Jawaban Saat Interview Kerja (dok. istockphoto.com)

Tips Jawaban Interview Motivasi Kerja Yang Baik Dan Benar

Regina | Pendidikan | 23-06-2022

PARBOABOA – Pekerjaan adalah hal utama yang diperlukan seseorang untuk melangsungkan hidup. Kenapa begitu? Dari pekerjaan yang kita punya, kita bisa menghasilkan perputaran rupiah untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari.

Banyak jenis pekerjaan yang bisa kita jadikan pegangan. Kebanyakan, seseorang mengambil pendidikan tinggi agar bisa menggapai cita-citanya atau juga agar dapat bekerja di perusahaan yang dia inginkan.

Kendati demikian, untuk dapat memasuki setiap tahapan rekrutmen kita harus mempersiapkan banyak aspek supaya dapat memberikan performa yang baik. Dengan demikian, perusahaan tidak akan ragu untuk menjadikan kamu sebagai karyawan mereka.

Contohnya saja pada tahap wawancara. Tahap tersebut bisa kalian jalani jikalau kalian lolos di beberapa tahap sebelumnya, seperti pada bagian administrasi dan juga psikotes.

Walau sudah sampai pada tahapan interview, bukan berarti kamu sudah pasti akan terpilih menjadi karyawan baru mereka. Kebanyakan perusahaan memperhatikan skill kamu dari jawaban saat interview.

Pertanyaan tentang motivasi kerja saat interview, biasanya menjadi pertanyaan wajib yang akan kamu dapatkan saat menghadapi tes wawancara.

Untuk itu, parboaboa sudah merangkum contoh jawaban interview motivasi kerja yang baik dan benar yang patut kamu pertimbangkan.

1. Jawaban Yang Realistis

Dalam menjawab pertanyaan saat wawancara, ada baiknya kalian menjawab pertanyaan dengan benar dan jujur serta tidak berorientasi ke arah uang. Hal itu bisa membantu kalian untuk meyakinkan perusahaan agar meloloskan kalian dibanding kandidat lainnya.

Selain itu, usahakan kamu menjawab dengan rasa percaya diri yang penuh agar pihak HRD tak akan ragu terhadap kalian.

2. Hubungkan dengan Pengalaman dan Skill

Jawaban skill saat interview dan juga pengalaman akan membantu kalian meyakinkan pihak perusahaan agar menerima kalian menjadi calon karyawan berikutnya. Realitanya, pihak perusahaan akan lebih memilih karyawan yang memiliki skill serta pengalaman sebelumnya agar mereka tidak perlu ragu lagi mengajarkaan dengan banyak tentang budaya di perusahaan.

3. Jawaban yang Positif

Dalam menjawab pertanyaan saat wawancara, jawaban untuk kelebihan dan kekurangan diri saat interview ada baiknya kalian lebih mengarah ke jawaban yang positif, dengan begitu perekrut akan dengan mudah menerima ucapan kalian atau juga lebih senang saat melakukan interview dengan kalian. 

Hal itu dapat memberikan kamu nilai plus dihadapan perekrut sehingga peluang kamu untuk masuk ke perusahaan yang menjadi incaranmu tersebut semakin besar.

4. Kaitkan Visi dan Misi Perusahaan

Jawaban saat interview kerja ada baiknya kalian kaitkan dengan visi misi perusahaan. Hal ini berguna untuk meyakinkan pihak perusahaan kalau kalian benar-benar serius dan akan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas serta bekerja dengan baik di perusahaan mereka.

5. Tunjukkan Data Diri yang kamu miliki

Semisal pada tahap administrasi kamu sudah menyerahkan data diri kamu pada perusahaan, di tahap interview kamu bisa memberikan data diri kamu sekaligus menjelaskan ke mereka agar data yang kamu punya bisa dipahami dengan gampang.

6. Jangan Terlihat Angkuh

Hal itu perlu kamu hindari karena akan memberikan dampak buruk bagi dirimu sendiri. Tak hanya itu, dengan kamu membuat dirimu terlihat angkuh, hanya akan membuat nilai minus saat kamu menjalani tahap wawancara.

Maka dari itu, ada baiknya kamu tetap menjawab dengan baik dan juga jujur, serta tetap ramah dalam sesi wawancara.

7. Bersikap Tenang dan Percaya Diri

Selain bersikap ramah, kamu juga harus bersikap tenang dan percaya diri saat tahap interview karena dengan begitu, kamu akan menghilangkan suasana tegang pada sesi wawancara. Dengan sikap tenang dan percaya diri yang kamu bawakan, kamu bisa saja dapat nilai tambahan dari pihak perekrut lho.

Nah, itu dia contoh jawaban interview motivasi kerja yang baik dan benar yang bisa parboaboa rangkum, semoga artikel ini membantu. 

Tag : #interview kerja    #motivasi kerja    #pendidikan    #pekerjaan    #wawancara   

Baca Juga