Ilustrasi rem tangan mobil (Dok: GridOto)

Tips Mudah Merawat Rem Tangan Mobil Agar Tetap Awet

Dimas | Otomotif | 30-07-2022

PARBOABOA - Rem parkir atau handbrake mobil merupakan salah satu bagian penting yang harus selalu diperhatikan oleh para pemilik mobil. Sebab, rem tangan sangat berguna dalam menahan posisi mobil saat berhenti agar tidak mudah bergerak akibat dorongan atau gravitasi ketika berada di lokasi yang tidak rata.

Seiring penggunaanya, pemilik mobil perlu memperhatikan kondisi handbrake agar kondisinya tetap prima saat digunakan. Meski tidak butuh perawatan rumit, bukan berarti rem tangan ini bisa diabaikan.

Tips Merawat Rem Tangan Mobil

1. Hindari Menggunakan Rem Tangan Terlalu Lama

Cara mudah merawat rem tangan yang pertama adalah hindari menggunakan rem tangan yang terlalu lama. Ketika para pemilik mobil hendak memarkirkan mobil dalam jangka waktu berhari-hari, sebaiknya tidak mengaktifkan rem tangan.

Pasalnya, cara tersebut akan membuat minyak dan piringan merekat terlalu lama. Jika hal itu terjadi, maka rem pun akan mengalami kerusakan. Selain itu, bagian disk brake pun bisa memengaruhi rem karena selalu berada di lingkungan yang lembap.

2. Cek Minyak Rem

Minyak rem merupakan hal lain yang patut diperhatikan dalam merawat rem tangan mobil. Anda bisa melihatnya dari indikator lampu rem. Jika menyala, periksa minyak rem sesegera mungkin, agar fungsinya berjalan dengan maksimal ketika akan digunakan.

Sebagai tambahan, jangan sampai terlambat ketika akan melakukan transisi pergantian rem. Jika ini terus terjadi, maka akan berbahaya bagi fungsi rem tangan yang tidak bisa bekerja dengan maksimal.

3. Lakukan Servis

Setiap komponen pada kendaraan membutuhkan perawatan, begitupun dengan rem tangan. Jadi pada saat melakukan servis berkala pada mobil bisa dibarengi dengan mengecek dan merawat rem tangan mobil atau rem parkir.

Rem tangan pun punya kampas rem yang wajib dibersihkan dari debu dan kerak. Jika sudah waktunya dan sudah habis, maka bagian kampas pada rem tangan juga wajib untuk diganti.

Servis berkala pada rem tangan pun meliputi membersihkan debu pada bagian cakram ketika mobil sudah menempuh jarak dari 1000 – 2000 km.

Selain itu, ketika jika Anda mendengar adanya suara yang tinggi ketika menaikkan tuas rem tangan, maka hal tersebut bisa menjadi pertanda gesekan pelat. Apabila  ini sudah terjadi, jangan lupa konsultasikan dengan mekanik atau montir di bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah seputar informasi mengenai tips mudah merawat rem tangan mobil. Bagi Anda para pemilik mobil, cara diatas bisa Anda jadikan referensi guna menjaga kondisi rem tangan tetap optimal dan awet. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #rem mobil    #otomotif    #rem tangan    #komponen mobil   

Baca Juga