10 Oleh-oleh Khas Cilegon Paling Recommended Dibawa Pulang Kampung

Penulis : Wanovy | Travel | 12-11-2022

Oleh-oleh khas Cilegon, foto: Merdeka.com

PARBOABOA, Cilegon - Salah satu kota di provinsi Banten yang banyak memiliki destinasi wisata adalah Cilegon. Kota industri ini memang sudah terkenal karena banyak destinasi pantai yang indah.

Tidak heran jika Cilegon akan terasa padat terutama pada akhir pekan. Selain dikenal sebagai kota industri, Cilegon juga dikenal sebagai ‘pintu gerbang’ pulau Jawa karena letaknya yang berada di sisi paling barat pulau Jawa.

Maka dari itu, selain padat karena wisatawan, Cilegon juga padat karena arus distribusi barang dari luar pulau yang dikirim melalui kapal. Selain bisa menikmati wisatanya, berkunjung ke suatu tempat tidak lengkap jika tidak menikmati oleh-olehnya juga.

Nah, jika kamu akan berkunjung ke Cilegon atau sedang berada di Cilegon, kota ini memiliki beragam oleh-oleh khas yang menarik untuk dibeli.

Supaya kamu tidak bingung mau beli oleh-oleh khas Cilegon, berikut beberapa rekomendasinya dari kami.

1. Bakso Ikan Lele

Bakso pernah menjadi salah satu kuliner yang sudah tidak asing dan pernah kalian coba bukan?

Berbeda dengan bakso lainnya yang biasa dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam atau sapi, di Cilegon terdapat bakso yang dibuat dengan bahan utama ikan lele.

Bakso ini tentu saja membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Selain mencoba langsung, beberapa wisatawan juga membeli bakso ikan lele sebagai oleh-oleh khas Cilegon untuk dibawa pulang.

Bakso ikan lele dikemas dengan kemasan sangat praktis dan rapi sehingga sangat memudahkan wisatawan untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Selain rasanya yang unik, bakso ini juga dikenal memiliki banyak protein. Bakso ikan lele biasa dijual dengan harga sekitar Rp 15.000,- per bungkus.

2. Kerupuk Dapros

Rekomendasi oleh-oleh khas Cilegon berikutnya yang tidak kalah menarik adalah kerupuk dapros.

Berapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan kerupuk yang satu ini karena kerupuk dapros merupakan jajanan tradisional khas Cilegon.

Meskipun termasuk jajanan tradisional, tapi kerupuk dapros masih banyak diburu hingga saat ini baik oleh warga lokal maupun para wisatawan.

Sesuai dengan sebutannya yakni kerupuk, makanan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dan dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung terigu.

Kerupuk ini juga memiliki bentuk khas dan menarik yakni menyerupai bentuk bunga mekar. Saat datang ke Cilegon, kamu dapat membeli kerupuk dapros di berbagai toko oleh-oleh di Cilegon.

3. Gegetas

Tidak kalah menarik dengan oleh-oleh khas Cilegon lainnya, gegetas juga banyak diburu oleh para wisatawan yang datang ke Cilegon.

Makanan yang satu ini merupakan keripik yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras. Selain tepung beras, bahan lain yang digunakan adalah kelapa parut.

Gegetas tentu sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Cilegon. Makanan yang satu ini juga biasa dijual dengan berbagai varian rasa mulai dari original, balado, hingga pedas.

Kamu tidak perlu khawatir karena makanan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- saja per kemasan.

4. Kue Gipang

Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Cilegon yang sayang untuk tidak kamu coba, salah satunya adalah kue gipang.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan terkenal dengan teksturnya yang khas yakni sedikit lengket. Saat mencoba kue gipang, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang ditawarkan.

Kue gipang tentu dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Cilegon. Selain harganya yang terjangkau, kue ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga sangat memudahkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tertarik untuk mencoba manisnya kue gipang saat datang ke Cilegon?

5. Kue Engkak

Tidak kalah menarik dengan kue gipang, kue enak juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Cilegon yang sayang untuk dilewatkan.

