10 Oleh-oleh Khas Ngawi Paling Favorit dan Diburu Wisatawan

Wanovy | Travel | 10-11-2022

Oleh-oleh khas Ngawi, foto: IDN Times

PARBOABOA, Ngawi - Kabupaten Ngawi merupakan kabupaten yang terletak di bagian barat Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini sendiri berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Tentu saja, karena terletak di wilayah perbatasan, kuliner yang dihadirkan pun memiliki cita rasa yang unik. Mulai dari bahan-bahan yang tak biasa hingga cita rasa unik yang tak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Bukan hanya kuliner khas Ngawi saja yang kerap menjadi incaran para wisatan. Akan tetapi oleh-oleh khas Ngawi yang bisa dibawa pulang untuk keluarga dan para sahabat juga beragam.

Beberapa oleh-oleh khas Ngawi sendiri terbilang wajab banget untuk dibawa pulang.

Penasaran apa saja? Dirangkum berbagai sumber, berikut ini Parboaboa.com sajikan beberapa oleh-oleh khas Ngawi yang wajib untuk dicoba.

1. Coklat Tempe

Ngawi yang merupakan sentra penghasil tempe, mengeluarkan inovasi seputar penganan tempe yaitu coklat tempe.

Kamu mungkin heran bagaimana tampilan dan rasa dari coklat tempe ini? Camilan seperti coklat biasanya berisikan kacang-kacangan, pada coklat tempe isian kacang diganti tempe.

Tampilan dari coklat tempe, sama seperti coklat pada umumnya. Campuran kacang dalam coklat diganti dengan keripik tempe.

Soal rasa kamu tak perlu ragu, rasanya sama nikmatnya seperti coklat lain pada umumnya. Camilan ini ternyata banyak diburu wisatawan dari luar daerah.

Coklat tempe merupakan camilah hasil dari dua kakak beradik ayng bernama Niken Larasati Sekar  Panglipuringtyas dan Adinda Sitaresmi  Putri Arimurti. Harga yang ditawarkan untuk coklat tempe ini juga cukup terjangkau.

2. Keripik Tempe

Keripik tempe mungkin makanan yang tidak asing buat kamu, makanan ringan ini banyak ditemukan di berbagai kota di Indonesia.

Satu diantaranya yang memiliki camilan khas ini adalah Kota Ngawi. Makanan ringan ini biasa dijadikan oleh-oleh khas Ngawi disaat mereka datang berkunjung ke kota ini.

Keripik tempe khas Ngawi dibuat dengan ukuran yang lebih tipis sehingga akan terasa renyah saat digigit.

Camilan ini biasanya dicetak dengan bentuk persegi dengan adonan tepung yang sedikit. Keripik tempe dari Ngawi ini memiliki varian rasa yang beragam, tak hanya yang memiliki rasa original.

Keripik tempe merupakan camilan yang mudah untuk kamu dapatkan saat  berkunjung ke Kota Ngawi. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di pusat oleh-oleh yang terdapat di kota ataupun di toko online.

3. Tepo Tahu

Tepo Tahu merupakan salah satu oleh-oleh khas Kota Ngawi yang menjadi makanan turun-temurun sejak jaman dulu.

Kuliner khas ini pada dasarnya adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu dan lontong. Soal rasa jangan tanyakan lagi.

Oleh-oleh khas Ngawi yang satu ini memiliki rasa yang lezat sehingga banyak orang yang menyukainya.

4. Ledre

Bagi kalian yang tinggal di Pulau Jawa tentunya sudah tidak asing bukan dengan camilan yang satu ini?

Yups, Ledre ini camilan tempo dulu yang memiliki banyak sekali penggemar. Sebenarnya Ledre ini adalah jajanan tradisional dari Bojonegoro, namun sangat disukai masyarakat di Ngawi, dan banyak sekali penjual ledre dipusat oleh-oleh dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp. 12.000 saja.

Camilan yang terdiri dari pisang raja, gula, telur, santan, dan tepung beras ini memiliki rasa yang mantap banget!

Bikin nagih manis, gurih, dan pisang rajanya yang ada di Ledre ini memang perpaduan yang sempurna! Jadi jangan lewatkan untuk membeli ledre di Ngawi ya.

5. Dodol Jambu Merah

Kalian bisa bayangkan gimana rasanya dodol jambu? Nah jadi dodol jambu ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Ngawi yang terbilang unik, dan dodol ambu ini menjadi salah satu camilan kesukaan masyarakat Ngawi.

Jika selama ini kalian hanya bisa merasakan dodol yang terasa gula merah, berbeda saat berada di Ngawi kalian bisa mencicipi dodol yang memiliki tekstur lembur, serta ada rasa jambunya.

Daripada membayangkan rasanya mending beli, dan cobain seperti apa rasanya dodol jambu.

6. Jenang Ketan

Dibeberapa daerah terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur, jenang menjadi salah satu jajanan tradisional yang cukup mudah ditemui.

Memiliki tekstur yang mirip dengan dodol, jenang khas ngawi ini pun dibuat dengan bahan dasar tepung ketan.

7. Ratu Menyok

Ratu menyok merupakan satu penganan yang kekinian yang musti kamu beli saat berkunjung ke Kota Ngawi.

Oleh-oleh khas Ngawi ini merupakan kue yang berbahan dasar singkong. Kue yang dibuat dengan bahan dasar singkong ini adalah jenis kue cheese cake yang dipadu dengan lumeran coklat.

Makanan ringan ini merupakan kreasi dari seorang pemiliki toko kue yang bernama Rizky Satya. Ratu menyok menjadi makanan khas Ngawi  yang hits yang harus kamu coba cicipi.

Jika kamu tertarik untuk menjadikannya oleh-oleh, jajanan baru dari Ngawi harganya sekitar Rp40.000.

8. Kue Lapis Lawi

Satu lagi oleh-oleh khas Ngawi kekinian yang masuk daftar jajanan yang musti kamu cicipi. Kue lapis lawi ini merupakan jajanan hasil karya dari Andri Raharjo, seorang pengusaha Pawoncake.

Jajanan ini diperkenalkan dalam acara Festival Kuliner di Ngawi dan menjadi juara pertama dalam lomba tersebut.

Kue lapis lawi ini tersedia dalam tiga rasa, yaitu rasa original, pandan, dan juga red velvet. Kudapan ini dikemas dengan kemasan yang unik, sehingga menjadi kudapan yang menarik untuk kamu coba. Harga untuk satu kue lapis ini sekitar Rp50.000 per dus.

9. Batik tulis Ngawi

Sama halnya dengan beberapa daerah lainnya, Ngawi juga memiliki motif batik yang begitu indah.

Mengandalkan keragaman kekayaan alam di Ngawi, batik tulis khas Ngawi ini pun sering menjadi incaran.

Mulai dari motif padi, bambu hingga manusia purba. Kamu juga bisa langsung mengunjungi desa pengrajin batik Ngawi yang berada di Desa Munggut, Kecamatan Padas serta Desa Banyu Biru di Kecamatan Ngambre.

10. Ukiran khas Ngawi

Tak selalu berupa makanan, Kabupaten Ngawi yang juga dikenal dengan kerajinan ukiran jatinya ini juga menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Ngawi yang bisa dibawa pulang.

Beragam kerajinan dengan ukiran-ikuran jati pun dapat terlihat di jalanan-jalanan kota Ngawi. Mulai dari furniture, hiasan dinding hingga tempat makanan dan minuman.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Ngawi yang paling favorit dan buruan wisatawan. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata ngawi    #ngawi    #travel    #tempat wisata    #kuliner ngawi    #jawa timur   

Baca Juga