Contoh gerakan semaphore (Dok: belajarsampaimati.com)

Mengenal Semaphore: Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Gerakannya

Dimas | Pendidikan | 09-08-2022

PARBOABOA – Pernahkah Kamu ikut kegiatan pramuka? Kalau pernah, tentu Kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah semaphore.  Memang, ilmu yang satu ini sering di ajarkan ketika Kamu mengikuti kegiatan pramuka

Pengertian Semaphore

Semaphore sendiri merupakan metode untuk mengirim sinyal atau pesan dengan menggunakan tangan kosong atau alat-alat seperti bendera atau batang kayu. Metode ini dilakukan dengan cara mengulurkan kedua tangan dan menggerakkannya sesuai dengan gerakan yang telah ditentukan.

Sejarah Semaphore

Tahukah kanu siapa penemu sandi Semaphore? Sandi ini awalnya diciptakan oleh Claude Chappe asal Perancis bersama saudara laki-lakinya yang bernama Abraham pada tahun 1790 atau bertepatan dengan Revolusi Perancis. Oleh karena itu, keduanya pun mencari bagaimana cara menyampaikan pesan rahasia.

Akhirnya, Chappe bersaudara memanfaatkan serangkaian menara sebagai media untuk menyampaikan pesan. Di masing masing Menara tersebut dipasangkan semacam lengan dari kayu dan digerakkan oleh satu orang yang disebut dengan operator.

Dengan cara tertentu, sandi semaphore atau pesan itu kemudian di terjemahkan oleh penerima yang berada di menara lain yang melihat dengan teleskop. Begitu seterusnya hingga pesan sampai kepada penerima terakhir.

Teknik yang dicipatakan Chape bersaudara tersebut kemudian menjadi sistem telekomunikasi praktis pertama yang digunakan hingga pertengahan abad ke-19 sampai akhirnya digantikan oleh telegraf.

Manfaat Semaphore

Semaphore memiliki manfaat sebagai salah satu cara untuk melakukan komunikasi dari jarak yang cukup jauh. Metode ini adalah salah satu materi yang siajarakan dan wajib di hapalkan oleh seluruh anggota pramuka.

Tujuannya adalah agar anggota pramuka dapat berkomunikasi dari jarak yang jauh, meski sedang berada di daerah yang sulit mengakses sinyal telepon, seperti di gunung atau daerah terpencil.

Semaphore juga sering di pakai untuk kepentingan komunikaasi militer. Sama halnya seperti metode di pramuka, militer juga menggunakan sandi semaphore sebagai alat komunikasi jarak jauh ketika para tentara sedang berada di lokasi yang susah sinyal.

Dalam dunia militer, awalnya metode ini digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia agar tidak diketahui oleh musuh. Namun, seiring perkembangan zaman, sandi semaphore tak lagi efektif untuk dijadikan alat untuk menyampaikan pesan rahasia.

Gerakan Semaphore

Seperti dijelaskan diatas, untuk mengrimkan sandi semaphore Kamu harus melakukan sejumlah gerakan tertentu yang melambangkan huruf, angka atau isyarat tertentu. Namun, terdapat aturan baku dalam mengirim pesan dengan metode ini yang harus Kamu ketahui, diantaranya:

1. Pengirim berita harus terlebih dahulu menggunakan huruf U-R berulang-ulang sebagai tanda bahwa pesan akan segera dikirim.

2. Selanjutnya,penerima sandi semaphore akan mengirimkan symbol huruf K sebagai tanda bahwa ia siap menerima pesan. Namun, jika belum siap maka bisa mengirim huruf Q.

3. Apabila penerima telah siap, maka pengirim akan mengirimkan huruf satu per satu. Untuk memisahkan kata posisi bendera dipegang bersilang di bawah.

4. Jika ada kesalahan dalam mengirimkan sandi semaphore, kirim huruf E sebanyak 8 kali.

5. Jika pesan sudah diterima dengan baik, maka penerima pesan mengirim huruf C sebanyak 8 kali. Selain itu, jika pengirim berita mengirim huruf I-M-I dirangkai , artinya penerima meminta kata terakhir untuk di ulangi.

6. terakhir, untuk mengirimkan angka, diawali dengan tanda angka yakni dengan cara menyilangkan bendera semaphore di atas kepala atau posisi bendera 4-5

Nah, itulah informasi seputar pengertian, sejarah, manfaat dan gerakan sandi semaphore yang wajib Kamu ketahui sebagai anggota pramuka. Sebab, cara ini sangat berguna saat Kamu ingin mengirimkan pesan dari jarak yang cukup jauh. Semoga bermanfaat!

Tag : #pramuka    #semaphore    #pendidikan    #sandi semaphore    #militer   

Baca Juga