Teknik Menginjak Pedal Gas Saat Kondisi Jalan Macet di Tanjakan (Foto: Dok PT Toyota Astra Motor)

Mengetahui Teknik Menginjak Pedal Gas Saat Kondisi Jalan Macet di Tanjakan

Sondang | Otomotif | 05-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Arus balik Lebaran 2022 telah dimulai. Hal itu tentu akan menyebabkan lalu lintas menjadi padat sehingga mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan arteri maupun tol.

Apalagi jika kamu menggunakan mobil manual yang jelas-jelas membutuhkan keahlian dan kesabaran ekstra. Kuncinya jangan panik dulu. Nah, berikut ini cara menyetir mobil manual supaya tidak mundur saat macet di tanjakan.

Praktisi keselamatan berkendara dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, gunakan rem tangan saat mobil berhenti di tanjakan.

"Jadi ketika di tanjakan, parking brake on, mobilnya akan bergerak merayap, gas dan kopling diselip dulu tuh, setelah dirasa mobilnya agak maju, baru parking brakenya diturunkan," jelas Sony.

Lebih jelasnya, kamu harus mengaktifkan tuas rem tangan. Lalu posisikan kaki kiri di pedal kopling dengan menginjak penuh. Ketika lalu lintas mulai bergerak, geser tuas transmisi ke gigi satu. Kemudian letakkan kaki kanan di pedal gas dan tangan kiri bersiap melepas rem tangan.

Setelah itu, pengemudi akan melakukan tiga hal secara bersamaan, yakni kaki kanan menginjak pedal gas, dan kaki kiri perlahan membuka pedal kopling, ketika perlahan jalan, tekan tuas lock pada tuas rem dan secara perlahan turunkan rem tangan. Cara ini memang membutuhkan latihan hingga dapat menemukan feel yang tepat.

Cara lain bagi pengemudi yang sudah mahir biasanya akan menggunakan pedal rem untuk menahan posisi mobil tetap diam saat tanjakan. Teknik ini dilakukan jika kemacetan tanjakan cuma sebentar dan tidak terlalu tinggi.

Dalam laman Auto2000 dan Wuling Indonesia disebutkan, cara ini membutuhkan kombinasi antara rem kaki, gas dan kopling dengan menyesuaikan putaran mesin.

Saat mobil berhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri, sementara kaki kanan berada di pedal rem. Ketika hendak berjalan, kaki kiri tetap berada di pedal kopling.

Selanjutnya, pindahkan kaki kanan ke pedal gas dengan cepat menekannya hingga ke 2000 rpm sembari melepas kopling secara perlahan. Perlu dipahami saat pedal rem dilepas ada risiko mobil mundur.

Nah, itulah dua teknik menginjak pedal gas saat kondisi jalan macet di tanjakan. Kamu suka teknik yang mana nih?

Tag : #arus balik    #macet    #otomotif    #sdci    #   

Baca Juga