10 Oleh-oleh Khas Lombok Kekinian dan Paling Favorit

Penulis : Wanovy | Travel | 07-11-2022

Oleh-oleh khas Lombok, foto: Libur.co

PARBOABOA, Lombok - Lombok termasuk salah satu ikon pariwisata Indonesia yang sudah sangat terkenal di mata dunia sama seperti pulau Bali. Agar liburan Anda semakin sempurna pastikan pula untuk membawa oleh-oleh khas Lombok sebelum kembali pulang.

Ada banyak hal menarik yang dimiliki Lombok sehingga membuatnya layak untuk dikunjungi selama liburan mulai dari keindahan alam hingga budayanya.

Anda bisa merasakan pengalaman liburan yang seru dengan nuansa eksotis destinasi wisatanya yang begitu terasa saat berada di Lombok.

Berbagai barang unik atau makanan lezat bisa Anda bawa pulang sebagai buah tangan terbaik dari liburan Anda di Lombok.

Berikut ini 10 rekomendasi terbaik oleh-oleh khas Lombok kekinian yang bisa Anda beli untuk dibawa pulang:

1. Dodol Rumput Laut

Kebanyakan jenis dodol memang kenyal padat. Namun beda halnya dengan dodol rumput laut khas Lombok.

Oleh-oleh khas Lombok punya keistimewaan lain yaitu tekstur lembutnya menyerupai jelly dan tidak lengket.

Tampilannya yang tidak butek dan memiliki beragam warna, memberikan kesan tampilan yang memikat.

2. Tuak Manis Lombok

Tak semua tuak adalah minuman keras yang memabukkan, lho! Contohnya seperti yang satu ini, Tuak Manis khas Nusa Tenggara Barat.

Tuak Manis Lombok adalah minuman tradisional yang dibuat dari Aren atau biasa juga dikenal dengan Pohon Enao.

Bahan ini kemudian disadap dari tandan buah aren menggunakan bambu. Cita rasa khasnya membuat Tuak Manis Lombok populer sebagai oleh-oleh khas Lombok.

3. Madu Sumbawa

Jika Anda ingin menikmati berbagai khasiat dari madu Sumbawa yang terkenal, tidak perlu jauh-jauh ke pulau Sumbawa.

Ada banyak tempat oleh-oleh khas Lombok NTB yang juga menjual madu Sumbawa asli dengan berbagai jenis.

Salah satu jenis yang paling terkenal adalah madu Sumbawa putih yang terkenal memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan.

Jenis madu lain yang juga tidak kalah populer adalah madu hutan Sumbawa yang memiliki kadar air sedikit sehingga kualitasnya terjamin.

Rasa manisnya yang pas dan khasiatnya yang beragam membuat madu Sumbawa ini sangat cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk ukuran 450 ml, madu Sumbawa putih biasanya dijual dengan harga Rp75.000,00 per botol dan bisa lebih mahal.

4. Telur asin bakar

Makanan khas satu ini adalah hasil inovasi dari masyarakat Dusun Gubuk Baru, Desa Terara, Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2012.

Tekstur dari telur asin bakar lebih padat. Warna kuning pada telur asin bakar juga lebih cerah dibandingkan dengan telur asin pada umumnya.

Telur asin bakar juga memiliki rasa yang tidak terlalu asin dan ada aroma asap yang menambah kenikmatan.

Untuk dibawa sebagai oleh-oleh, kamu tidak perlu khawatir. Karena telur asin bakar memiliki daya tahan yang cukup lama.

5. Susu kuda liar

Susu kuda liar adalah o oleh-oleh khas Lombok oleh-oleh khas yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Susu ini dipercayai mampu mengatasi berbagai penyakit seperti paru-paru basah, leukimia, kanker, tipes, dan bronkitis.

Selain memiliki banyak khasiat, susu kuda liar juga memiliki masa ketahanan yang cukup lama. Berbeda dengan susu sapi yang harus melewati proses pemanasan dengan suhu tertentu, susu kuda liar dapat bertahan hingga beberapa bulan dengan proses fermentasi alami.

