Oleh-oleh khas Jember, foto: Tribun Travel

10 Oleh-oleh Khas Jember Paling Favorit dan Tahan Lama

Wanovy | Travel | 04-10-2022

PARBOABOA, Jember - Kota Jember diketahui menyimpan beragam tempat wisata hingga kuliner dan cinderamata yang unik. Saat berkunjung,Anda bisa mencoba berburu oleh-oleh khas Jember yang paling direkomendasikan.

Dinobatkan sebagai kota karnaval karena rutin menyelenggarakan festival fashion yang memukau, Jember banyak menarik perhatian para wisatawan dalam negeri hingga luar negeri.

Karnaval fashion tersebut selalu ramai dipenuhi oleh banyak pengunjung. Hal tersebutlah yang membuat banyak olahan makanan dan kerajinan tangan dari kota ini semakin terkenal.

Berikut deretan oleh-oleh khas dari Jember yang menarik untuk dibawa pulang. Cekidot!

1. Pie Tape

Tak hanya Yogyakarta yang khas dengan pia atau bakpia. Di Jember juga ada pia khas yang adonannya masih sama seperti pia pada umumnya.

Namun bedanya, pia yang satu ini isiannya dibeli tape khas Jember sehingga rasa yang dihasilkan sangat unik dan tentunya lezat.

Pia Tape khas Jember sebenarnya tidak hanya memberi isian tape saja, tetapi ada juga yang ditambahkan pisang, cokelat, hingga keju.

Tanpa menghilangkan aroma tape yang harum dan nikmat di lidah. Makanan khas Jember yang satu ini bisa Anda beli di pusat oleh-oleh khas Jember, dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Permen Suwar Suwir

Membawa oleh-oleh dalam bentuk permen, apakah mungkin? Jawabannya, sangat mungkin. Jika Anda ingin oleh-oleh khas Jember yang unik, bisa membawa Permen Suwar-Suwir.

Permen ini memiliki bentuk yang mirip dengan dodol khas Garut, Jawa Barat. Namun bedanya terletak pada bahan baku permen tersebut.

Permen Suwar-Suwir berbentuk kotak memanjang. Rasanya sedikit asam, dengan tekstur yang renyah.

Ada berbagai varian rasa yang bisa dicoba dari permen khas Jember satu ini, mulai dari rasa susu, buah, cokelat, hingga kacang. Oleh-oleh ini bisa dibeli di toko oleh-oleh atau pasar tradisional dengan harga yang murah.

3. Edamame

Siapa yang tidak tahu Edamame? Kacang kedelai jenis ini memiliki warna hijau yang lebih muda dibandingkan kacang kedelai pada umumnya.

Semula, Edamame merupakan tanaman yang ditanam di Tiongkok, kemudian di Indonesia edamame menjadi salah satu ekspor andalan dari Kabupaten Jember.

Edamame adalah kacang-kacangan yang kaya akan manfaat, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses pembekuan darah pada tubuh yang terluka, dan melancarkan pencernaan.

Jadi, selain menjadi oleh-oleh khas Jember yang banyak dicari, Anda akan lebih sehat dengan mengonsumsi Edamame.

4. Prol Tape

Oleh-oleh khas Jember yang paling terkenal adalah Prol Tape. Makanan berbentuk cake ini terbuat dari tepung terigu, tape singkong, susu, mentega dan telur.

Prol Tape memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan gurih dengan berbagai pilihan topping seperti cokelat, keju, kismis, dan orisinal.

Tekstur Prol Tape sangat lembut dengan aromanya yang khas. Prol Tape bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Jember. Kue ini bisa tahan selama 3 hingga 4 hari.

5. Olahan Kopi dan Kakao

Selain dikenal dengan olahan tapenya, Jember juga terkenal akan produk kopi dan kakao. Di Jember terdapat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) yang berdiri sejak tahun 1911. Kini, selain digunakan sebagai pusat penelitian, Puslitkoka juga dijadikan tempat wisata edukasi.

Di sini pengunjung bisa menyaksikan proses pengolahan kopi dan kakao. Puslitkoka juga menawarkan berbagai hasil produksi kopi dan kakao untuk dijadikan oleh-oleh khas Jember. Produk olahan kopo dan kakao ini seperti kopi bubuk, permen, cokelat, hingga minuman cokelat.

6. Brownies Tape

Cukup unik nan menarik, brownies khas Jember terbuat dari tape sebagai bahan tambahannya. Penambahan tape tersebut, justru membuat tekstur kue terasa lebih sedap nan lembut.

Hanya dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 20 ribuan, kelezatannya pun sudah bisa dirasakan sepuasnya.

Tersedia berbagai rasa, pelanggan bisa memilih sesuai dengan seleranya. Apabia baru pertama kali mencobanya, silahkan membeli versi original dan rasa lain untuk membandingkannya.

7. Jenang Waluh

Terbuat dari labu kuning atau biasa disebut sebagai waluh, jenang satu ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jember yang begitu dinanti penerimanya.

Umumnya jenang ini terbuat dari olahan ketan, yang kemudian dicampurkan dengan kelapa tua. Rasanya yang begitu nikmat, mengajak para wisatawan untuk turut mencobanya. Selagi berkunjung ke Jember, jangan lupa untuk membelinya.

8. Cerutu

Tidak hanya terkenal sebagai penghasil tape yang juara, kota satu ini menjadi salah satu tempat yang menyumbangkan hasil tembakau terbesar di tanah air.

Banyaknya hasil panen dari tembakau, kemudian masyarakatpun berinisiatif mengolahnya menjadi cerutu.

Mudah dibawa kemanapun, sehingga cocok masuk dalam daftar buah tangan terbaik bagi kerabat terdekat. Jika berbicara mengenai kualitasnya, nampaknya tidak perlu diragukan lagi.

Siapa sangka produk lokal ini, tidak hanya disenangi oleh masyarakat tanah air saja.

Namun kualitas dan kenikmatannya, telah terdengar hingga kancah negara tetangga. Dari sekian produk cerutu yang ditawarkan, produk milik PTPN X banyak diburu masyarakat.

Dibandrol dengan harga terjangkau, masyarakat ditawarkan dengan berbagai rasa yang bisa dipilih sesuai selera.

9. Martabak Malabar

Martabak malabar juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Jember yang dapat ditemukan di kota Jember. Isi martabak ini adalah daging kambing dan rempah-rempah khas.

Martabak malabar menggunakan kulit tipis martabak dan daging kambing yang tidak amis. Kuliner Jember ini cocok dinikmati ketika bepergian di kota Jember.

10. Tahu Hwa

Tahu Hwa terbuat dari ampas tahu dan diber kuah jahe. Tahu hwa memiliki tekstur kenyal seperti jelly dan berwarna putih.

Oleh-oleh khas Jember kemudian disiram dalam kuah jahe yang masih panas. Makanan ini cocok dinikmati ketika udara dingin atau hujan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Jember paling populer dan wajib Anda bawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata jember    #jember    #travel    #tempat wisata    #kuliner jember    #jawa timur   

Baca Juga