Aksi unjuk rasa Forum eks Buruh komplek Megaland Pematang Siantar (Foto: Parboaboa/Michael)

Megaland Utang Ratusan Juta Uang Pesangon

Patrick | Daerah | 28-09-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar - Delapan orang eks buruh komplek Megaland Pematang Siantar belum menerima haknya hingga sekarang. Uang pesangon yang dijanjikan perusahaan tidak kunjung dibayarkan walau kasusnya sudah inkrah di Pengadilan Negeri (PN) Medan dan menang banding di Mahkamah Agung (MA).

Perwakilan Forum eks Buruh Komplek Megaland Pematang Siantar, Nur Saydah Siregar mengatakan, ada delapan orang yang tidak lagi bekerja namun uang pesangon belum dibayarkan, di mana nilai keseluruhan sebesar Rp590 juta. 

“Kami menuntut hak-hak kami yang belum dibayarkan Abriani Jafar selaku penanggung jawab,” ucap Nur, saat melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor pemasaran Komplek Megaland Pematang Siantar, Rabu, (28/09).

Nur mengatakan, delapan orang eks buruh Megaland rata-rata bekerja di atas 10 tahun, yakni ada yang 11 tahun bahkan 16 tahun. Perusahaan sudah berjanji akan membayarkan pesangonnya, namun tidak kunjung terealisasi.

“Kami akan terus datang sampai hak-hak kami dibayarkan oleh ibu Abdirani Jafar, jangan sembunyi terus bu,” harap Nur. 

Kuasa Hukum eks Forum Buruh Megaland, Helmida Pakpakhan mengatakan, kasus ini sudah banding dan menang di PN Medan dengan nomor putusan 256/Pdt.Sus/2019/Pd Mdn, juncto (jo) Mahkama Agung RI dalam putusan No : 12 K/Pdt.Sus-PHI/2021.

“Kasus ini sudah kami lakukan banding dan menang, PN dan MA telah menjatuhkan hukuman kepada Abdriani Jafar untuk membayar hak-hak pesangon tersebut,” ucap Helmida.

Tim Parboaboa mencoba melakukan konfirmasi dengan pihak manajemen Megaland, namun salah satu petugas keamanan, Sihombing yang bertugas di kantor pemasaran komplek mengatakan jika penanggung jawab perusahaan Abdriani Jafar tidak berada di kantor.

“Saya tidak tahu, saya dari pagi sudah berada di sini namun tidak melihat ibu itu datang ke kantor,” ucap Sihombing.

Tag : #demo    #aksi unjuk rasa    #pematang siantar    #megaland pematang siantar    #pesangon    #buruh pematang siantar   

Baca Juga