6. Kaos Lombok

Untuk Anda yang tidak ingin ribet, kaos khas Lombok bisa menjadi pilihan tepat untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Lombok untuk pacar.

Sasaku Lombok Merchandise menjadi Salah satu tempat terbaik untuk Anda bisa mendapatkan berbagai macam kaos Lombok.

Kaos-kaos berkualitas dengan desain yang unik dan gambar menarik tidak kalah dengan kaos Dagadu Jogja atau kaos Joger Bali.

Selain kaos di Sasaku ini Anda juga bisa mendapatkan baju-baju khas Lombok serta aksesorisnya lengkap dengan harga yang murah.

7. Kain Tenun Khas Lombok

Kain tenun khas Lombok memiliki ciri khas yang unik dan sangat pas untuk dibawa pulang sebagai souvenir perjalanan Anda.

Banyak wisatawan yang menyebut kain tenun khas Lombok ini sebagai kain etnik karena motifnya yang khas.

Kain tenun Lombok memiliki warna yang cerah dan dibuat menggunakan benang kapas atau benang sutra sehingga kainnya terasa halus.

Anda bisa mendapatkan kain tenun Lombok terbaik di Desa Adat Sade, Desa Sukarara, atau beberapa tempat jual oleh-oleh khas Lombok.

8. Gerabah Lombok

Kerajinan gerabah Lombok bisa menjadi salah satu oleh-oleh unik khas Lombok yang cocok Anda jadikan souvenir untuk dibawa pulang.

Di antara semua jenis gerabah yang dibuat, kendi maling jadi yang paling menarik dan populer di kalangan wisatawan.

Hal yang membuat kendi maling ini unik adalah cara memasukan air yang harus melewati lubang pada bagian bawah kendi.

Bagian atas kendi yang tertutup tidak memungkinkan untuk dibuka sehingga harus melewati bagian bawahnya dan Anda tidak perlu takut tumpah.

9. Kerajinan Tanah Liat

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh khas Lombok berupa barang yang lebih tahan lama, kerajinan gerabah atau tanah liat dari Lombok ini, mungkin bisa menjadi salah satu alternatif.

Kerajinan ini dikembangkan pada suatu desa, yang kemudian disebut sebagai sentra kerajinan gerabah paling besar di Pulau Lombok. Gerabahnya pun memiliki keunikan.

Karena sudah diwariskan secara turun temurun, Anda juga bisa sekalian berwisata di desa ini untuk melihat para pengrajin gerabah secara langsung dan juga galeri seni milik mereka.

Salah satu produk yang paling ikonik dari gerabah Lombok adalah kending maling. Kending maling memiliki bentuk seperti kendi dengan bentuk leher yang memanjang dan sempit.

10. Mutiara Lombok

Salah satu oleh-oleh khas Lombok yang juga banyak digemari untuk dibawa dari Lombok adalah mutiaranya yang cantik.

Lombok termasuk salah satu daerah penghasil mutiara, yang pasarnya bahkan sudah menembus luar negeri.

Anda akan menemukan dua jenis mutiara yang dibudidayakan disini, yakni mutiara air tawar dan mutiara laut yang sama cantiknya.

Mutiara Lombok sudah terkenal dengan kualitasnya yang bagus, dan berukuran besar sehingga akan terlihat sangat cantik ketika digunakan.

Biasanya, harga yang ditawarkan akan bergantung pada ukuran mutiara, lapisan warna dan juga kilau bentuk mutiara. Meski sedikit mahal, namun mutiara Lombok rasanya sangat pas untuk dijadikan buah tangan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Lombok NTB kekinian dan favorit wisatawan. Happy holiday!

Editor : -

Tag : #wisata lombok    #lombok    #travel    #tempat wisata    #kuliner lombok    #nusa tenggara barat    #ntb   

Baca Juga