5 Jenis Monyet Terkecil di Dunia, Penampilannya Menggemaskan!

Penulis : Wulan | Hiburan | 29-11-2022

Squirrel Monkey, salah satu monyet terkecil di dunia (Foto: britannica.com)

PARBOABOA – Sebagian besar monyet mendiami hutan yang sering ditumbuhi banyak pohon yang nantinya digunakan untuk tempat tinggal mereka.

Ada banyak jenis monyet, beberapa diantaranya dikenal dengan penampilannya yang unik termasuk ada yang memiliki ukuran tubuh yang sangat dengan pergerakan yang lebih lincah dan habitat wilayahnya yang sangat terpencil.

Kira-kira, apa saja jenis monyet terkecil di dunia itu? Langsung saja yuk simak monyet terkecil di dunia yang dirangkum dari laman Wildlifeinfomer dan A-Z animals.

1. Squirrel Monkey

Squirrel monkey merupakan primata yang berasal dari benua Amerika bagian tengah hingga selatan yang mendiami wilayah hutan tropis. Monyet terkecil di dunia ini  diketahui hidup secara berkelompok yang jumlahnya mencapai 500 ekor. Dari segi penampilan, squirrel monkey memiliki tinggi antara 22 hingga 35 sentimeter dan bobot tubuh maksimal 4 kilogram. uniknya, pada tangan dan kaki monyet ini terdapat warna oranye terang yang terlihat seperti mengenakan sarung tangan. Lucu banget ya!

2. Pygmy Marmoset

Hanya memiliki tinggi badan 13 sentimeter dan berat 3.5 ons membuat pygmy marmoset dinobatkan sebagai spesies monyet terkecil di dunia. Hewan yang satu ini merupakan primata asli dari hutan Amazon yang biasanya berada di puncak pohon-pohon tinggi. Namun, karena ukuran tubuhnya yang sangat kecil, pygmy marmoset sering menjadi mangsa dari banyak hewan seperti elang, kucing liar dan lain-lain.

Primata ini dikenal dengan ukuran ekornya yang panjang bahkan melebihi panjang dari tubuhnya. Pygmy marmoset juga memiliki julukan lain yaitu figers monkey atau monyet jari.

3. Commmon Marmoset

Populasi dari common marmoset hanya dapat ditemukan di wilayah Brasil. Di alam liar, mereka memiliki pergerakan yang sangat agresif dan suka bermain. Untuk memelihara Common Marmoset tidaklah mudah,pasalnya kamu harus menerapkan pola makan yang ketat dan teratur agar ia tetap sehat. Saat mereka kecil, common marmoset memiliki karakter yang manja dan penyayang kemudian akan berubah menjadi agresif ketika menginjak dewasa. Primata ini mempunyai tinggi badan 18 sentimeter dan berat 9 ons.

4. Night Monkey

Night monkey merupakan hewan nokturnal yang sangat aktif dan beraktivitas di malam hari. Dilansir laman A-Z-animal, mereka hidup mulai dari wilayah Panama hingga Argentina yang mendiami daerah dataran tinggi di atas 3000 meter dari permukaan laut. Untuk bertahan hidup, night monkey yang merupakan hewan omnivora ini memakan berbagai macam buah-buahan, dedaunan, serangga, burung dan hewan mamalia kecil lainnya. Spesies monyet ini hanya memiliki berat tubuh antara 0,5 hingga 1 kilogram.

5. Cotton Top Tamarin

Dengan populasinya saat ini yang hanya tersisa 6000 ekor membuat cotton top tamarin masuk ke dalam daftar hewan yang terancam punah. Di alam liar, mereka sangat mudah sekali diidentifikasi dikarenakan primata ini memiliki penampilan yang mencolok di mana tubuhnya ditutupi oleh perpaduan bulu berwarna putih terang dan cokelat. Selain memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan tinggi yang hanya 20 sentimeter, namun wajah dari cotton top tamarin juga sangat mirip dengan gorila.

Berbeda dengan monyet kebanyakan yang pernah dilihat, spesies monyet dengan ukuran tubuh paling kecil di dunia ini menggemaskan sekali, ya. Namun sayangnya, kebanyakan dari populasi mereka saat ini hanya tinggal sedikit di habitat aslinya.  Untuk ity, yuk selalu jaga danlestarikan hewan-hewan di atas!

Editor : -

Tag : #terkecil    #hewan    #hiburan    #monyet terkecil di dunia    #binatang    #dunia hewan    #fakta hewan    #monyet   

Baca Juga