Calhaj Palas Ikuti manasik haji (Waspada)

Pemkab Padang Lawas Gelar Manasik Haji 2022 M/1443 H

Sarah | Daerah | 07-06-2022

PARBOABOA, Palas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji pada Musim Haji tahun 2022 Masehi/1443 Hijriah bagi Calon Haji (Calhaj), Senin (6/6/22).

Kegiatan Manasik Haji ini merupakan suatu kewajiban Pemerintah Padang Lawas dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap Calhaj.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Palas, Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan pelayanan dan perlindungan terhadap Calhaj ini sesuai dengan amanah dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 79 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Dalam arahannya, Ahmad mengatakan bahwa Calhaj patut bersyukur karena di tahun ini telah dibuka kembali pelaksanaan haji oleh pemerintah Arab Saudi yang sebelumnya melakukan pembatasan kuota jamaah Calhaj.

"Setelah dua tahun ditutup pelaksanaan haji dan tahun 2022 telah dibuka kembali dan mendapat sambutan positif dari Calhaj," katanya.

Menurutnya, tahun ini berbeda dari sebelumnya karena calhaj yang berangkat dipilih berdasarkan sistem nomor urut pendaftaran.

Dengan demikian, kemungkinan ada suami istri yang mendaftar yang hanya ikut istri saja, sebaliknya suami tidak ikut.

"Meski begitu, kita harus bersyukur bahwa semua itu merupakan ketetapan dari Allah SWT," ungkapnya.

Calhaj yang berangkat pada tahun ini merupakan panggilan dari Allah SWT yang mendapat kesempatan untuk ibadah haji ke tanah suci mekkah.

Ahmad pun berpesan kepada seluruh Calhad untuk selalu menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan jaga kekompakan tanpa ada perbedaan.

"Satu kloter calhaj asal daerah Palas harus saling menjaga kekompakan dan menyatukan hati untuk saling bahu membahu karena kita satu daerah," pinta H.Ahmad Zarnawi.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Kabupaten Palas, H. Abdul Manan MA menyampaikan, calon jemaah haji asal Kabupaten Palas yang berangkat tahun 2022/1443 berjumlah 178 orang, terdiri dari 77 laki laki dan 101 perempuan serta 1 orang TPHD.

"Tujuan manasik haji sebagai wujud dari miniatur pelaksanaan ibadah haji dan merupakan manasik haji terakhir sebelum jamaah calhaj berangkat bertolak dari daerah, Selasa (14/6/2022) menuju Asrama Haji Medan," terangnya.

Kakan Kemenag mengatakan, berdasarkan keputusan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Palas masuk di Kloter 6 yang direncanakan akan masuk Asrama Haji Medan, Rabu (15/6/2022) pukul 17.00 WIB dan selanjutnya akan bertolak ke Bandara Kuala Namu menuju Madian Al Munawwarah, Kamis (16/6/2022) pukul 21.00 WIB.

"Calhaj asal Kabupaten Palas akan bergabung dengan Calhaj Asal Kota Tanjung Balai sebanyak 58 orang dan Calhaj Kota Medan sebanyak 146 Orang dengan total jemaah kloter 6 sebanyak 388 orang termasuk petugas haji," pungkasnya.

Tag : #pemkab palas    #plt bupati palas    #daerah    #manasih haji    #jemaah haji    #arab saudi    #berita sumut   

Baca Juga