Ilustrasi Pramuka (Foto:tribunnews.com)

Materi Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak

Patrick | Pendidikan | 13-08-2022

PARBOABOA - Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pada dasarnya Pramuka merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia.

Tujuan Pramuka pada dasarnya untuk melatih generasi muda agar memaksilkan setiap potensi yang terdapat dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.

Pramuka memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Untuk mengambil suatu tingkatan tertentu harus melewati terlebih dahulu SKU (Syarat Kecakapan Umum) kemudian TKU (Tanda Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Untuk melewati syarat-syarat tadi maka setiap anggota Pramuka wajib mempelajari materi Pramuka yang berbeda disetiap tingkatannya.

Dalam gerakan Pramuka terdapat berbagai tindakan mulai dari Siaga sampai ke Penegak. Kali ini kita akan membahas tentang tingkatan gerakan Pramuka beserta dengan materi Pramuka yang diberikan.

Tingkatan dalam Gerakan Pramuka

Pramuka Siaga, pada tingkatan ini usia anggotanya dibatasi antara 7 sampai dengan 10 tahun. Logo dari tingkatan ini didominasi dengan warna hijau daun dan dibalut dengan warna coklat khas Pramuka. Biasa anggota Pramuka Siaga adalah anak kelas 1 sampai kelas 3 SD.

Pada tingkatan ini, anggota Pramuka memiliki satuan kecil yang disebut dengan Barung. Setiap Barung terdiri dari 6 sampai 10 orang dan dipimpin oleh pemimpin Barung yang disebut dengan Pinrung. Materi Pramuka Siaga digunakan untuk mencapai tingkatan dalam tingkatan ini sebagai dasar anggota Pramuka Siaga belajar.

Gerakan pada tingkatan ini dibagi lagi dalam beberapa tingkatan berdasarkan SKU yaitu, Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga tata. Berikut penjelasan Materi Pramuka Siaga:

  1. Pengembangan Spiritual
  2. Pengembangan Emosional
  3. Pembangunan Sosial
  4. Pengembangan Intelektual
  5. Pengembangan Fisik

Pramuka Penggalang, pada tingkatan ini usia anggotanya antara 10 sampai 15 tahun. Nama Penggalang diinspirasi oleh Sumpah Pemuda yang dimana pada saat itu para pemuda Indonesia sedang menggalang kekuatan dan kesadaran berbangsa. Sama seperti Pramuka Siaga, dibutuhkan materi Pramuka Penggalang untuk melewati syarat-syarat untuk mencapai tingkatan dalam Pramuka Penggalang.

Pramuka Penggalang juga punya SKU dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Logo Pramuka Penggalang didominasi dengan warna merah menyala, yang dibalut dengan warna coklat Pramuka. Adapun materi yang digunakan dalam mencapai tingkatan dalam gerakan Pramuka Penggalang adalah sebagai berikut:

  1. Health (Kesehatan)
  2. Happines (Kegembiraan)
  3. Helpfulness (Tolong Menolong)
  4. Handicarft (Karya Tangan)

Pramuka Penegak, untuk menjadi anggota Pramuka Penegak harus berusia 16 sampai 20 tahun. Di dalam Pramuka Penegak terdapat satuan yang dinamakan Sanga dimana anggotanya terdiri dari 6 sampai 10 orang. Pada simbol Pramuka Penegak, didominasi oleh warna kuning terang, yang kemudian dilapisi dengan warna coklat khas warna Pramuka. Sama seperti Pramuka Penggalang, Materi Pramuka Penegak juga diperlukan demi melewati syarat-syarat seperti SKU, TKU, dan SKK.

Gerakan Pramuka Penggalang dan gerakan Pramuka Penegak memiliki materi yang sama. Namun yang membedakannya pada materi Pramuka Penegak, semua materi yang dipelajari dari Pramuka Penggalang lebih dimantapkan di Pramuka Penegak. Dan juga materi dalam kegiatan Pramuka Penegak mendidik anggotanya untuk mengembangkan personalnya.

Beberapa pengembangan personal tersebut antaralain sebagai berikut yaitu memperluas minat, mengembangkan potensi, dan memberikan kesempatan untuk membentuk karakter.

Demikian lah penjelasan mengenai tingkatan pada Gerakan Pramuka, semoga bermanfaat dan mendapatkan insight positif. Semoga bermanfaat.

Tag : #materi pramuka    #pramuka    #pendidikan    #pramuka siaga    #pramuka penggalang    #pramuka penegak   

Baca Juga