10 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia, Indonesia Teratas!

Penulis : Wulan | Internasional | 12-11-2022

Daftar negara kepulauan terbesar di dunia (Foto: MTMA)

PARBOABOA – Negara kepulauan terbesar di dunia merupakan daftar negara-negara yang memiliki banyak daratan dan pulau yang terpisah, namun masih berada dalam 1 negara. Istilah negara kepulauan ini muncul dari keputusan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang hukum laut.

Indonesia sendiri memang terkenal sebagai negara kepulauan, tetapi dalam daftar ini kira-kira negara dengan lambang burung Garuda ini masuk urutan berapa ya? Lalu, selain Indonesia negara apa saja yang termasuk sebagai negara kepulauan terbesar di dunia? Yuk cari tahu dari artikel di bawah ini!

1. Indonesia

Tak dipungkiri jika Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar nomor 1 di dunia. Indonesia memiliki luas sekitar 1.904.569 kilometer persegi. Adapun jumlah pulau di negara yang berlambang burung garuda ini mencapai 17.000 pulau dengan 7.000 pulau yang memiliki penghuni.

Belasan ribu pulau tersebut membentang dari utara hingga selatan sekitar 1.760 km dan dari barat ke timur sekitar 5.120 km. Salah satu pulau terbesar di dunia juga ada di Indonesia, yaitu Pulau Sumatera dengan luas 443.966 km persegi.

Garis pantai di Indonesia panjangnya mencapai 81.000 km. luas perairannya mulai dari laut territorial, perairan kepulauan, hingga perairan pedalaman dengan 2,7 juta km atau sekitar 70% dari luas Indonesia.

2. Madagaskar

Negara kepulauan terbesar kedua di dunia diduduki oleh Madgaskar. Negara kepulauan di Afrika Timur ini terdiri dari satu pulau utama dan pulau-pulau kecil lainnya. Pulau Madgaskar sendiri termasuk pulau terbesar keempat di dunia. Adapun luas negara Madgaskar mencapai 587.041 kilometer persegi.

3. Papua Nugini

Negara yang berdekatan dengan Indonesia ini berada di urutan ketiga sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Papua Nugini merupakan negara kepulauan di Oseania yang berada di sebelah timur Pulau Papua.

New Guinea merupakan pulau terbesar kedua di dunia. Sebelah baratnya dihuni oleh Indonesia, sedangkan sebelah timurnya termasuk wilayah Papua Nugini. Papua Nugini memiliki luas wilayah sebesar 462.840 kilometer persegi dengan meliputi sejumlah pulau kecil yang berada di Melanesia.

4. Jepang

Negara yang dijuluki sebagai negara matahari terbit ini menempati urutan keempat sebagai negara kepulauan paling besar di dunia. Ternyata, negara ini memiliki banyak pulau, yaitu sekitar 6.852 pulau besar dan kecil.

Salah satu pulau terbesar yang dimiliki Jepang adalah Pulau Honshu yang merupakan pulau terbesar ketujuh di dunia setelah Sumatera. Untuk luas wilayahnya diketahui sekitar 230.500 km persegi atau 60% dari seluruh wilayah Jepang.

Sebagian besar penduduk Jepang atau sekitar 80%-nya tinggal di Pulau Honshu. Pulau besar di Jepang lainnya adalah Hokkaido, Shikoku, Kyushu, dan Okinawa.

5. Malaysia

Negara Malayia memiliki luas sekitar 329.847 kilometer persegi yang menjadikan negara tetangga ini terdatar sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang urutan kelima.

Wilayah negara tetangga Indonesia ini terdiri dari 20.000 pulau, termasuk gumuk pasir, dan pulau-pulau kecil lainnya. Seperti yang kita ketahui, Malaysia juga berbagi Pulau Kalimantan dengan Indonesia dan Brunei Darussalam.

Negara ini mengklaim sekitar 26% Pulau Kalimantan di sebelah barat dan utara. Selain itu, Malaysia juga berbagai semenanjung dengan Thailand karena sama-sama menempati Semenanjung Malaysia.

6. Filipina

Tak jauh dari Malaysia, ada Filipina yang juga masuk kedalam daftar negara kepulauan terbesat di dunia. Filipina merupakan negara di Samudera Pasifik bagian barat dengan luas sekitar 300.000 kilometer persegi.

Filipina memiliki jumlah pulau mencapai 7.600. Pulau-pulau tersebut kemudian dibagi menjadi 3 wilayah besar, yaitu Mindanao, Visayas, dan Luzon.

7. Selandia Baru

Selandia Baru juga menjadi negara kepulauan terbesar di dunia urutan ketujuh, di mana negara ini memiliki luas wilayah sekitar 268.838 kilometer persegi. Ada sekitar 700 pulau di Selandia Baru yang tersebar di sebelah barat daya Samudera Pasifik. Secara umum, negara ini memiliki 2 pulau utama, yaitu Pulau Utara dan Pulau Selatan.

8. Britania Raya

Britania Raya memiliki luas wilayah sekitar 243.610 kilometer persegi yang membentang di sebelah utara Samudera Atlantik. Di dalam negara ini ada beberapa negara konstituen, yaitu Inggris, Wales, dan Skotlandia. Selain itu, Britania Raya juga dipisahkan dari daratan Eropa oleh Selat Inggris dan Luat Utara.

9. Kuba

Di urutan 9 dari negara kepulauan terbesar di dunia diduduki oleh Kuba. Negara yang terletak di sebelah timur Meksiko ini memiliki luas wilayah sekitar 110.860 kilometer persegi. Negara Kuba juga masih termasuk di Kepulauan Karibia. Secara umum, Kuba memiliki 2 pulau utama, yaitu Kuba dan Isla de la Juventud.

10. Islandia

Negara kepulauan terbesar di dunia yang terakhir adalah Islandia. Dengan luas wilayah sekitar 103.000 kilometer persegi, Islandia menjadi pulau terbesar kedua di Eropa. Terletak di Samudra Atlantik Utara, negara ini terdiri dari pulau utama dan 30 pulau-pulau kecil.

Adapun pulau utamanya berada di selatan Lingkaran Arktik yang menyentuh Pulau Grimsey. Uniknya, Islandia merupakan salah satu negara dengan penduduk yang paling sedikit. Hanya ada 4 orang setiap 1 kilometer persegi.

Demikian informasi tentang 10 negara kepulauan terbesar di dunia yang bisa menambah wawasan kamu tentang dunia ini.

Editor : -

Tag : #terbesar    #negara kepulauan    #internasional    #indonesia    #madagaskar    #papua nugini    #jepang    #malaysia    #filipina   

Baca Juga