Pantai di Trenggalek/ foto: pesisir.net

10 Wisata Pantai di Trenggalek Terbaik 2022, Ada Surga Tersembunyi

Wanovy | Travel | 05-10-2022

PARBOABOA, Trenggalek - Wisata pantai di Trenggalek memiliki pesona yang unik. Hal ini karena letak geografis Trenggalek yang dikelilingi oleh pegunungan dan merupakan salah satu kabupaten yang berada di kawasan selatan Jawa Timur. Dengan begitu, Trenggalek berbatasan langsung dengan laut.

Trenggalek memiliki berbagai objek wisata yang sangat indah. Banyak sekali pantai-pantai yang begitu memesona terletak di Trenggalek ini. Bahkan saking banyaknya kawasan pantai, letaknya pun tidak terlalu berjauhan satu dengan yang lainnya.

Wisata pantai di Trenggalek menawarkan keindahan laut dengan pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa menikmati berenang di lautan, melihat indahnya pemandangan pantai, hingga merasakan pengalaman melihat penyu di pantai-pantai Trenggalek ini.

Berikut Parboaboa.com rangkum dari berbagai sumber 10 tempat wisata pantai di Trenggalek. Cekidot!

1. Pantai Prigi

Awalnya pantai Prigi adalah pantai yang sunyi. Namun, beberapa tahun terakhir ini, pemerintah daerah serius menggarap berbagai objek wisata di Trenggalek, termasuk Pantai Prigi.

Sehingga, tidak sekadar cantik, Pantai Prigi kini juga dilengkapi dengan fasilitas dan hiburan yang membuat liburanmu semakin berwarna.

Terletak di tepian samudera Indonesia, lautan Pantai Prigi adalah rumah bagi beragam spesies ikan. Maka dari itu, banyak nelayan yang melaut di sini. Anda pun juga dapat menikmati sajian ikan segar itu di restoran-restoran yang tersedia di Pantai Prigi.

2. Pantai Pasir Putih

Saat berkunjung ke Bumi Menak Sopal (julukan daerah Trenggalek), Anda tidak boleh melewatkan wisata Pantai Pasir Putihnya.

Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa menemukan pantai indah yang memiliki pasir putih nan lembut. Tidak sampai di situ saja daya tarik yang ditawarkan pantai ini, sebab di Pantai Pasir Putih Anda juga bisa melakukan aktivitas island hopping.

Anda dapat menggunakan perahu motor yang disewakan di tepi pantai, dan berkunjung ke beberapa lokasi.

Perahu motornya sendiri biasanya disewakan dengan kapasitas 15 hingga 20 orang, dan tujuan antara lain yaitu Rumah Apung dan Jembatan Luna Maya.

Pemberian nama Luna Maya dilakukan lantaran aktris papan atas Indonesia tersebut pernah syuting film di jembatan ini.

3. Pantai Konang

Pantai di Trenggalek selanjutnya ada Pantai Konang yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Trenggalek.

Pantai satu ini berlokasi di kawasan Sukorejo, dan menawarkan wisata kuliner lezat di samping wisata baharinya yang mempesona. Kuliner yang paling populer dan banyak diburu oleh para wisatawan yaitu ikan bakarnya, yang diklaim sangat menggugah selera.

Pantai Konang sendiri juga menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, sehingga patut untuk dieksplorasi.

Dimana pantai di Trenggalek satu ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas, dan sejauh mata memandang Anda akan dibuat terpesona dengan keindahannya. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan spot melihat matahari terbenam, di bagian bibir pantainya.

4. Pantai Pelang

Berikutnya ada Pantai Pelang, yang menjadi salah satu destinasi pantai favorit dan hits di kalangan masyarakat Trenggalek.

Di pantai ini pengunjung memang tidak diperkenankan untuk berenang, karena ombak pantainya yang tidak dapat diprediksi sehingga dinilai berbahaya bila digunakan untuk berenang. Meski begitu ketenaran Pantai Pelang tidak pernah surut.

