Singapura termasuk salah satu negara terkecil di Asia Tenggara (kurnia-geografi.blogspot.com)

5 Negara Terkecil di Asia Tenggara, Salah Satunya Ada Negara Maju!

Wulan | Internasional | 03-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – ASEAN merupakan organisasi ekomomi berbasis geopolitik yang diperuntukkan untuk negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara.

Pembentukan ini didasari dari adanya persamaan geografis, budaya dan tujuan dari para negara anggotanya. Asean sendiri beranggotakan 11 negara, termasuk Indonesia yang menjadi 1 dari 5 negara pelopor berdirinya organisasi regiona ini.

Dari 11 negara tersebut, ada beberapa negara yang memiliki wilayah terkecil di Asia Tenggara.

Negara apa saja ya? Yuk simak uraian lengkap berikut ini!

1. Singapura

Singapura merupakan sebuah negara pulau yang berada di bagian ujung selatan Semenanjung Malaya. Dengan memiliki luas wilayah yakni 722,5 km2 dengan total penduduknya pada 2018 5.638.700 jiwa menjadikan negara ini dijuluki sebagai negara terkecil di Asia Tenggara. Meski wilayahnya terbilang kecil, Singapura merupakan satu-satunya negara yang masuk daftar negara maju di dunia. Negara ini sendiri tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun singapura dapat memaksimalkan sektor industri dan jasa sehingga bisa mendatangkan investor dari luar negeri.

2. Brunei Darussalam

Negara ASEAN yang memiliki wilayah paling kecil selanjutnya adalah Brunei Darussalam. Luas negara ini adalah 5.765 km persegi, dengan ibu kota Bandar Seri Begawan. Negara ini sudah merdeka pada 23 Februari 1984 dengan kepala negaranya adalah seorang sultan. Untuk bahasa, negara ini sendiri sering menggunakan bahasa penduduk seperti Melayu, Inggris, Mandarin.

3. Timor Leste

Timor Leste merupakan negara anggota ASEAN terakhir yang bergabung pada 2011. Negara ini sebelumnya bernama Timor Timur yang merupakan bagian dari negara Indonesia, namun berpisah dan resmi berdiri sebagai sebuah negara pada 20 Mei 2002. km2 dengan jumlah penduduknya pada 2015 sebanyak 1.183.643 jiwa. Untuk bahasa, timor leste resmi menggunakan 2 bahasa yakni tetun dan bahasa portugis.

4. Kamboja

Negara yang berbentuk kerajaan konstitusional ini memiliki luas wilayah 181.035 035 km2 dengan jumlah penduduknya pada 2018 sebanyak 16.245.729. Kamboja merupakan negara penerus kekaisaran khmer yang pernah memegang wilayah semenanjung Indochina pada abad 11 dan 14. Mayoritas penduduk kamboja sendiri merupakan penganut agama Buddha,  dengan beberapa agama minoritas lain seperti Islam, agama rakyat tradisional, Kristen, dan lain sebagainya.

5. Laos

Loas merupakan sebuah negara republik yang dikelilingi oleh daratan dan terletak di bagian utara Semenanjung Indochina. Nama Laos sendiri berasal dari kata LanXang atau kerajaan Gajah. Negara ini memiliki luas wilayah yaitu 237.955 km2 dengan jumlah penduduknya pada 2018 yaitu 7.061.507 jiwa. Masyarakat Laos sendiri terdiri dari beragam etnis, mulai dari hidup di dataran rendah dekat sungai dan dataran tinggi. Negara dengan ibu kota Phnom Penh ini merdeka pada 9 November 1953. Bentuk kepala negara di Kamboja adalah raja, sedangkan untuk pemerintahannya adalah perdana menteri.

Tag : #negara    #terkecil    #internasional    #negara terkecil di asia tenggara    #singapura    #brunei darussalam    #timor leste    #kamboja   

Baca Juga