Massa dari Pemuda Pancasila menuntut permintaan maaf Junimart Girsang

Ormas Pemuda Pancasila Geruduk DPR, Minta Junimart Girsang Minta Maaf

rini | Politik | 25-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Ratusan massa yang merupakan anggota dari organisasi Pemuda Pancasila, serempak menggeruduk Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (25/11) siang. Aksi ini digelar untuk menuntut  Politisi PDI Perjuangan, Junimart Girsang meminta maaf atas ucapannya yang dianggap menyinggung Organisasi Masyarakat (Ormas).

Massa dari Pemuda Pancasila (PP) meminta Junimart keluar untuk bertemu langsung dengan anggota PP dan menyampaikan permintaan maafnya  secara langsung, bukan hanya lewat media.

“Junimart minta maaf jangan lewat media, tapi hadapi kami,” ujar salah satu orator di halaman Gedung DPR, Kamis (25/11), dikutip dari Jawa Pos.

Orator juga mengungkapkan menyesal telah memberikan dukungan kepada PDIP saat pemilihan. “Jadi ini kader PDIP yang kami capek-capek mendukung Anda, mana nyalimu Junimart, mana lidahmu, hadapi kami, kami minta Junimart keluar,” tegasnya.

Massa menggunakan pakaian loreng oranye dan hitam ini datang membawa atribut bendera dengan logo PP dan spanduk bertuliskan tuntutan Junimart Girsang meminta maaf.

Junimart Meminta Maaf Kepada Pemuda Pancasila

Sebelumnya Junimart telah menyampaikan permintaan maaf melalui media massa, terkait ucapannya yang dianggap telah menyinggung Pemuda Pancasila.

Junimart menjelaskan, bahwa tidak ada sama sekali dalam pernyataannya yang meminta agar Kemendagri untuk membubarkan PP.

"Tidak ada statement saya menyatakan agar Kemendagri membubarkan PP sebagai Ormas yang berskala nasional," tuturnya.

Junimart mengatakan, permintaan maaf ini lantaran dirinya menjunjung tinggi kedamaian antar sesama. Sehingga dia lebih memilih meminta maaf kepada keluarga besar PP.

“Namun demikian apabila saya dipersalahkan karena tanggapan itu, sebagai manusia beriman saya minta maaf kepada keluarga PP,” ujar Junimart.

Namun massa menganggap permintaan maaf itu tidak tulus dan masih bernuansa politis.

Ucapan Junimart Girsang Terkait Ormas

Junimart Girsang meminta Kemendagri untuk mencabut izin dari organisasi masyarakat yang menciptakan keresahan di tengah masyarakat. Hal ini disampaikannya untuk menanggapi sejumlah bentrokan yang melibatkan ormas di berbagai daerah.

Junimart menegaskan bahwa salah satu tujuan ormas dibentuk dan diberi izin adalah demi membantu pemerintah menjaga ketertiban umum.

"Apabila masih tetap menimbulkan keresahan di masyarakat, baik itu pungli maupun bentrokan antarormas, Kemendagri bisa mencabut izinnya atau tidak memperpanjang perizinan," kata Junimart, Minggu (21/11).

 Dalam pernyataan tersebut, Junimart tidak menyoroti secara langsung nama sebuah ormas. Namun Pemuda Pancasila menganggap pernyataan tersebut menyinggung dan merupakan pesan tersirat untuk pembubaran Pemuda Pancasila. 

Tag : demo, pemuda pancasila, junimart girsang, pemuda pancasila demo, politik

Berita Terkait