Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw (Foto: Detikcom/Wilpret)

PJ Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw Laporkan Pengacara Lukas Enembe ke Bareskrim

Sari | Nasional | 29-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw melaporkan kuasa hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, ke Bareskrim Polri hari ini, Kamis (29/09/2022).

Laporan diajukan setelah Paulus melayangkan somasi 2 x 24 jam, agar Stefanus menarik penyataan yang menuding dirinya terlibat dalam proses penetapan tersangka atas Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau tuduhan mengkriminalisasi.

Paulus memastikan somasi tersebut telah diterima oleh tim kuasa hukum Lukas, tapi tidak ada mendapatkan klarifikasi sampai saat ini.

"Sudah dilayangkan 2x24 jam, sudah diterima yang bersangkutan, tidak memberikan klarifikasi sehinggga hari ini kami laporkan di Bareskrim Polri," kata Paulus saat ditemui di Jakarta, dikutip dari cnn, pada Kamis (29/09/2022).

"Saya sebagai mantan penegak hukum, ya kita ikuti saja proses yang berlangsung. Hak mereka untuk nanti menjawab," tambah Kapolda Papua 2015-2021 ini.

Paulus tidak merincikan pasal yang akan disangkakan kepada tim kuasa hukum Lukas Enembe dalam laporan tersebut.

"Terserah mau pencemaran nama baik, mau penghinaan, macam-macam, nanti diproses teman-teman di penyidik Bareskrim Polri," kata dia.

Sebelumnya, Paulus Waterpauw sudah melayangkan somasi pada 26 September 2022 lalu. Dia berujar, jika somasi terhadap tim kuasa hukum Lukas merupakan mekanisme (hak jawab) atas tudingan sepihak yang dinilainya sebagai wacana kosong tak berdasar dan berpotensi mengarah kepada pencemaran nama baik.

"Saya mengingatkan tim kuasa hukum LE, agar tidak terlalu jauh membuat wacana yang tidak berdasar, tetapi hadapilah proses hukum yang sedang berjalan," kata Paulus di Manokwari.

Stefanus Roy Rening mengklaim adanya upaya kriminalisasi terhadap kliennya. Hal itu diungkapnya setelah Lukas Enembe menyandang status tersangka gratifikasi.

Stefanus mengatakan ada upaya pemerintah menjadikan Paulus Waterpauw sebagai Wakil Gubernur Papua. Menurutnya, penetapan tersangka kepada Lukas berkaitan dengan gagalnya Paulus menduduki posisi tersebut.

Adapun saat ini Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi oleh KPK. Namun, KPK belum menjelaskan secara lengkap soal kasus yang menjerat Lukas.

Tag : #lukas enembe    #paulus waterpauw    #nasional    #stefanus roy rening    #pencemaran nama baik    #kpk   

Baca Juga