Presiden Jokowi saat kamping di IKN (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemerintah Gelar Sayembara Desain 4 Gedung di IKN, Hadiah total Rp 3,4 M

Rini | Politik | 26-03-2022

PARBOABOA, Jakarta - Pemindahan ibu kota ke Kalimantan merupakan salah satu proyek besar Indonesia di tahun ini. Pemerintah sedang mempersiapkan kepindahan ini semaksimal mungkin, mulai dari penyediaan dana, hingga desain dari Istana Negara. Desain Istana Kepresidenan sendiri telah dipilih dan merupakan karya dari Seniman Nyoman Nuarta.

Untuk melengkapi desain-desain bangunan di IKN, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali membuka sayembara desain konsep perancangan kawasan dan bangunan gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam sayembara ini ada 4 desain bangunan yang akan dilombakan yaitu Kompleks Istana Wakil Presiden, kompleks perkantoran legislatif yang mencakup MPR, DPR dan DPD. Kemudian lompleks perkantoran yudikatif mencakup yakni Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial serta kompleks peribadatan.

Jika kamu berminat untuk mengikuti sayembara ini, silahkan ikuti pendaftaran yang akan dibuka pada 28 Maret hingga 8 April 2022 mendatang. Hasil karya terbaik akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2022 dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada 27 Juni 2022.

Semua hasil karya yang masuk akan dinilai oleh tim Juri yang terdiri dari praktisi, perwakilan Kementerian PUPR, perwakilan Dewan Arsitek Indonesia, perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia, akademisi, pakar bangunan gedung hijau, tim perancang Kota KIPP-Ibu Kota Nusantara, perwakilan instansi terkait dan perwakilan tokoh masyarakat.

Total hadiah bagi 12 pemenang sayembara sebesar Rp3,4 miliar, dengan tiga karya terbaik akan diberikan penghargaan kepada masing-masing kategori sayembara yakni pemenang pertama sebesar Rp500 juta, pemenang kedua sebesar Rp250 juta dan pemenang ketiga sebesar Rp100 juta.

"PUPR mengundang seluruh masyarakat agar terlibat dalam proses penyusunan perencanaan konstruksi. Kita ingin dapat desain terbaik. Makanya kita sayembarakan serentak, 4 bangunan," kat Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Sabtu (26/3).

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran sayembara dan persyaratan peserta sayembara dapat mengunjungi situs https://sayembaraikn.pu.go.id/.

Ayo ikuti sayembara ini dan tunjukkan karya terbaik kamu.

Tag : #ikn    #ibu kota negara baru    #ekonomi    #sayembara desain    #desain bangunan ikn   

Baca Juga