Palung terdalam di dunia (EaseMyTrip)

5 Palung Terdalam di Dunia, Hingga Dijuluki Tempat Kegelapan Abadi

Wulan | Internasional | 11-08-2022

PARBOABOA, Jakarta -  Sampai saat ini bumi masih banyak menyimpan misteri, baik di daratan maupun di lautan. Terutama di lautan, ada begitu banyak misteri yang terungkap, salah satunya laut terdalam di dunia.

Seperti halnya daratan, laut juga memiliki ketinggian yang bermacam-macam atau sering dikenal dengan sebutan palung laut. Palung laut adalah sebuah cekungan yang sangat curam yang dapat ditemukan di dasar laut.

Sebagaian orang berpendapatan bahwa palung laut itu merupakan relief laut. Uniknya, setiap perairan memiliki keistimewaan bentuk relief yang berbeda-beda dengan kedalaman yang berbeda pula.

Sampai saat ini palung Mariana dengna titik terdalam bumi mencapai 11.034 meter dinilai menjadi palung lau terdalam di bumi dan menjadi titik bumi terendah. Selain itu, masih ada banyak palung-palung lainnya yang masuk ke dalam daftar laut terdalam di dunia.

Penasaran dengan letak dan berapa kedalamannya? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Challenger Deep, Palung Mariana (Samudra Pasifik)

Samudra Pasifik merupakan perairan terdalam di dunia dengan kedalaman rata-rata 4.280 meter. Adapun titik terdalamnya terletak di Challenger Dep dengan kedalaman 10.928 meter dan Horizon Deep dengan kedalaman 10.823 meter.

Dilansir dari Surfer Today, Challenger Deep berada di ujung selatan Palung Mariana atau Mariana Trench.

Challenger Deep ini sudah diberi gelar sebagai titik terdalam di laut oleh Guinness World Record pada Oktober 2010 lalu. Berdasarkan laman mereka, predikat laut paling dalam itu diberi setelah dilakukannya berbagai pengukuran oleh para ahli.

Pada Oktober 2010, pengukuran yang dilakukan oleh kapal survei Angkatan Laut AS, USNS Sumner menunjukkan, dasar Challenger Deep terletak 10.994 meter di bawah permukaan laut.

Survei lain juga mengungkapkan kedalaman yang hampir sama, dengan angka bervariasi dari 10.900 meter (oleh ekspedisi British Challenger II pada 1951) hingga 11.034 meter (oleh kapal penelitian Uni Soviet Vityaz pada 1957).

2. Palung Puerto Rico (Samudra Atlantik)

Palung terdalam di dunia yang kedua adalah palung Puerto Rico, di Samudra Atlantik. Dalam laut ada palung sedalam 8.376 meter dibawah permukaan laut. Palung Puerto Rico diketahui sejajar dengan pantai utara Pulau Puerto Rico yakni sekitar 120 km. Adapun rata-rata kedalaman laut di Samudera Atlantik sekitar 3.646 meter.

3. Palung Jawa (Samudra Hindia)

Samudra Hindia memiliki kedalaman rata-rata 3.741 meter di bawah permukaan laut. Adapun titik terdalam di Samudra Hindia adalah Palung Jawa yakni 7.258 meter di bawah permukaan laut.

Jawa Jawa ini terletak berdekatan dengan Pulau Sumatera, Indonesia. Dilansir dari Britannica, Palung Jawa juga dikenal dengan nama Palung Sunda.

Palung ini menjadi zona subduksi yang luas, di mana lempeng tektonik di dasar laut sebelah barat terdorong ke bawah lempeng stabil di sebelah timur. Zona ini merupakan zona vulkanik dan seismik aktif.

Pada 2004 lalu, sempat terjadi gempa bumi bawah laut yang besar dengan kekuatan 9,1 skala richter (SR). Gempa ini diketahui menjadi pemicu tsunami besar yang menggenangi wilayah pesisir Samudera Hindia.

4. Palung Sandwich Selatan (Samudra Antartika)

Samudra Antartika atau Samudra di selatan ini menutupi seperenam total lautan yang ada di bumi. adapun rata-rata kedalaman laut yang dimiliknya yakni 3.270 meter dan titik terdalamnya adalah 7.258 meter. Samudra Antartika juga mendukung perkembangan hewan seperti plankton, udang, dan tanaman bersel satu.

5. Palung Cayman (Laut Karibia)

Laut Karibia merupakan laut terbesar kedua di Samudra Atlantik, sekaligus menjadi laut terdalam di dunia. Adapun kedalaman rata-rata Laut Karibia diketahui 2.200 meter di bawah permukaan laut.

Sementara itu titik terdalam di Laut Karibia adalah Palung Cayman dengan kedalaman maksimumnya 7.686 meter di bawah permukaan laut. Palung Cayman ini terletak di antara Jamaika dan Kepulauan Cayman.

Nah, itu tadi lima palung laut terdalam di seluruh dunia, yang salah satunya ada di Indonesia, yaitu Palung Jawa. Bagi kamu ada keinginan untuk menjelajahinya? Komen di bawah ya!

Tag : #terdalam    #palung terdalam di dunia    #internasional    #palung mariana    #palung puerto rico    #palung jawa   

Baca Juga