Ilustrasi mobil transmisi otomatis atau matik (Dok: cnnindonesia.com)

Ingin Membeli Mobil Matik Bekas? Periksa Beberapa Bagian Ini Agar Tidak Rugi

Dimas | Otomotif | 20-07-2022

PARBOABOA – Penggunaan mobil bertransmisi otomatis atau matik, kian diminati masyarakat lantaran lebih praktis dan mudah untuk dioperasikan. Dengan tingginya peminat, tak heran jika banyak masyarakat kini mulai membeli mobil matik dalam kondisi baru maupun bekas.

Menyoroti pembelian mobil matik bekas, para masyarakat harus berhati-hati dalam membeli mobil matik dalam kondisi bekas. Pasalnya, jika unit yang hendak dibeli memiliki riwayat pemakaian dan perawatan yang kurang baik, maka kemungkinan transmisi pada mobil tidak lagi bagus.

Seperti diketahui, apabila konsumen membeli mobil matik bekas dengan kondisi trasmisi yang tidak bagus, maka harga perbaikan atau perawatan diketahui bisa dua kali lipat lebih mahal dari harga pembelian mobil itu sendiri.

Maka dari itu, Parboaboa akan memberikan beberapa poin penting yang wajib diperiksa para konsumen sebelum membeli mobil matik bekas, diantaranya

1. Periksa Kondisi Oli

Kondisi oli bisa menjadi salah satu tanda yang bisa digunakan untuk memastikan bagus atau tidaknya kondisi transmisi mobil matik.

Apabila oli berwarna hitam pekat, kemungkinan ada indikasi telat ganti oli atau terjadi kerusakan pada transmisi matik. Selain itu, periksa juga ketinggian oli apakah sesuai dengan spesifikasi.

2. Periksa Kebocoran

Kemungkinan terjadinya overhaul pada transmisi matik bisa dilihat dari adanya rembesan oli di beberapa titik. Jika para konsumen menemukan rembesan pelumas pada bodi transmisi matik, maka ada bagian yang mengalami kebocaran.

Apabila kebocoran telah terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka mobil dipastikan akan mengalami kerusakan fatal.

3. Periksa Lampu Indikator

Sebelum membeli mobil matik bekas, para konsumen pastinya wajib melakukan test drive. Disaat itulah para konsumen bisa memastikan tak ada lampu indikator check engine yang menyala.

 Pengecekan bisa juga dilakukan dengan menghidupkan mesin, dan menggeser tuas trasmisi ke semua posisi.

4. Periksa Mesin Mobil

Selain lampu indikator, para konsumen bisa juga mengecek kondisi mesin saat melakukan test drive. Caranya, bisa dengan mendengar suara raungan dan merasakan getaran ketika pedal gas ditekan.

Jika suara mesin terdengar halus dan stabil, maka bisa dipastikan mesin dalam keadaan normal dan sehat.

Selain itu, saat melakukan test drive, para konsumen juga bisa merasakan semua sektor dari mobil bekas yang akan dibeli, seperti mesin, transmisi dan kaki-kaki.

Demikianlah seputar informasi yang bisa Parboaboa berikan mengenai tips membeli mobil matik bekas. Apabila Anda berminat dengan mobil matik bekas, beberapa tips diatas bisa Anda coba terlebih dahulu sebelum membeli mobil bekas. Semoga membantu!

Tag : #mobil    #mobil matik    #otomotif    #oli mobil    #mesin mobil    #overhaul   

Baca Juga