Kue yang satu ini merupakan kue lapis legit yang dibuat dengan resep turun temurun. Oleh karena itu, lezatnya kue engkak tidak perlu diragukan lagi.

Karena kelezatannya, ini tidak hanya berhasil menarik minat masyarakat lokal saja tetapi juga membuat banyak wisatawan penasaran.

Salah satu tempat paling populer untuk membeli kue engkak adalah di Kue Engkak H. Saidah. Kue engkak biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp 250.000,- per loyang.

6. Serundeng

Serundeng jadi makanan selanjutnya yang cocok kamu jadikan oleh-oleh dari Cilegon. Dengan cita rasa yang dapat dipilih antara pedas ataupun manis, serundeng diolah dengan bumbu yang bisa menambah cita rasa makan kamu. Serundeng juga cukup terjangkau harganya untuk kamu yang budget-nya terbatas.

7. Emping

Makanan ringan berbahan dasar buah melinjo jadi rekomendasi selanjutnya. Makanan ini sebetulnya ada di beberapa daerah lain.

Namun, emping juga bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika datang ke Cilegon. Selain cemilan, emping juga bisa dijadikan pelengkap makan kamu.

Makanan ini juga cukup tahan lama diperjalanan terlebih jika kamu membeli yang kering, jadi tidak akan takut basi di jalan saat perjalanan pulang.

8. Batik Krakatoa

Sama seperti daerah lainnya, Cilegon juga punya batik khas yang menarik untuk oleh-oleh. Karena Cilegon berdekatan dengan gunung Krakatau di Selat Sunda, sehingga nama Krakatoa dipakai untuk nama batik khas Cilegon supaya lebih mudah diingat.

Saat ini, batik Krakatoa sudah memiliki puluhan motif yang menggambarkan sesuatu yang khas dengan Cilegon.

Motif-motif batik Krakatoa meliputi motif Masjid Agung Cilegon, motif sate bandeng, motif sate bebek cibeber, motif kapal, motif rampak bedug, hingga motif Landmark Cilegon. Batik ini terbuat dari bahan yang bervariasi, mulai dari sutra, fiskos, dobi, dan primis.

9. Batik Lereng Lesung

Selain batik Krakatoa, kamu juga bisa membeli oleh-oleh batik lainnya dari Cilegon yaitu batik Lereng Lesung.

Bagi kamu pecinta kain batik, jangan sampai melewatkan batik yang satu ini ya! Batik Lereng Lesung memiliki filosofi makna yang sangat mendalam dan unik. Tepatnya, batik Lereng Lesung menggambarkan simbol-simbol khas Cilegon yang indah.

Pertama, ada motif lesung yang berarti kapal, yang mencerminkan Cilegon adalah kota pelabuhan sebagai penggerak ekonomi dan pariwisata.

Simbol rumput laut mencerminkan letak geografis Cilegon yang berdekatan dengan laut yang berarti kota yang dinamis. Selain itu ada juga simbol kubah masjid yang mencerminkan kepercayaan warga Cilegon.

10. Miniatur Landmark Kota Cilegon

Biasanya suatu kota memiliki ciri khas berupa landmark atau tugu. Cilegon juga memiliki sejenis tugu yang kini menjadi ciri khas kota baja ini, yaitu landmark kota Cilegon.

Jika kamu ingin mencari pajangan atau hiasan untuk di rumah, kamu bisa memilih miniatur landmark Cilegon ini. Landmark kota Cilegon ini tersedia dalam dua warna yaitu warna emas dan silver.

Umumnya dikemas dalam wadah seperti plakat yang dilapisi kaca. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa mengunjungi pusat inkubator dan klinik UKM di daerah Kedaleman, kota Cilegon.

Atau kamu juga bisa mengunjungi salah satu pusat oleh-oleh Cilegon yang ada di sekitar Jalan Lingkar Selatan, Cibeber, kota Cilegon.

Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Cilegon yang paling recommended dibeli. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #wisata cilegon    #cilegon    #travel    #hotel    #tempat wisata    #kuliner cilegon    #jawa barat   

Baca Juga