Tren Penerbangan Internasional di Kualanamu Naik Signifikan

Penulis : Dimas | Daerah | 05-11-2022

Penerbangan internasional di Bandara Kualanamu cenderung meningkat (Foto: Kumparan)

PARBOABOA, Medan – Tren penerbangan internasional di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) terus meningkat. Hal itu didorong dengan dibukanya rute internasional seperti Penang, Kuala Lumpur, Bangkok, dan Singapura.

Badan Pusat Statistik  (BPS) mencatat, jumlah penumpang pesawat yang berangkat ke luar negeri pada September 2022 mencapai 63.034 orang. Angka ini naik 9,41 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sementara itu, penumpang asal luar negeri yang datang ke Sumut justru meningkat cukup signifikan hingga 40 persen dari 49.309 orang menjadi 69.044 orang pada September 2022.

"Saya lihat memang penerbangan internasional saat ini sedang meningkat. Kalau saya lihat tiket juga masih sangat terjangkau apalagi kalau beli saat jauh-jauh hari," ungkap Ketua Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) DPD Sumut Wilson Halim seperti dilandir dari detikSumut, Jumat (4/11).

Wilson mengatakan, penerbangan internasional di Sumut mengalami peningkatan hingga 70-80 persen jika dibandingkan dengan tiga bulan awal penerbangan internasional dibuka. Dari penerbangan tersebut, Wilson mengatakan antusias masyarakat Sumut ke Thailand juga cukup tinggi.

"Penerbangan ke Thailand juga cukup meningkat mengingat di sini surganya kuliner dan juga fashion yang bagus kualitasnya," ujarnya.

Terakhir, Wilson mempresiksi bahwa peningkatan jumlah penumpang pesawat akan semakin tinggi hingga akhir tahun.

"Jelang akhir tahun ini pasti akan terus naik apalagi kalau tidak jauh hari beli tiket. Harga akan naik dan bisa-bisa kehabisan kursi. Ini suatu geliat yang bagus untuk usaha jasa penerbangan," pungkasnya.

Editor : -

Tag : #bps    #kualanamu. daerah    #penerbangan itrenasional    #thailand    #berita sumut   

Baca Juga