Ilustrasi VGA (Foto: cryptovod.ru via dafunda.com)

Mengenal Apa Itu VGA dan Cara Kerjanya

Patrick | Teknologi | 05-09-2022

PARBOABOA - Salah satu komponen perangkat keras komputer yang wajib dimiliki adalah VGA. Komponen ini menentukana seberapa bagus dan mendetail suatu grafik atau visual yang akan ditampilkan pada layar monitor di PC atau Laptop.

Pengertian VGA

VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array, merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki peran pemrosesan informasi grafis pada komputer, laptop atau PC yang akan ditampilkan ke layar.

Perangkat keras ini akan meningkatkan tampilan yang lebih baik dan tajam pada monitor. VGA berfungsi untuk menerjemahkan output dari PC dan gadget lainnya ke monitor.

Biasanya pada komputer atau laptop sudah terpasang dengan apa itu VGA. Namun ada juga beberapa yang perlu dihubungkan dengan connector.

Fungsi VGA

Fungsi dari perangkat keras ini adalah memproduksi dan menampilkan gambar pada display monitor. Pada komputer jenis lama, perangkat keras ini sangat dibutuhkan. Namun pada komputer atau laptop dengan spesifikasi terbaru, fungsi VGA ini dianggap tidak penting karena sudah ada motherboard.

Selain meningkatkan tampilan grafis pada monitor, berikut ini adalah fungsi VGA yang penting untuk diketahui:

1. Digunakan untuk mengirimkan serta menerjemahkan output dari komputer ke monitor.

2. Menampilkan tampilan grafis pada layar monitor, dengan cara mengubah sinyal digital.

3. Menjadi tempat untuk menyimpan data dari hardisk.

4. Untuk memberikan data ke prosesor yang akan diproses.

5. Berfungsi untuk mengoptimalkan tampilan pada saat bermain game, drawing, atau menggambar grafik desain.

Dengan memiliki VGA card yang berkapasitas besar akan membuat fungsi tersebut lebih optimal. VGA card berisi mekanisme pendinginan, unit pemrosesan, koneksi ke perangkat tampilan, dan memorinya sendiri.

Cara Kerja VGA

VGA card adalah jenis kartu yang dapat meningkatkan kualitas grafik yang dibuat dan diperlukan untuk membuat grafik 3D secara akurat. Kartu ini biasa juga disebut dengan kartu grafis.

Selain itu juga dapat merujuk pada konektor VGA 15-pin yang masih banyak digunakan untuk mengirimkan sinyal ke video analog di monitor.

Pada sebuah PC terdapat 3 komponen yang sangat penting dalam hal performa grafis, komponen tersebut adalah prosesor, memori, dan VGA.

Cara kerja VGA laptop dan VGA komputer adalah menghasilkan visual dari komputer dan perangkat keras kemudian memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan output visual yang dapat dilihat.

Jenis-jenis VGA

VGA Onboard

Komponen ini merupakan unit pemrosesan yang sudah terintegrasi dengan motherboard, sehingga tidak memerlukan kartu lagi. Keberadaan chipset ini tidak dapat diperbaiki karena Onboard bisa di atur menjadi tidak aktif jika pengguna memasang kartu yang diinginkannya pada komputer atau PC.

Resolusi layar 640 x 480 piksel dengan warna 8 bit membutuhkan frame buffer sebesar 300 KB, sedangkan layar dengan resolusi 1024 x 768 piksel dengan warna 24-bit membutuhkan memori sebesar 2,25 MB.

VGA Card

Komponen ini menggantikan posisi Onboard sebagai VGA karena dianggap lebih baik dibandingkan dengan sistem yang menggunakan UMA (Unified Memory  Architecture).

Jika di masa lalu kartu grafis 8-bit dengan memori 512 KB yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 sudah cukup, sekarang tidak. Persyaratan minimum untuk komputer multimedia adalah kartu grafis 64-bit dengan memori 1 MB.

Tag : #vga    #chipset    #teknologi    #komputer    #pc    #laptop    #grafis    #gambar    #spesifikasi    #desain    #game    #drawing    #teknik   

Baca Juga