Mesin diesel pada mobil.

Mengapa Mobil Diesel Lebih Irit Dibandingkan dengan Bensin? Ini Penjelasannya

Maraden | Otomotif | 17-11-2021

PARBOABOA – Ada dua pilihan jenis mesin pada mobil yang dikenal di Indonesia saat ini, yaitu diesel dan mesin bensin.

Dua jenis mesin ini tentu saja memiliki karakter yang berbeda satu sama lain, tak terkecuali konsumsi bahan bakar.

Banyak yang menyebut mesin Diesel lebih irit bahan bakar dibanding dengan mesin bensin. Hal ini membuat banyak konsumen yang memilih mobil bermesin diesel.

Semakin irit mobil dalam konsumsi bahan bakar, tentunya akan semakin menarik minat konsumen untuk membeli. Pasalnya, pengeluaran untuk kebutuhan bahan bakar masih menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan oleh pengguna mobil di Indonesia.

Anggapan bahwa mobil mesin diesel lebih irit dibandingkan mobil bensin itu tidak salah. Mobil mesin diesel memang lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin. Hal itu dikarenakan beberapa hal yang salah satunya adalah karena torsi mobil diesel pasti lebih besar dibanding mobil bensin.

Torsi atau tarikan yang besar pada pada mobil bermesin diesel terjadi karena memiliki tingkat kompresi bahan bakar yang tinggi sehingga membuat power yang dihasilkan juga lebih besar dari setiap CC bahan bakar yang digunakan. Selain itu pada mobil diesel juga kebanyakan telah dilengkapi turbo yang sangat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Namun bukan berarti mobil bermesin diesel tidak memiliki kelemahan. Tentu ada kekurangannya juga yakni getaran yang berlebih dan juga asap yang lebih pekat dari lubang knalpot. Getaran pada mobil diesel juga akan semakin bertambah tergantung berat mobil, kapasitas mesinnya.

Tag : diesel, mobil mesin diesel, bahan bakar solar, mobil diesel lebih irit

Berita Terkait