MPR RI melakukan kunjungan ke Bawaslu (Foto: Nurkholis/detik.com)

MPR RI kunjungi Bawaslu tinjau penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2024

Adinda Dewi | Politik | 22-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Badan Pengkajian Majelis Permusyawarahan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu untuk melakukan sejumlah diskusi mengenai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

“Kami dari Badan Pengkajian MPR hadir untuk berdiskusi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terkait beberapa hal, tentu terkait teknis rencana penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024” kata anggota Badan Pengkajian MPR RI Rieke Diah Pitaloka dilansir dari Antara News, Kamis (22/09/2022).

Rieke mengatakan kedatangan mereka merupakan penugasan dari MPR RI untuk membahas pokok-pokok haluan negara (PPHN) dan visi misi negara yang dapat digunakan oleh para peserta Pemilu 2024 dan juga bagi penyelenggara Pemilu

"Kita memohon masukan dari Bawaslu terkait tentang pokok-pokok haluan negara dan juga terkait visi misi Negara kesatuan Republik Indonesia yang kami harapkan dari badan pengkajian MPR menjadi kesepakatan nasional. Paling tidak ini menjadi visi misi bagi kita semua khususnya bagi para calon kontestan di 2024 baik dalam Pemilu maupun Pilkada serentak juga bagi penyelenggara Pemilu," ucapnya saat konfrenai Pers di Bawaslu RI, Kamis (22/9/22).

Menurut dia, pokok-pokok yang dimaksud antara lain penyamaan persepsi visi misi memajukan bangsa dan negara.

"Visinya yang dimaksud adalah ada di alinea kedua sisi Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia seluruh tumpah darah Indonesia menuju Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur," paparnya.

"Kemudian misinya ada di alinea kedua pembukaan seperti yang teman-teman ketahui melindungi segenap bangsa mencerdaskan dan seterusnya yang berdasarkan Pancasila. nah itu yang kami sampaikan mungkin mau ditambahkan," sambing dia.

Senada dengan Rieke, anggota pengkajian MPR RI dari PKS, Johan Rosihan mengatakan bahwa pihaknya telah menuntaskan konsep rancangan PPHN dan mencoba mendiskusikannya dengan lembaga-lembaga negara.

"Hal tersebut agar kita memiliki perasaan rasa dan kalau ada yang sama untuk kemudian menyelamatkan perjalanan bangsa Indonesia ini ke depan," ucap dia.

"Sehingga mudah-mudahan kegiatan ini bisa direspon secara baik dan kemudian kita bersama membangun Indonesia," tambahnya.

Tag : #mpr kunjungi bawaslu    #pilpres 2024    #pilkada 2024    #pemilihan serentak    #mpr ri    #visi misi pemilu   

Baca Juga