5 Negara yang tidak ada di peta dunia (PEXELS)

5 Negara yang Sudah Tidak Terdaftar Lagi Dalam Peta Dunia

Wulan | Hiburan | 27-05-2022

PARBOABOA, Pematangsintar – Disadari atau tidak, saat ini ada beberapa negara yang sudah hilang dari peta dunia.

Hilangnya sebuah negara ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya konflik dalam negeri, peperangan, runtuhnya kerajaan kuno, perpecahan wilayah, hingga penggantian nama negara.

Sepanjang abad ke-20, ada beberapa negara yang sebelumnya terpisah kemudian dipersatukan kembali setelah bertahun-tahun konflik dan perang. Contohnya adalah Vietnam Utara dan Selatan, yang dipersatukan kembali pada tahun 1976. Setelah dipersatukan, kedua negara tersebut sudah tidak ada lagi.

Lantas negara apa sajakah yang sudah tidak ada di peta dunia? Berikut daftarnya!

1. Yugoslavia

Yugoslavia merupakan sebuah negara yang keberadaannya telah hilang dari peta dunia. Negara pecahan dari Austro-Hungaria ini dulunya berada di daerah Balkan tepatnya di tenggara Eropa. Berdiri dari tahun 1918-2003, Yugoslavia juga negara yang sudah beberapa kali berganti sistem kenegaraan yaitu, kerajaan dan republik.

Tak hanya itu, negara yang mempunyai banyak kota di Belgrade ini juga telah beberapa kali berganti nama, dari Federal Demokratik Yugoslavia, Republik Rakyat Yugoslavia, hingga Republik Federal Sosialis.

Setelah terjadinya Perang Dunia II, wilayah Yugoslavia sendiri terdiri dari 6 negara yang bergabung menjadi satu, yakni Kroasia, Serbia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, Slovenia, dan Republik Makedonia. Namun sangat disayangkan, satu persatu negara-negara tersebut memisahkan diri dimulai dari Slovenia, Kroasia dan Republik Makedonia pada tahun 1991. Bosnia-Herzegovina juga menyatakan keluar dari wilayah Yugoslavia pada tahun 1992.

Yugoslavia sendiri sempat mendirikan ulang negara dari beberapa negara yang tersisa. Sayangnya, negara tersebut akhirnya pecah pada tahun 2006 dan menjadi negara yang berdiri sendiri.

2. Vietnam Utara/Vietnam Selatan

Perang Vietnam yang dimulai pada tahun 1954/1955 membuat wilayahnya terbagi menjadi beberapa negara terpisah yang berbatasan dengan Sungai Ben Hai di Provinsi Quang Tri. Bagian Vietnam Utara dipimpin oleh pemerintah komunis yang sekutunya adalah Uni Soviet dan Cina Komunis sedangkan Vietnam Selatan memiliki pemerintahan yang demokratis dan pasar bebas yang sekutunya adalah Amerika Serikat.

Kedua negara yang sudah berpisah ini sudah tidak ada lagi ketika mereka bersatu sebagai negara tunggal pada tahun 1975 setelah berakhirnya Perang Vietnam.

3. Cekoslovakia

Dulunya, ada sebuah negara bernama Cekoslovakia yang wilayahnya mencakup wilayah negara Republik Ceko dan Slovakia yang kita kenal saat ini. Cekoslovakia merupakan negara pecahan dari Austro-Hungaria yang memerdekakan diri pada tahun 1918. Nama “Cekoslovakia” sendiri diambil dari 2 etnis setempat yakni etnis Ceko/Bohemia yang letaknya berada di bagian barat dan etnis Slovak yang berada di wilayah timur.

Sepanjang Perang Dunia II dan Perang Dingin, negara ini mengalami perpecahan politik dan ekonomi yang cukup besar. Setelah Revolusi Beludru, Cekoslovakia memutuskan untuk berpisah secara damai menjadi negara-negara berdaulat Slovakia dan Republik Ceko. Negara ini diketahui sudah tidak ada lagi di peta dunia sejak tahun 1993.

4. Jerman Barat dan Jerman Timur

Setelah Perang Dunia II terjadi, Jerman diketahui terbagi menjadi dua negara merdeka, yaitu Jerman Timur yang dipengaruhi oleh Uni Soviet dan Jerman Barat yang dipengaruhi oleh Amerika Serikat. Pada tahun 1961, mereka membangun Tembok Berlin yang dibuat untuk pemisah antara kedua negara tersebut. Tembok Berlin juga dianggap sebagai simbol Perang Dingin antara wilayah Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Setelah 30 tahun berpisah, akhirnya tembok tersebut diruntuhkan pada tahun 1990 sebagai simbol bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur yang juga menandai berakhirnya perang dingin di wilayah tersebut. Kemudian 3 minggu setelah diruntuhkannya Tembok tersebut, terdapat pula Malta Summit yang merupakan kesepatan untuk mengakhiri Perang Dingin. Saat ini, kedua negara yang telah bersatu itu kita kenal sebagai negara Jerman yang diketahui saat ini merupakan salah satu kekuatan ekonomi di Eropa.

5. Prussia

Prussia merupakan negara yang juga telah hilang dari peta dunia. Negara yang berbentuk kerajaan ini sempat ada dan terkenal hingga tahun 1947. Negara ini meliputi daratan di Eropa tengah dan timur, termasuk Jerman, Polandia, Belgia, Denmark, hingga Lithuania. Prussia dulunya dipimpin oleh Raja Romawi Frederick II. Saat itu negara ini menjadi sebuah kerajaan yang sangat berpengaruh pada abad ke-18. Akan tetapi negara ini mulai kehilangan wilayahnya pada abad ke-19. Namun, Prussia harus berada di bawah naungan Jerman hingga kahirnya kekaisaran Prussia di hapuskan setelah terjadinya perang Dunia I. Sejak saat itu na,a Prussia pun dihapus dari peta dunia selama-selamanya.

Tag : #negara    #peta dunia    #hiburan    #negara yang hilang dari peta dunia    #yugoslavia    #vietnam utara dan vietnam selatan   

Baca Juga