Oleh-oleh khas Trenggalek, foto: Kabar Trenggalek

10 Oleh-oleh Khas Trenggalek yang Murah dan Enak

Wanovy | Travel | 06-10-2022

PARBOABOA, Trenggalek - Berlibur ke Trenggalek, kurang lengkap rasanya jika tidak berburu kudapan khasnya. Inilah daftar oleh-oleh khas Trenggalek, Jawa Timur yang paling diburu wisatawan dan wajib kamu bawa pulang.

Trenggalek tak hanya terkenal dengan keindahan wisata pantai nya saja. Sebab, wisatawan yang berkunjung juga akan dimanjakan dengan beragam kuliner khasnya.

Pengunjung bisa memilih makanan khas seperti kudapan atau makanan berat yang bisa dijadikan buah tangan setelah berkunjung disini.

Penasaran dengan oleh-oleh khas Trenggalek? Berikut daftar yang direkomendasikan.

1. Alen-alen

Oleh-oleh khas Trenggalek satu ini merupakan camilan kering berbentuk bulat seperti cincin berwarna kuning.

Bahan utama dari alen-alen adalah pati singkong yang dicampur dengan bumbu dan rempah seperti kunyit, ketumbar, dan bawang putih.

Bahan ini membuat rasa alen-alen menjadi gurih dan teksturnya renyah. Alen-alen sudah dikenal sebagai oleh-oleh dari Trenggalek, jangan lupa untuk mencobanya.

2. Sego gegok

Sego gegok merupakan kuliner khas Trenggalek yang berbahan utama nasi, sesuai dengan namanya “sego” yang berarti nasi.

Sego gegok terdiri dari nasi setengah matang yang dilengkapi dengan sambal teri kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus untuk mematangkannya.

Porsi sego gegok adalah porsi nasi kecil-kecil mirip dengan nasi kucing dari Yogyakarta. Pusat sego gegok ada di Kecamatan Bendungan, di pinggir jalan sejumlah warung menjajakannya.

Sego gegok bisa dijadikan oleh-oleh khas Trenggalek karena nasi ini cukup tahan dibawa perjalanan jauh, setiba di tempat tujuan sego gegok bisa dikukus sendiri di rumah.

3. Geti Wijen

Jajanan yang menjadi oleh-oleh khas Trenggalek ini terbuat dari wijen yang juga diberi campuran bahan lain, yaitu gula merah, kacang tanah, campuran rebusan gula dengan wijen atau kacang tanah lalu dikeringkan dan dicetak dalam bentuk kotak-kotak.

Kue ini rasanya sangat manis karena menggunakan gula merah dan teksturnya sangat kental. Biji wijen yan digunakan dalam jajanan ini kandungan minyaknya tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain.

4. Kripik Sale Pisang

Kripik pisang sepertinya sudah sangat terkenal untuk dijadikan oleh-oleh. Camilan ini dibuat dari pisang yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng sampai berwarna kuning sedikit kecoklatan, tetapi tidak boleh terlalu cokelat karena bisa jadi gosong. Selain digoreng, bisa juga diolah dengan cara dioven.

Camilan ini dibuat dengan tanpa diberi tambahan apapun sehingga rasanya sale pisangnya sangat enak.

Ketika pisang ini sudah sedikit kecokelatan, pisang diangkat dan langsung dipisahkan selagi masih panas karena kalau dipisahkan saat sudah dingin, kripik akan mudah hancur.

5. Manco

Salah satu oleh-oleh khas Trenggalek yang sayang untuk dilewatkan adalah manco. Manco merupakan kue kering yang memiliki tekstur renyah dan legit. Makanan yang satu ini terdiri dari dua jenis yakni manco wijen dan manco ketan.

Bahan utama pembuatan manco adalah tepung ketan. Tepung ketan akan diolah menjadi adonan kemudian digoreng.

Setelah melalui proses penggorengan, manco kemudian dibalut dengan menggunakan gula merah serta wijen.

Manco dijual dengan kemasan praktis dan dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek.

6. Keripik Tempe Sagu

Saat bingung menentukan oleh-oleh khas Trenggalek untuk dibawa pulang, keripik tempe sagu dapat menjadi pilihan yang tepat.

Keripik tempe sagu menjadi salah satu oleh-oleh primadona khas Trenggalek. Tidak hanya banyak diburu oleh wisatawan, tetapi juga banyak warga lokal yang menggemarinya.

Hal yang membedakan keripik tempe ini dengan keripik tempe lainnya adalah kedelai yang akan dibuat tempe terlebih dahulu dicampur dengan sagu.

Setelah kedelai dicampur sagu dan ragi, kemudian didiamkan hingga jadi tempe. Setelah itu melewati proses pengolahan sehingga menjadi keripik dengan tekstur renyah. Keripik tempe sagu ini menawarkan cita rasa yang gurih dan cocok dinikmati oleh semua kalangan.

7. Ikan Asap

Ikan asap oleh-oleh khas Trenggalek biasanya dari tuna, tongkol, layur, dan ikan laut yang biasa ditemukan di area Prigi.

Jika ingin menjadikan ikan bakar Trenggalek untuk oleh-oleh, kamu bisa mendapatkannya di daerah sekitaran pantai.

Selain ikan, ada pula seafood bakar lain yang dijual, seperti cumi-cumi. Kamu juga bisa menemukan ikan asap di Krandekan, Kecamatan Gandusari.

8. Semprong

Oleh-oleh khas Trenggalek bernama semprong pasti tidak asing didengar. Semprong adalah kue kering berbahan dasar adonan tepung beras yang mempunyai rasa manis gurih.

Semprong bisa memiliki bentuk bermacam-macam di pasaran namun semprong yang menjadi khas Trenggalek mempunyai bentuk gulungan memanjang.

9. Madumongso

Salah satu oleh-oleh khas Trenggalek yang cukup populer adalah madumongso. Beberapa dari Kamu tentu sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini.

Madumongso memiliki tampilan yang mirip dengan dodol atau jenang. Bahan utama yang digunakan adalah ketan hitam yang difermentasi. Setelah difermentasi, ketan hitam kemudian diolah dengan gula hingga menjadi dodol.

Madumongso biasa dibungkus dengan kertas warna-warni atau plastic transparan. Kamu dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh di Trenggalek.

Madumongso juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Kerupuk Kali

Kerupuk biasanya dimasak dengan digoreng pakai minyak banyak. Namun, berbeda dengan kerupuk kali oleh-oleh khas Trenggalek yang dimasak dengan pasir.

Bahan baku kerupuk kali sebenarnya sama seperti kerupuk pada umumnya, yaitu campuran tepung terigu dan tapioka serta bumbu dan rempah penambah rasa.

Adonan di masak, diiris-iris dan dijemur hingga kering yang membuat beda yaitu dari cara memasak kerupuk menggunakan pasir tersebut. Variasi rasanya dijual dalam beberapa rasa dari asin, manis dan pedas.

Nah, itulah tadi daftar oleh-oleh khas Trenggalek yang paling recommended dibawa pulang. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata trenggalek    #trenggalek    #travel    #tempat wisata    #kuliner trenggalek    #jawa timur   

Baca Juga