Ilustrasi mindset (Foto: Parboaboa/ Felix)

Mindset adalah Pengertian, Jenis dan Contoh yang Bermanfaat

Dimas | Pendidikan | 31-08-2022

PARBOABOA – Setiap orang tentu mempunyai pemikiran masing-masing sesuai dengan rencana dan tujuan hidupnya. Itulah mengapa ada istilah Mindset atau yang dapat diartikan sebagai pola fikir masing-masing orang.

Namun, sebagian orang masih belum mengerti apa itu mindset. Oleh karena itu, Parboaboa akan mengajak kamu mengenal lebih dalam tentang pengertian, jenis hingga contoh mindset dalam kehidupan sehari hari. So, simak hingga tuntas ya!

Apa itu Mindset?

Mindset adalah suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk berdasarkan dengan pengalaman dan keyakikan sehingga berpengaruh besar terhadap perilaku atau cara berfikir setiap individu dalam menentukan sikap, pandangan dan rencana masa depannya.

Sementara menurut M. Yunus S.B dalam buku Mindset Revolution mengatakan bahwa arti Mindset adalah cara otak dan akal dalam menerima, memproses, menganalisisi, mempersepsi, dan membuat kesimpulan terhadap informasi yang masuk melalui indra kita.

Pola pikir itu bekerja bagaikan ramalan bintang di kepala kita. Sewaktu kita hanyut dalam samudera informasi, maka pikiran mencari arah dengan berpegangan pada pola pikir yang sudah terbentuk sebelumnya. Pola pikir itu untuk menjaga pikiran agar tetap berada pada jalur yang sudah menjadi keyakinan kita dan mendukung pencapaian tujuan yang menjadi pilihan kita.

Jenis Jenis Mindset

Seperti yang telah disebutkan di atas, setiap orang tentu memiliki berbagai macam pemikiran. Namun, umumnya pola pikir terbagi atas dua kelompok besar, yaitu Fixed Mindset dan Growth Mindset. Berikut penjelasannya.

1. Fixed Mindset (Pola pikir tetap)

Jenis Fixed Mindset adalah mindset yang akan sesuai dengan kepercayaan bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan. Adapun ciri-ciri individu yang memiliki Mindset jenis ini adalah ia yang memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat atau sifat merupakan fungsi hereditas atau keturunan.

Selain itu, seseorang dengan mindset ini relatif menghindari suatu tantangan, lebih mudah menyerah, sering berfikir bahwa usaha tidak memberikan manfaat apapun, serta mengesampingkan kritik dan merasa terancam akan kesuksesan orang lain.

2. Growth Mindset (Pola pikir berkembang)

Growth Mindset adalah kebalikan dari jenis Fixed Mindset. Jenis ini merupakan pemikiran yang didasarkan pada kualitas dari seseorang merupakan hal yang dapat diolah dengan sejumlah usaha yang dilakukannya.

Meski tiap orang berbeda-beda dalam banyak hal, namun masing-masing di antaranya dapat berubah dan berkembang hanya melalui perlakuan serta pengalaman.

Adapun individu yang memiliki jenis mindset ini adalah seseorang yang mempunyai keyakinan bahwa intelegensi, bakat bukanlah fungsi atau keturunan. Seseorang tersebut tentunya menyukai tantangan, memiliki pemikiran positif dan dapat belajar dari kritik yang diberikan terhadap dirinya.

Contoh Mindset yang Bermanfaat

1. Menerima Kritik

Dapat menerima kritik adalah satau contoh mindset yang harus dimiliki setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kritik, maka Kamu akan semakin terlatih dalam mengelola informasi yang baik dan buruk dalam berbagai kondisi untuk membangun pemikiran yang lebih berkembang dan maju.

2. Berani Gagal

Contoh mindset bermanfaat lainnya adalah berani gagal. Pasalnya, kebanyakan orang sukses bearawal dari keberanian untuk gagal dalam mencoba segala hal. Alhasil, mereka mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa membangun pemikiran yang baik dan tentunya karir yang lebih cemerlang.

3. Bekerja Keras

Kamu tentu mengetahui bahwa untuk bisa mewujudkan kesuksesan, seseorang harus memiliki mindset atau pemikiran untuk bekerja keras. Namun, kebanyakan orang hanya sekedar tahu tentang hal ini dan tak ingin mewujudkannya.

Banyak orang yang hanya malas-malasan dalam mencapai tujuan atau impiannya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengubah mindset untuk bekerja lebih ekstra demi mewujudkan cita-cita dan impianmu.

Nah, itulah informasi seputar mindset adalah pengertian, jenis dan contoh bermanfaat yang bisa Kamu ketahui. Jika Kamu ingin menjadi orang yang sukses, maka Kamu bisa menerapkan hal-hal yang telah di jelaskan di atas. Semoga bermanfaat!

Tag : #mindset    #arti mindset    #pendidikan    #fixed mindset    #growth mindset   

Baca Juga