Sistem pendidikan terbaik di dunia (Dok: kelaspintar.id)

Deretan Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Dimas | Pendidikan | 22-06-2022

PARBOABOA - Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan sebuah negara. Untuk itu, sebuah negara yang maju pastinya akan memberikan kualitas pendidikan yang sangat baik kepada setiap warganya.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini Parboaboa akan menyajikan deretan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Simak penjelasannya!

Negara-Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

1. Finlandia

Finlandia adalah negara dengan prestasi dan sistem pendidikan terbaik di dunia. Meskipun beberapa universitas di Finlandia masih kalah tenar dengan universitas di Inggris dan Amerika Serikat, namun secara keseluruhan sistem pendidikan di negara ini masih dianggap yang terbaik.

Menurut laman sains Smithsonian Magazine, Finlandia telah menjadi negara dengan tingkat literasi, pemahaman, dan kelulusan yang tinggi, terutama di bidang sains dan matematika. Negara kecil ini pun telah menjadi salah satu negara Eropa yang menelurkan banyak ahli dan kaum terpelajar untuk membagikan ilmu dan keahliannya di banyak negara.

2. Inggris

Beberapa lembaga pendidikan kelas dunia seperti Oxford, Cambridge, College London, dan lainnya tentu telah menjadi bukti nyata bahwa Inggris memang terkenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik sejak abad pertengahan. Mulai dari kedokteran, sains, astronomi, sejarah, olahraga, hingga kesenian, semuanya ada dan dapat dipelajari secara detail.

Melansir dari Laman International Student, universitas di Inggris menjadi sasaran utama dari banyak pelajar di seluruh dunia. Itu sebabnya, pendaftaran untuk melanjutkan studi di Inggris harus dilakukan dari jauh hari.

Inggris sendiri, memiliki banyak tenaga pengajar yang sangat ahli di bidangnya, mulai dari profesor, doktor, pakar kesenian, astronom, ahli penerbangan, hingga atlet profesional.

3. Amerika Serikat

Sama seperti Inggris, beberapa universitas kelas dunia yakni Harvard, Stanford, Johns Hopkins, dan lainnya sudah jadi bukti bahwa Negeri Paman Sam memiliki sistem pendidikan yang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Hampir semua ilmu terapan bisa dipelajari dengan detail di sekolah-sekolah lanjutan Amerika Serikat (AS). Namun, biaya untuk mengenyam pendidikan di negara ini diketahui juga cukup mahal. Oleh karena itu, ada banyak calon mahasiswa yang menggunakan fasilitas beasiswa jika ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat.

4. Australia

Australia adalah salah satu negara makmur dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, ada banyak orang dari berbagai negara yang melanjutkan studi formal di negeri berpenduduk 26 juta jiwa tersebut.

Mengutip dari laman Study in Australia, tercatat bahwa sistem pendidikan di Negeri Kanguru tersebut dibuat seragam untuk menjaga kualitasnya. Masih dari laman yang sama, anak yang telah berusia 6 tahun diwajibkan mengikuti jenjang pendidikan di sekolah dasar. Jenjang pendidikan menengah juga diwajibkan bagi seluruh warga negara yang telah menempuh pendidikan dasar.

5. Jerman

Ada banyak siswa atau pelajar dari seluruh dunia yang mendaftarkan diri untuk bersekolah di Jerman. Umumnya, studi lanjutan seperti kedokteran spesialis, automotif, teknik mesin, ilmu penerbangan, dan perkapalan menjadi market terbesar Jerman untuk urusan studi dan pendidikan.

Bahkan, menurut jurnal sains yang diterbitkan dalam laman NCBI, sekolah kedokteran di Jerman masih menjadi favorit bagi banyak orang di dunia. Maka dari itu, tak heran jika beberapa dokter atau ahli medis kelas dunia dulunya sempat mengenyam pendidikan di Jerman.

6. Belanda

Berdasarkan data Organisasi Pendidikan Belanda (Nuffic), ada lebih dari 50 persen sekolah di Belanda yang menggunakan sistem komunikasi bilingual atau dwibahasa, yakni bahasa Inggris dan tentu juga bahasa Belanda. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk mempersiapkan generasi muda Belanda dalam persaingan global yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Oleh karena itu, tak heran jika anak-anak di Belanda sudah bisa menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Prancis, bahkan Jerman.

7. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia dan bahkan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Tak kalah dengan Eropa atau Amerika, sistem pendidikan di Jepang menerapkan profesionalisme yang sangat baik dan mereka akan menerapkan peraturan dengan standar terbaik untuk kemajuan bangsa mereka.

Khusus di bidang teknologi, Jepang memiliki lembaga pendidikan tinggi atau dosen yang berfokus pada pelajaran dan penerapan teknologi lanjutan dengan sangat detail.

8. Kanada

Negara berpopulasi 40 juta jiwa ini juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, menurut berita yang dimuat dalam laman Daily Hive Vancouver, Kanada menjadi negara yang menempati peringkat 5 besar terbaik di dunia khusus untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan.

Sistem pendidikan di Kanada juga terbilang sangat profesional, namun tidak memberatkan anak-anak didik dengan beban tugas yang begitu banyak. Guru dan staf pengajar juga sangat fokus dan menguasai bidangnya masing-masing.

Nah, itulah seputar informasi mengenai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Semoga tulisan ini dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Tag : #universitas terbaik dunia    #perguruan tinggi    #pendidikan    #sistem pendidikan terbaik   

Baca Juga