Perbedaan Paralimpiade dengan Olimpiade (Foto: Tokopedia.com)

Mengenal Perbedaan Paralimpiade dengan Olimpiade

Patrick | Pendidikan | 26-09-2022

PARBOABOA - Olimpiade dan Paralimpiade merupakan dua acara olahraga terbesar yang pernah diselenggarakan di seluruh dunia. Karena hal tersebut banyak sekali orang yang sulit membedakan dan menyoroti perbedaan antara keduanya.

Pengertian Paramlipiade

Sebuah ajang kompetisi olahraga internasional untuk atlet penyandang disabilitas merupakan sebutan dari apa itu paralimpiade.

Pada kegiatan ini banyak sekali cabang olahraga yang dipertandingkan seperti panahan, sepeda, renang dan lain-lain. Namun peralatan olahraga yang digunakan atlet telah dimodifikasi untuk disabilitas tertentu.

Atlet Paramlipiade bertanding dalam enam kelompok disabilitas seperti amputasi, lumbuh otak, gangguan penglihatan, cidera tulang belakang, disabilitas intelektual, dan lainnya.

Dalam kelompok tersebut, akan dipisahkan lagi kedalam kelas-kelas berdasarkan jenis dan tingkat disabilitasnya.

Asal Mula Paramlipiade

Asal mula paralimpiade ini pada awalnya adalah kompetisi olahraga yang digagas oleh seorang tokoh dari Jerman yang bernama Dr. Ludwig Guttman. Beliau diminta membantu dalam proses pemulihan para veteran.

Dr. Ludwig pertama kali menyelenggarakan kompetisi pada 29 Juli 1948 bernama Stoke Mandeville Games bagi para atlet yang menggunakan kursi roda.

Pada tahun 1960 namanya berubah menjadi Paralympic Games atau paralimpiade dengan pertandingan pertamanya yang diselenggarakan di Roma, Italia yang diikuti 400 atlet dari 23 negara. Sejak saat itu acara tersebut digelar setiap empat tahun sekali.

Pengertian Olimpiade

Olimpiade adalah ajang olahraga Internasional yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali yang mempertandingkan cabang-cabang olahraga musim panas dan musim dingin serta diikuti oleh ribuan atlet yang berkompetisi dalam berbagai pertandingan olahraga.

Lebih dari 200 negara yang berpartisipasi membuat, kompetisi ini sebagai kompetisi olahraga terbesar dan terkemuka di dunia.

Asal Mula Olimpiade

Olimpiade pada awalnya identik dengan cabang atletik yang sudah dipertandingkan pada masa Yunani Kuno sejak hampir 3000 tahun lalu.

Moto Olimpiade Internasional diperkenalkan oleh bapak olimpiade Pierre de Coubertin menjelang persiapan penyelenggaraan Olimpiade pertama pada akhir abad XIX yang berisikan citius, altius dan fortius yang artinya lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat.

Kemudian pada abad ke-20 dan ke-21 Komite Olimpiade Internasional membuat beberapa perubahan pada penyelenggaraan Olimpiade.

Mereka melakukan beberapa penyesuaian antara lain penciptaan olimpiade musim dingin untuk olahraga es dan salju, paramlipiade untuk atlet dengan kekurangan fisik dan olimpiade remaja untuk atlet remaja.

Dalam perkembangannya, olimpiade telah menghadapi berbagai tantangan seperti pemboikotan, penggunaan obat-obatan, penyuapan dan terorisme. Kompetisi ini juga merupakan kesempatan besar bagi kota dan negara tuan rumah untuk menampilkan diri pada dunia.

Perbedaan Paralimpiade dengan Olimpiade

Dasar Perbedaan Paralimpiade dengan Olimpiade adalah pada peserta yang mengikuti olimpiade merupakan orang yang berbadan mampu artinya tidak memiliki keterbatasan fisik. Sementara pada paralimpiade dipengaruhi oleh beberapa bentuk cacat fisik dan intelektual.

Sebuah fakta mengatakan bahwa Paralympic pada awalnya dimulai sebagai cara untuk membantu tentara yang terluka dalam perang dunia II. Permainan dimulai sebagai cara bagi para veteran untuk berolahraga.

Kemudian permainan ini berkembang menjadi olahraga rekreasi, kemudian menjadi kompetisi persahabatan sebelum akhirnya berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Perbedaan lainnya adalah Olimpiade diawassi oleh Komite Olimpiade Internasional, sedangkan paramlipiade diawasi oleh Komite Paralimpik Internasional.

Terdapat juga perbedaan olahraga yang dimainkan dalam sebuah pertandingan, serta anggota daerah yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu olimpiade dengan paramlipiade. Pada dasarnya kedua kompetisi ini merupakan kompetisi olahraga namun yang membedakannya adalah pada peserta dan dewan pengawasnya dan beberapa jenis olahraganya.

Tag : #olimpiade    #paralimpiade    #pendidikan    #kompetisi    #internasional    #disabilitas    #olahraga internasional   

Baca Juga