Bill dan istrinya, Hillary Clinton.

Mantan Presiden ke-42 AS Bill Clinton Dilarikan ke Rumah Sakit karena Infeksi Sepsis

Maraden | Internasional | 15-10-2021

PARBOABOA, Washington – Mantan presiden ke-42 Amerika Serikat (AS) William Jefferson Clinton atau Bill Clinton dikabarkan tengah dirawat di rumah sakit (RS) pada Kamis, Waktu setempat. Dia menderita infeksi yang tidak terkait dengan Covid-19. Kondisinya kini masih dipantau secara ketat oleh para dokter.

"Pada Selasa malam, Presiden Clinton dirawat di UCI Medical Center untuk menerima perawatan untuk infeksi yang tidak terkait dengan Covid," kata juru bicara keluarga Clinton, Angel Urena, Kamis malam, atau Jumat WIB (15/10/2021).

Angel mengatkan kondisi Clinton masih bisa merespon dengan baik. Clinton sedang dalam pemulihan dan masih dalam semangat yang baik, dan sangat berterima kasih kepada para dokter, perawat dan staf yang memberinya perawatan yang sangat baik.

Clinton yang kini berusia kini berusia 75 tahun, dilarikan ke University of California Irvine (UCI) Medical Center di Orange, California, pada Selasa malam waktu setempat. Menurut dokter yang merawat, sakitnya Clinton dimulai dari infeksi saluran kemih. Dia didiagnosis dengan sepsis atau infeksi aliran darah.

Dokter Alpesh Amin dan Lisa Bardack, menyatakan, Clinton dirawat di rumah sakit untuk dipantau dengan ketat. Ia juga diberikan antibiotik dan cairan IV.

“Setelah dua hari perawatan, jumlah sel darah putihnya cenderung turun dan dia merespons antibiotik dengan baik. Tim medis yang berbasis di California terus berkomunikasi dengan tim medis Presiden yang berbasis di New York, termasuk ahli jantungnya. Kami berharap dia dapat segera pulang," kata para dokter. 

Clinton, adalah presiden dari Partai Demokrat pada 1993-2001. Dia sebelumnya memiliki sejumlah  riwayat medis dan beberapa kali dirawat di rumah sakit, termasuk melakukan operasi jantung pada 2004 dan 2011. CNN melaporkan bahwa Clinton saat ini dirawat bukan karena masalah jantungnya, tetpi karena keluhan lain, yakni infeksi pada sistem kekebalan tubuhnya.

CNN juga melaporkan bahwa Bill Clinton dirawat di unit perawatan intensif atau ICU untuk memberinya privasi yang akan mendorong perceptan pemulihan dan kesembuhan Clinton. Di rumah sakit, Clinton tidak diharuskan menggunakan mesin pernapasan, menurut dokter yang merawat di University of California Irvine Medical Center, California, Amerika Serikat.

Tag : internasional, bill clinton, mantan presiden as, amerika serikat

Berita Terkait