Ilustrasi Memanaskan Mobil (Foto: Shutterstock)

Mengapa Harus Memanaskan Mobil? Berikut Penjelasannya

Juni | Otomotif | 28-09-2022

PARBOABOA – Memanaskan mobil menjadi rutinitas yang sudah seharusnya dilakukan para pemilik mobil. Aktivitas memanaskan mobil bisa dilakukan dengan durasi yang tidak lama.

Untuk mobil keluaran terbaru yang dilengkapi dnegan teknologi injeksi, memanaskan mobil dapat dilakukan dalam waktu kurang lebih 5 menit. Namun bagi pemilik kendaraan tua yang belum menggunakan teknologi injeksi, memanaskan mobil bisa dilakukan selama 5-10 menit.

Lantas, sebenarnya apa manfaat memanaskan mobil secara rutin? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Menghindari Aki Soak

Mobil yang dipanaskan secara rutin membuat aki terus bekerja dan menyalurkan tegangan listrik secara terus menerus. Sehingga, tegangan dan voltase pada aki mobil tetap terjaga.

2. Menjaga Oli dan Bahan Bakar Mengendap

Memanaskan mobil juga bertujuan untuk menjaga sirkulasi oli dan bahan bakar agar tidak mengendap. Kondisi tersebut dapat disebabkan karena mesin tetap mati dan tidak adanya tekanan yang dilakukan mobil. Sehingga oli dan bahan bakar tidak bisa mengalir.

Endapan oli dan bahan bakar ini dikhawatirkan akan menghambat pelumasan mesin dan penyaluran bahan bakar.

3. Mencegah Karat pada Tangki Bahan Bakar

Saat mobil tidak dipanaskan dalam waktu yang lama, maka udara dalam tangki bahan bakar akan tertahan dan dikhawatirkan mendatangkan karat. Tak hanya pada tangki, karat juga bisa merambah ke pelampung hingga indikator penunjuk bahan bakar.

Demikian penjelasan tentang manfaat memanaskan mobil yang perlu diketahui. Namun perlu diingat, memanaskan mobil tidak perlu berlama-lama karena akan membuat mesin overheat dan boros bahan bakar.

Tag : #mobil    #memanaskan mobil    #otomotif    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga