dimiliki oleh pelanet lain, yakni adanya gaya tarik yang besar ke arah pusat bumi.

Pengertian Gaya Gravitasi

Kata gravitasi berasal dari bahasa latin yakni “gravitas” yang memiliki arti berat. Gaya gravitasi adalah sebuah fenomena alam, dimana semua hal yang memiliki massa atau energi di alam semesta termasuk planet, bintang, galaksi, dan bahkan cahaya saling tarik-menarik satu sama lain.

Di Bumi, gaya gravitasi adalah penyebab benda fisik memiliki berat. Sedangkan pada bulan, pengaruh gaya gravitasi adalah penyebab air laut mengalami pasang laut.

Sementara pada matahari, gaya gravitasi adalah penyebab planet dan beragam objek lainnya tetap berada pada orbitnya masing-masing di dalam tata surya.

Oleh sebab itu, menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), gaya gravitasi adalah sebuah gaya tarik planet yang menarik objek lain ke arah pusatnya.

Sedangkan menurut kemdikbud, gaya gravitasi adalah gaya tarik menarik sebuah benda dengan pusat pelanet, seperti yang terjadi di bumi.

Maka dapat kita simpulkan bahwa, gaya gravitasi adalah gaya yang dapat muncul karena massa suatu benda yang selalu menarik objek lain yang juga memiliki massa.

Contoh Gaya Gravitasi

Terdapat berbagai macam contoh gaya gravitasi yang sangat mudah kita temui. Oleh sebag itu, gaya yang satu ini sangat mudah untuk dibuktikan.

Apakah kamu penasaran mengenai contoh gaya gravitasi? Jika iya, mari cari tahu informasinya pada ulasan di bawah ini.

1. Benda yang Dilempar Selalu Jatuh Ke Bawah

Contoh gaya gravitasi yang pertama adalah semua benda yang jatuh akan mengarah ke arah bawah. Percobaan ini, sesuai dengan pembuktian dari Sir Issac Newton.

Ia mengatakan bahwa semua benda yang dilempar ke atas atau berada di atas, akan kembali jatuh ke tanah, karena adanya gaya tarik yang berada di pusat  bumi.

2. Manusia Bisa Berdiri Dengan Tegak Di Permukaan Bumi

Seperti yang kita tahu, bahwa bumi memiliki bentuk yang bulat menyerupai bulatan telur ayam. Lalu bagaimana kita bisa berdiri tegak dan tidak terjatuh? Padahal manusia hidup dibagian kerak-kerak bumi.

Jawabannya terdapat pada contoh gaya gravitasi yang kedua ini. Satu-satunya penyebabnya adalah karena adanya gaya tarik dari pusat bumi.

Sehingga, semua makhluk hidup dapat berdiri tegak dan bergerak secara leluasa, tanpa harus takut melayang terbang ke luar angkasa.

3. Manusia Bisa Tidur Di Atas Kasur Dengan Tenang

Selain pada saat kita berdiri, contoh gaya gravitasi juga dapat kita lihat pada saat tidur diatas kasur. Karena adanya gaya berat, maka kita dapat tidur dengan tenang di atas kasur.

Tubuh kita tidak akan berpindah tempat dengan sendirinya, kecuali jika kita yang pindah atau pun orang lain yang memindahkannya.

Oleh sebab itu, astronot yang berada di luar angkasa yang hidup tanpa adanya gravitasi, harus tidur dengan posisi tubuh yang terikat.

Bayangkan, jika kita hidup tanpa gravitasi, maka tubuh kita akan melayang-layang di udara, bahkan bisa saja menabrak berbagai benda saat kita masih tertidur.

4. Manusia Bisa Loncat dan Kembali Ke Tanah

Di bumi, kita masih bisa loncat dan kembali ke tanah. Hal ini merupakan salah satu contoh gaya gravitasi yang sangat mudah untuk kita amati.

Jika kita hidup di planet Mars, maka saat meloncat kamu mungkin akan melesat ke luar angkasa, melayang-layang, dan sulit kembali menyentuh tanah.

5. Pesawat Bisa Mendarat di Permukaan Bumi

Contoh gaya gravitasi yang terakhir adalah pesawat bisa mendarat kembali ke permukaan bumi. Gaya tarik bumi inilah yang menyebabkan pesawat dengan mudah melandas kebumi.

Rumus Gaya Gravitasi

Karena rumus gravitasi ditemukan pada abad ke-16 oleh Sir Issac Newton. Maka, rumus yang dipakai sebagai ilmu dasar pengetahuan fisika ini, diberi nama dan dikenal dengan sebutan rumus gravitasi Newton.

Hukum Rumus Gravitasi Newton adalah sebagai berikut:

F = G × (m1 × m2)/r2

Yakni:

F= Gaya tarik yang terjadi antara dua benda

G= Konstanta gravitasi umum, dimana besar nilainya yaitu (G = 6,72 x 10-11N.m2.kg-2 )

m1dan m2 = Massa dari masing-masing benda

r= jarak dari kedua benda tersebut

Rumus Medan Gravitasi atau Percepatan Gravitasi

g = G M/R2

g’ = G M/(R-h)2

M’ = MV’/V

M’ = M (R-h)3/R3

g’ = g (R-h)/R

Yakni:

g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)

g’ = percepatan gravitasi planet (m/s2)

R = jarak kedua benda (m)

h = ketinggian benda (m)

G = konstanta gravitasi (6.67 10-11 m3/kgs2)

M = massa planet bumi (kg)

M’ = massa planet (kg)

Demikianlah informasi lengkap seputar gaya gravitasi, mulai dari pengertian, contoh hingga rumus gaya gravitasi yang dapat menambah wawasan teman-teman.

Tag : #fisika    #gravitasi    #pendidikan    #pengetahuan alam    #rumus gravitasi    #newton   

Baca Juga