Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Lengkap dengan Jadwal, Tata Cara dan Keutamaannya

Sari | Islam | 24-01-2023

Niat Puasa Ayyamul Bidh (Foto: Parboaboa/Lamsari)

PARBOABOA - Bacaan niat puasa ayyamul bidh penting untuk diketahui oleh setiap umat muslim yang akan melaksanakan ibadah sunnah tersebut. Puasa sunnah selama tiga hari ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Hijriah, yakni 13,14, dan 15, kecuali pada hari tasyrik yaitu 13 Dzulhijjah.

Melansir dari NU Online, hukum melaksanakan puasa ayyamul bidh adalah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas yang berbunyi:

"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: 'Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian'," (HR an-Nasa'i dengan sanad hasan).

Lantas, bagaimana bacaan niat puasa ayyamul bidh? dan kapan jadwal puasa ayyamul bidh bulan Februari 2023? Berikut Parboaboa sudah menyediakan informasinya di bawah ini.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Sama seperti puasa yang biasanya dijalani umat muslim, puasa ayyamul bidh dilakukan dengan menahan lapar dan hawa nafsu sejak matahari terbit hingga tenggelam. Disarankan untuk melaksanakan sahur terlebih dahulu, kemudian menjalankan ibadan puasa.

Sebelum melaksanakan ibadah puasa, jangan lupa membacakan niat. Berikut merupakan bacaan niat puasa ayyamul bidh.

نَوَيْتُصَوْمَاَيَّامَاْلبِيْضِسُنَّةًلِلهِتَعَالَى

Bacaan Latin: Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan Lillahi ta'ala.

Artinya: "Saya berniat puasa sunnah ayyamul bidh karena Allah ta'ala.

Jika Anda memiliki utang puasa pada bulan Ramadhan, maka diwajibkan untuk mengerjakannya terlebih dahulu. Namun, jika ingin mengerjakannya secara bersamaan, hal itu bisa dilakukan dengan cara diqadha.

Sebagian ulama memperbolehkan untuk melaksanakan puasa qadha Ramadhan bersamaan dengan puasa sunnah. Hal itu disampaikan oleh Ustads Abdul Somad dalam ceramahnya. Hukum mengerjakan puasa Qadha Ramadhan di hari puasa sunnah adalah sah atau diperbolehkan.

Penting untuk diketahui bacaan niat yang diucapkan, yaitu dengan niat puasa Qadha Ramadhan saja.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT."

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Februari 2023

Jadwal puasa ayyamul bidh diketahui dengan mengkonversi kalender Hijriyah ke kalender Masehi. Berdasarkan hasil konversi kalender Hijriah sistem Ummul Qura, Arab Saudi, maka pelaksanaan puasa ayyamul bidh dikerjakan pada 13,14 dan 15 setiap bulan Hijriyah.

Berikut jadwal ayyamul bidh bulan Februari 2023:

  • 13 Rajab 1444 H = Sabtu, 4 Febaruari 2023
  • 14 Rajab 1444 H = Minggu, 5 Febaruari 2023
  • 15 Rajab 1444 H = Senin, 6 Febaruari 2023

Tata Cara Puasa Ayyamul Bidh

Seperti yang dijelaskan di atas, puasa ayyamul bidh dikerjakan dengan cara yang sama dengan puasa lainnya. Berikut ini adalah tata caranya:

1. Niat

Niat puasa ayyamil bidh bisa diucapkan dalam hati, namun disunnahkan diucapakan secara lisan.

2. Sahur

Melaksanakan sahur sangat dianjurkan termasuk saat akan melaksanakan niat puasa ayyamul bidh. waktu sahur dilakukan menjelang masuk waktu subuh sebelum imsak.

3. Menahan dan Menjaga Diri

Setiap umat muslim yang melaksanakan puasa ayyamul bidh sebaiknya mampu menahan dan menjaga diri dari segala hal yang dapat membatalkan ibadah puasa, seperti makan, minum, dan lain sebagainya.

4. Menyegerakan Berbuka

Seseorang yang melaksanakan puasa ayyamul bidh, sebaiknya menyegerakan berbuka jika sudah tiba waktu magrib dan jangan menunda-nundanya.

Berikut adalah doa buka puasa ayyamul bidh:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Bacaan Latin: Allâhumma laka shumtu wa 'alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama'u wabtalatil 'urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta'âlâ

Artinya: "Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaAllah."

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Terdapat beberapa keutamaan menjalankan puasa ayyamul bidh, berikut di antaranya:

1. Mendapat pahala seperti satu tahun berpuasa

2. Meningkatkan iman dan takwa

3. Menjalankan sunnah nabi

4. Membentengi diri dari perbuatan maksiat

5. Teladan Nabi Muhammad SAW.

Demikianlah bacaan niat puasa ayyamul bidh, lengkap dengan jadwal, tata cara dan keutamaannya. Semoga membantu bagi Anda yang ingin menjalan puasa sunnah tersebut.

Tag : #pendidikan islam    #ayyamul bidh    #islam    #puasa sunnah    #sunnah muakkad    #doa   

Baca Juga