Oleh-oleh khas Bekasi, foto: GoTravelly

10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bekasi yang Wajib Dibawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 06-07-2022

PARBOABOA - Bekasi yang terletak dekat dari Ibukota Jakarta ini ramai dikunjungi pelancong karena objek wisatanya yang menarik. Kota Patriot juga memiliki beragam oleh-oleh khas unik yang menarik untuk dibawa pulang.

Berlibur ke Kota Bekasi tentunya tak lengkap rasanya kalau tidak membawa buah tangan dari warga lokal.

Kota Urban ini pun memiliki berbagai macam jajanan yang dapat dibeli para wisatawan ketika mengunjunginya.

Jika kamu bertandang ke Bekasi, terdapat beberapa pilihan oleh-oleh khas yang bisa jadi alternatif buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah. Untuk lebih detailnya, yuk simak ulasan berikut!

1. Bir Pletok

Meski termasuk daerah Jawa Barat, Bir Pletok yang menjadi minuman khas suku Betawi bisa kamu temukan di sini.

Berbanding terbalik dengan namanya, minuman satu ini halal karena terbuat dari rempah herbal berkhasiat.

Racikan jahe, serai, pandan, kayu secang serta rempah lain di dalam bir ini mampu menghangatkan badan dan meningkatkan imunitas.

Sehingga kamu bisa tetap sehat dan hangat tanpa harus merasakan efek samping yang merusak badan atau memabukkan seperti bir pada umumnya.

2. Kue Rangi

Selain kerak telor, kue rangi juga termasuk oleh-oleh khas Betawi yang sudah cukup sulit untuk ditemukan.

Namun berbeda dengan Jakarta, warga Betawi yang ada di Bekasi lumayan sering membuat hidangan manis satu ini.

Nama lain dari kue ini adalah Sagu Rangi karena bahan utamanya terbuat dari Sagu. Cara membuatnya juga cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan, hanya sagu, gula, parutan kelapa, serta toping berupa buah.

3. Kue Biji Ketapang

Kue biji ketapang biasanya disajikan jelang Hari Raya Idul Fitri di Jakarta dan sekitarnya, termasuk Bekasi.

Tapi, kini kue renyah berbahan tepung dan kelapa parut tersebut lazim disantap sebagai camilan harian. Bahkan, kue biji ketapang menjadi salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang cukup populer.

Harganya yang sangat terjangkau juga jadi salah satu alasan kenapa kue ini populer. Satu bungkus kue biji ketapang dibanderol sekitar Rp15 ribu saja.

4. Dodol Betawi

Siapa bilang dodol hanya terkenal dari Garut? Di Bekasi juga ada olahan legit dan manis ini yang terkenal dengan cita rasa khas. Cita rasanya khas dan berbeda dengan jenis dodol lainnya.

Penduduk asli Bekasi yang mayoritas adalah suku Betawi membuat dodol betawi dari Bekasi ini sangat terkenal.

Dodol yang terbuat dari bahan ketan ini juga bisa didapatkan dalam berbagai rasa. Ada rasa ketan dan rasa buah-buahan. Tinggal pilih sesuai selera.

5. Kue Kembang Goyang

Oleh-oleh khas Bekasi berikutnya yang tak boleh ketinggalan kamu bawa pulang dari Bekasi adalah kue kembang goyang. Namanya yang unik, memiliki cita rasa yang unik serta cara pembuatan yang unik pula.

Kue ini berbentuk bunga dengan rasa manis gurih serta tekstur renyah. Cara pembuatannya adalah dengan menggoyangkan cetakan kue di dalam minya panas.

Kue ini cocok dijadikan oleh-oleh karena selain rasanya lezat juga karena bisa bertahan lama.

6. Kue Akar

Jika kamu berkunjung ke Bekasi, maka salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang sering dipilih oleh para wisatawan adalah Kue Akar.

Kue Akar Kelapa memiliki bentuk panjang dan bergerigi, layaknya sebuah akar pohon. Rasa manis dan tekstur yang renyah, membuat Kue Akar Kelapa ini cocok untuk dijadikan camilan.

Kue Akar memang adalah camilan khas Jakarta, yang juga dapat kamu temukan di Bekasi. Terbuat dari tepung ketan, beras ketan, serta kelapa parut, membuat cita rasa dari kue ini mampu membuat siapa saya ketagihan.

Jika kamu ingin membeli Kue Akar untuk buah tangan ke kota asalmu, kamu bisa mengunjungi beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Bekasi.

7. Bandeng Rorod

Tidak hanya berupa camilan kering, Bekasi juga memilliki oleh-oleh Bandeng Rorod. Berbeda dengan olahan Bandeng pada umumnya, Bandeng Rorod ini adalah sajian ikan Bandeng tanpa duri.

Sehingga ketika menyantap ikan Bandeng Rorod ini, kenikmatan akan semakin lengkap tanpa adanya duri satupun.

Bandeng Rorod pun sering dipilih wisatawan, untuk menjadi oleh-oleh ke kota asal. Umumnya buah tangan ini dikemas dengan isi 2 hingga 4 bandeng per satu kotak.

Bandeng Rorod ini telah diberikan bumbu, sehingga kamu bisa langsung menyantapnya ditemani nasi atau sambal yang semakin menggugah selera.

8. Kue Sagon

Kue sagon berbeda dengan kukis sagu yang biasa kamu temukan jelang Lebaran. Oleh-oleh khas Bekasi yang manis ini terbuat dari tepung beras yang disangrai dan dicampur kelapa parut, kemudian dipanggang. Biasanya kue ini menjadi teman minum teh atau kopi hangat.

9. Wajik Ketan Hitam

Jika sedang berada di Bekasi dan masih bingung ingin membeli buah tangan apa? Tak usah khawatir, karena Bekasi memiliki banyak varian oleh-oleh yang bisa pilih dan bertahan lama.

Salah satunya adalah wajik ketan hitam khas dari Bekasi. Jajanan ini merupakan produk asli dari daerah Bekasi yang memiliki rasa manis.

Kue ini mempunyai tekstur kenyal ketika disantap dalam satu gigitan.

10. Rengginang

Cita rasa gurih dan renyah lawaknya kerupuk menjadikannya cemilan yang wajib ada dalam segala situasi.

Rengginang khas Bekasi bisa kamu bawa pulang, karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang tak kalah enak.

Nah, itulah tadi 10 oleh-oleh khas Bekasi yang bisa kamu bawa pulang kampung. Happy holiday!

Tag : #bekasi    #jawa barat    #tempat wisata    #travel    #wisata alam   

Baca Juga