Pantai dengan hamparan luas pasir kuning kecoklatan tersebut terus didatangi oleh pengunjung dari berbagai penjuru.

Terdapat dua lokasi yang selalu dipilih oleh pengunjung untuk menikmati keelokan keindahan alam setempat, yang pertama yaitu di dekat bebatuan karang dan kedua yaitu di gardu pandang yang bersebelahan dengan bukit.

5. Pantai Damas

Pantai Damas berada tidak jauh dari Pantai Prigi, yaitu sekitar 5 km. Pantai Damas memiliki pasir hitam eksotis dan alami.

Pantai di Trenggalek ini memiliki ombak yang relatif tenang dan nyaman sehingga Anda bisa berenang dengan tenang dan berselancar.

Selain itu, di Pantai Damas juga Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar menikmati panorama alam perairan.

6. Pantai Pelang

Walaupun sedikit jauh dari pusat kota, tetapi Pantai Pelang menyimpan sebuah pesona alam yang memikat.

Hamparan pasir putih membentang luas, air lautnya sangat jernih, dan juga ada perbukitan di sekitar pantai membuat keindahan panorama pantai ini bisa Andanikmati melalui atas bukit. Sehingga Anda dapat melihat pemandangan pantai yang sangat menawan dan memukau.

7. Pantai Ngampiran

Panorama dari Pantai Ngampirang sungguh menawan. Saat Anda berada di pantai ini, Anda bisa bersantai di tepi pantai sembari menikmati panorama pantai.

Selain itu Anda juga bisa berenang dan berlayang bersama para nelayan. Di sekitar pantai ini juga disediakan penginapan.

8. Pantai Cengkrong

Wisata Pantai di Trenggalek selanjutnya adalah Pantai Cengkrong yang menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Trenggalek.

Menikmati sang fajar terbit perlahan di antara perbukitan dengan pemandangan lautan luas dan perahu nelayan yang bersandar tentunya akan sangat syahdu.

Bahkan, di Pantai Cengkrong ini Anda bisa menikmati sunrise di dua spot yang berbeda, yaitu di Pantai Cengkrong sendiri, dan di jembatan jalur lintas selatan, sekitar 50 meter dari Pantai Cengkrong yang memiliki pemandangan tak kalah indah. 

Pantai Cengkrong berada tidak jauh dari Pantai Prigi, hanya sekitar 4 km. Jadi, jika Anda mengunjungi Pantai Prigi, bisa sekaligus menikmati sunrise di Pantai Cengkrong.

9. Pantai Taman Kili-Kili

Wisata pantai di Trenggalek berikutnya adalah Pantai Taman Kili-Kili. Pantai Kili-kili ini merupakan tempat penangkaran penyu yang tentunya tidak ada di semua pantai. Hal inilah yang membuat pantai satu ini istimewa.

Kawasan pantai taman Kili-kili ini memang dijadikan konservasi pembudidayaan penyu dengan tujuan untuk mengawal induk penyu yang telah selesai bertelur. Ada juga kegiatan seru melepas anak penyu ke lautan lepas bila Anda beruntung.

10. Pantai Merah Ngadipuro

Selain terkenal sebagai kampung nelayan, Pantai Merah Ngadipuro menjadi salah satu destinasi wisata tersembunyi yang jarang terjamah.

Sehingga Anda akan menemukan suasana yang sangat alami dan asri di wilayah satu ini. Jadi, tak hanya menikmati keindahan pantai yang alami, di sini Anda juga dapat melihat kehidupan nelayan dari dekat. Sehingga banyak pembelajaran yang bisa Anda petik dengan datang ke daerah Ngadipuro.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata pantai di Trenggalek yang indah dan masih asri. Selamat berlibur!

Tag : #wisata trenggalek    #trenggalek    #travel    #tempat wisata    #pantai trenggalek    #jawa timur   

Baca Juga