10 Oleh-oleh Khas Maluku Unik dan Wajib Dibawa Pulang

Penulis : Wanovy | Travel | 07-12-2022

Oleh-oleh khas Maluku, foto: Libur.co

PARBOABOA, Maluku - Untuk urusan pariwisata, Maluku terkenal dengan berbagai destinasi wisata bahari seperti pantai yang indah nan eksotis juga beragam kulinernya yang cocok bagi para penggiat kuliner.

Jika kamu berkesempatan berkunjung atau berwisata ke provinsi yang memiliki Ibu Kota Ambon ini, terdapat sejumlah produk kuliner hingga souvenir yang sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Penasaran apa saja? Berikut ini Parboaboa sajikan 10 daftarnya.

1. Minyak Kayu Putih

Tanaman kayu putih mudah ditemui di Ambon. Masyarakat sekitar sering memanfaatkannya untuk dijadikan obat. Minyak kayu putih khas Ambon dipercaya bermanfaat untuk kesehatan.

Umumnya minyak kayu putih dapat meredakan nyeri sendi dan mencegah gigitan serangga.  Untuk membeli minyak kayu putih khas Ambon, wisatawan bisa mengunjungi berbagai toko oleh-oleh di kota tersebut.

2. Kerajinan kerang

Kerajinan kerang khas Ambon berasal dari cangkang kerang. Cangkang tersebut selanjutnya disulap menjadi aksesori dan pajangan. 

Kerajinan tersebut memiliki beragam bentuk dan ukuran. Harga yang ditawarkan juga beragam tergantung tingkat kesulitannya.

3. Besi Putih

Selain kerajinan kerang, wisatawan juga bisa membeli kerajinan besi putih. Adapun, kerajinan tangan tersebut memiliki sejarah yang menarik.

Konon, pada zaman dahulu, kapal-kapal milik para penjajah tenggelam di Laut Banda. Kemudian masyarakat Ambon berinisiatif untuk mengolah besi-besi kapal ini menjadi kerajinan tangan. 

Hingga saat ini kerajinan besi putih dapat ditemukan di toko-toko suvenir di Ambon. Selain unik, kerajinan besi putih juga memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah berkarat.

4. Kopi Sibu-Sibu Ambon

Bagi para pecinta kopi, bumi Maluku juga punya produk kopi yang khas yakni Kopi Sibu-Sibu Ambon yang pada dasarnya merupakan kopi robusta.

Namun keunikan sekaligus perbedaan kopi ini dengan kopi dari daerah lain adalah Kopi Sibu-Sibu Ambon dicampur dengan bubuk kenari dan bubuk cengkeh halus, sehingga cita rasa sekaligus aromanya sangat khas sekali!

5. Sambal Colo-Colo

Sambal yang hampir bisa dipastikan selalu hadir di menu makanan khas Maluku. Sambal colo colo ini sekilas mirip dengan sambal dabu dabu yang berasal dari Manado.

Bahan sambal colo colo adalah bawang merah, campuran tomat, perasan jeruk nipis dan tentunya cabai rawit.

Aromanya makin menggiurkan dengan tambahan daun kemangi. Sebagai sambal asli Maluku, tentu membawa Sambal Colo-Colo sebagai oleh-oleh rasanya menjadi hal yang niscaya!

6. Papeda

Merupakan makanan tradisional asal Maluku yang terbuat dari bahan tepung sagu yang lantas diolah hingga bentuknya mirip bubur yang kental juga lengket. Selain lezat, papeda juga mengandung berbagai nutrisi dan rendah kalori lho!

Jajanan ini sekarang sudah populer dan dapat dijumpai di berbagai daerah. Namun ketika kamu berkunjung atau berwisata ke Maluku, pastikan untuk mencobanya langsung di daerah asalnya dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

7. Rujak Natsepa Khas Ambon

Di sepanjang Panti Ambon, kamu bisa menikmati hidangan rujak yang begitu menyegarkan sembari menikmati pemandangan pantai yang indah.

Hal tersebut hanya bisa dilakukan di wilayah negara tropis, seperti Indonesia apalagi rujak yang dihidangkan punya rasa yang berbeda dengan rujak kebanyakan.

Rujak ini dikenal dengan nama rujak netsepa, yakni rujak buah segar yang dipadukan dengan sambal pedas dan gurih, apalagi di sini kamu bisa menikmati rujak sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

8. Ikan Asar

Baru mendengar nama ikan asar? Ikan asar secara sederhana adalah ikan asap dengan berbagai bumbu rempah-rempah khas Maluku sehingga menghasilkan rasa yang sangat lezat.

Ikan asar sangat cocok untuk dimakan bersama nasi panas sehingga ikan asar merupakan salah satu buah tangan yang harus dibawa pulang ketika sedang berada di Ambon.

Kamu bisa membelinya untuk disantap sendiri atau dijadikan oleh-oleh dari Ambon untuk dibagikan ke orang terdekat.

Ikan asar adalah salah satu makanan yang paling banyak diincar para pelancong, bahkan pemerintah daerah sekitar sampai menyediakan satu lokasi khusus untuk para penjual ikan asar.

9. Ampas Terigu

Meskipun bernama ampas terigu, sesungguhnya jenis makanan ini adalah salah satu kelompok rerotian.

Ampas terigu merupakan jenis roti yang biasa dikonsumsi masyarakat Ambon pada sore hari sebagai teman minum teh. Lalu, apa yang membedakan ampas terigu dengan roti lainnya?

Ampas terigu adalah roti tanpa pabrik, alias roti yang diproduksi di rumah-rumah warga. Selain itu, adonan ampas terigu harus menggunakan campuran bubuk kayu manis, gula merah, dan kelapa parut atau kelapa cincang sehingga akan menghasilkan aroma yang sangat sedap.

10. Kue Sagu

Kue sagu adalah salah satu kue yang berasal dari pohon sagu. Biasanya, tanaman sagu ini seringkali diolah menjadi serut, papeda, bagean, dan juga termasuk kue sagu.

Karena kue sagu juga merupakan makanan pokok masyarakat Ambon, maka kue sagu adalah salah satu oleh-oleh khas Ambon yang wajib kamu bawa pulang ketika kamu berkesempatan mengunjungi Ambon.

Kamu mungkin saja bisa menemukan kue sagu di daerah tempat tinggalmu, namun percayalah rasanya pasti akan berbeda dengan yang kue sagu asli Ambon. Jadi, jangan sampai lewatkan oleh-oleh khas Ambon ini ya!

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Maluku yang wajib kamu bawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #wisata maluku    #maluku    #travel    #tempat wisata    #kuliner maluku    #banda neira   

Baca Juga