Negara dengan utang terbanyak di dunia (Dok: cnbcindonesia.com)

5 Negara Dengan Utang Terbanyak di Dunia

Rahma | Internasional | 13-05-2022

PARBOABOA - Terkadang, suatu negara akan berhutang dengan nominal yang begitu besar.

Penyebabnya adalah untuk mendanai pembangunan-pembangunan yang dianggap sangat dibutuhkan oleh negara tersebut.

Pinjaman uang tersebut biasanya didapat dari negara-negara lain dengan perjanjian tertentu sebagai jaminan sampai utang terbayar lunas.

Dari data International Debt Statistics (IDS) 2022 dari World Bank berikut nama lima negara yang memiliki utang terbanyak di dunia.

Menurut data tersebut, tidak semua negara dengan utang terbanyak di dunia 2022 ini merupakan negara berkembang atau negara miskin loh.

Nyatanya, lebih banyak nama negara maju yang masuk ke daftar utang negara terbanyak di dunia 2022. Bahkan berada di posisi teratas, negara apa itu dan apa penyebabnya? Ayo cari tahu informasinya berikut ini.

1. Jepang

Negara dengan utang terbanyak di dunia 2022 pada urutan pertama adalah salah satu negara maju di Asia yakni Jepang.

Negara Jepang memiliki mata uang Yen dengan jumlah populasi penduduk sekitar 125,8 juta jiwa, dengan luas wilayah sekitar 377.975 km². 

Negara yang memiliki ibu kota Tokyo ini, memiliki total utang negara sebesar US$ 9.087 triliun. Diperkirakan total ini mencapai 234,18% dari produk domestik bruto (PDB).

Penyebab terjadinya lonjakan peningkatan utang negara di Jepang adalah, karena adanya penurunan yang cukup drastis pada nilai Yen di pasar modal.

Sehingga pada akhirnya, pemerintah harus memberikan bantuan penyelamatan kepada bank dan perusahaan asuransi keuangan untuk menstabilkan nilai ekonomi negara.

Bantuan penyelamatan ini dalam istilah ekonomi disebut dengan bailout. Maka, bailout yang diberikan pemerintah Jepang berupa kredit yang memiliki bunga rendah.

2. Yunani

Republik Hellenik atau lebih sering kita kenal dengan sebutan negara Yunani terletak di Benua Eropa bagian Tenggara.

Ternyata negara ini juga termasuk ke dalam urutan daftar nama negara dengan utang terbanyak di dunia 2022 loh.

Bahkan menempati posisi kedua dengan utang negara terbanyak di dunia 2022. Jumlah utang negara ini sekitar USD379 miliar atau EUR332,6 miliar.

Hal yang menyebabkan negara Yunani memiliki banyak utang adalah, karena terjadinya kebocoran uang pajak sebanyak 30% yang jatuh ke tangan para koruptor.

3. Portugal

Posisi ketiga dengan utang negara terbanyak di dunia 2022, dipegang oleh Negara Portugal. Negara yang berbatasan dengan Spanyol ini memiliki jumlah penduduk sekitar 10,31 juta jiwa.

Portugal sendiri menempati posisi ketiga karena memiliki utang nasional sebesar USD264 miliar atau EUR322 miliar. Utang negara ini meningkat karena disebabkan terlalu banyaknya masyarakat pengangguran.

Pada akhirnya, pemerintah harus memberikan tunjangan bantuan agar masyarakat tetap hidup dalam keadaan sejahtera.

Sesuai data yang ada total pengangguran di Negara Portugal mencapai 17,5 persen dari jumlah keseluruhan penduduknya.

4. Italia

Negara dengan jumlah populasi penduduk sebanyak 55,56 juta jiwa ini, termasuk juga kedalam deretan negara dengan utang terbanyak di dunia 2022 di urutan keempat.

Italia memiliki jumlah utang negara mencapai 133,34 persen dari PDB, sehingga dapat ditotalkan, jumlah keseluruhan utang Negara Italia sebesar EUR2,17 triliun atau setara dengan USD2,48 triliun.

Penyebab Italia masuk kedalam catatan utang negara terbanyak di dunia 2022 adalah, karena negara ini termasuk negara yang hampir mengalami krisis ekonomi yang sedang melanda bagian Eropa.

5. Bhutan

Pada posisi kelima, yang termasuk kedalam negara dengan utang terbanyak di dunia 2022 adalah Negara Bhutan. Nama negara ini cukup asing untuk didengar bukan?

Hal ini karena, Negara Bhutan sendiri adalah sebuah negara kecil berbentuk kerajaan, yang berada dikawasan  Asia Selatan yang memiliki sebutan lain yakni Negeri Naga Guntur.

Negara Bhutan memiliki utang nasional yang cukup besar, karena negara ini sedang melakukan pembangunan secara besar-besaran.

Sehingga membuat posisi kelima urutan utang negara terbanyak di dunia 2022 ini, memiliki total sebanyak USD2,33 miliar.

Demikianlah deretan 5 negara dengan utang terbanyak di dunia 2022 yang dapat menambah wawasan teman-teman semua.

Ternyata, walaupun Indonesia memiliki banyak utang negara, tetapi belum termasuk kedalam urutan yang terbanyak. Semoga saja kedepannya, negara kita sudah terhindar dari utang ya teman!

 

Tag : #dunia    #utang negara    #pendidikan    #jepang    #yunani    #portugal    #italia    #bhutan    #internasional    #word bank    #IDS   

Baca Juga