Mesir lolos ke final lewat drama adu penalti

Hasil Piala Afrika: Mesir Pastikan Lolos Ke Final Lewat Drama Adu Penalti

Michael | Sepakbola | 04-02-2022

Parboaboa.com – Timnas Mesir lolos ke final Piala Afrika 2021 setelah menang 3-1 atas Kamerun dalam drama adu penalti di babak semifinal yang berlangsung di Stadion Paul Biya, Yaounde, Jumat (4/2/2022) dini hari WIB.

Mesir akan berjumpa dengan Senegal yang lebih dulu memastikan satu tempat di partai Final Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Burkina Faso dengan skor 3-1.

Mesir dan Kamerun bermain sama kuat dalam waktu normal. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu, namun kedudukan 0-0 pun tetap bertahan, sehingga babak adu penalti menjadi jalan terakhir untuk menentukan satu tim yang akan lolos ke partai final untuk berhadapan dengan Senegal.

Mesir berhasil keluar sebagai pemenang dalam drama adu penalti yang berakhir dengan skor 3-1 setelah tiga penendang pertama mereka, yakni Mohamad Lasheen, Mohamed Abdelmonem, dan Ahmed Sayed berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. 

Sementara, Kamerun dari empat penendang pertama, hanya Vincent Aboubakar saja yang berhasil memasukkan bola ke dalam gawang dan tiga lainnya gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Sejak babak pertama dimulai, Kamerun mendominasi jalannya pertandingan. Nicolas Moumi Ngamaleu melepaskan umpan terukur ke dalam kotak penalti, namun bola masih terlalu dekat dengan penjaga gawang, Gabaski yang berhasil menahan bola.

Ngamaleu kembali mengancam pertahanan Mesir, setelah terjatuh di dalam kotak penalti akibat mendapat tekel dari pemain bertahan, namun wasit hanya melambaikan tangan.

Kedua tim pun saling bertukar serangan, dimana beberapa peluang gagal di manfaatkan menjadi gol, seperti yang dilakukan Vincent Aboubakar di menit ke-18.

Aboubakar berhasil menjangkau bola pantul di dalam kotak penalti, namun tembakannya masih bisa diblok barisan pertahanan Mesir dengan baik.

Pada menit ke-37, Omar Kamal di kartu kuning waskit karena melakukan pelanggaran terhadap lawannya. Ia terlihat marah dengan keputusan yang diberikan pengadil lapangan tersebut.

Kedudukan 0-0 menjadi akhir dari babak pertama pertandingan semifinal Kamerun kontra Mesir.

Memasuki babak kedua, Timnas Kamerun melakukan pelanggaran berbahaya yang mendekati kotak terlarang. Sayangnya, kesempatan yang diperoleh Mesir itu gagal merubah papan skor.

Baik Kamerun dan Mesir berkerja keras untuk bisa mencetak gol. Mohamed Salah akhirnya membuka peluang berbahaya di menit ke-56, tapi kiper Kamerun, Andre Onana cukup cepat untuk menghentikannya.

Pertandingan pun berjalan panas memasuki menit ke-60, pemain dari kedua tim yakni Mohamed Elneny dan Samuel Oum Gouet mendapatkan kartu kuning. Elneny dikartu kuning wasit akibat melakukan protes berlebihan, semetara Gouet karena melakukan pelanggaran.

Di penghujung pertandingan waktu normal, Wasit mengkartu merah pelatih Mesir akibat menganggu jalannya pertandingan dari pinggir lapangan. Keputusan wasit ini pun membuat Mesir harus melanjutkan permainan tanpa pelatih di babak tambahan waktu.

Di babak tambahan waktu, kedua tim bermain sama kuat dan mengakhiri pertandingan dengan skor 0-0. Adu penalti menjadi solusi terakhir untuk menentukan pemenang dari pertandingan ini.

Mesir akhrinya keluar sebagai pemenang di pertandingan ini dan melaju ke babak final untuk bertemu Senegal setelah menang 3-1 atas Kamerun dalam babak adu penalti.

Kemenangan ini memastikan akan terjadi bentrokan dua pemain Liverpool di final Piala Afrika 2021, yakni Sadio Mane (Senegal) dan Mohamed Salah (Mesir).

Susunan pemain Kamerun vs Mesir:

Kamerun (3-4-3): Andre Onana; Nouhoou Tolo, Jean-Charles Castelletto, Michael Ngadeu-Ngadjui; Collins Fai, Samuel Oum Gouet, Andre Zambo Anguissa, Nicolas; Martin Hongla; Karl Toko Ekambi, Vincent Aboubakar

Mesir (4-3-3): Gabaski; Ahmed Fathi, O.Kamal, M. Hamdi, M. Abdelmonem; M. Elneny; Fathi H, El Solia; Mostafa Mohamed, Omar Marmoush, Mohamed Salah 

Tag : #piala afrika    #mesir    #kamerun    #mohamed salah    #vincent aboubakar   

Baca Juga