Ilustrasi Toleransi di Indonesia (Dok.Media Indonesia)

Manfaat Toleransi Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Mei | Pendidikan | 03-06-2022

PARBOABOA - Toleransi merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, mengingat Negara kita merupakan Negara yang kaya akan budaya, suku, ras, dan juga agama.

Tanpa adanya sebuah toleransi, mungkin kehidupan dalam bermasyarakat ini akan dipenuhi dengan konflik, pertikaian, dan juga pembeda-bedaan dalam suatu golongan tertentu.

Kalian sudah bisa membayangkan dong, seberapa pentingnya sebuah toleransi dalam menjalani hidup.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai toleransi dalam kehidupan. Yuk simak.

Pengertian Toleransi

Pada dasarnya, toleransi berasal dari bahasa Latin, 'tolerare' yang  dapat diartikan sebagai sabar dan jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti toleransi adalah sebuah sikap menghargai pendapat orang.

Sedangkan toleransi dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah “tasamuh” yang memiliki makna sebagai sikap untuk menghargai dan menghormati perbedaan antar sesama manusia.

Berikut ini beberapa arti toleransi menurut pendapat beberapa ahli.

1. Michael Walzer

Menurut Michael Walzer, “Toleransi adalah suatu keadaan yang harus ada dalam diri individu atau masyarakat untuk memenuhi tujuan yang ada di dalamnya. tujuan untuk hidup damai di tengah perbedaan yang ada, baik perbedaan sejarah, identitas, maupun budaya”.

2. Friedrich Heiler

Friedrich Heiler mengartikan “Toleransi dengan cakupan yang lebih terfokus pada bidang agama saja. Menurutnya, toleransi adalah sikap yang mengakui bahwa banyak agama yang ada di masyarakat adalah sesuatu yang tidak bisa dimungkiri. Dengan demikian setiap pemeluk agama harus mendapatkan perlakuan yang sama dalam masyarakat”.

3. Max Isaac Dimont

Toleransi menurut Max Isaac Dimont, “Toleransi adalah sikap saling menghargai tindakan orang lain yang berbeda-beda. Dengan adanya sikap menghargai, perdamaian akan tercipta selama tidak ada tindakan yang keluar dari batasan norma di masyarakat”.

Nah, berdasarkan beberapa pendapat ahli diatas, dapat kita simpulkan bahwa toleransi adalah sebuah sikap menghargai  dalam perbedaan yang ada di dalam masyarakat.

Manfaat Toleransi

1. Menjaga keharmonisan masyarakat

Manfaat toleransi yang pertama adalah toleransi dapat membentuk serta menjaga hubungan antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya.

Selain itu toleransi akan menciptakan sebuah kenyaman dan juga kententraman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

2. Mencegah perpecahan

Manfaat toleransi yang berikutnya adalah dapat meminimalisir perpecahan dalam suatu kelompok masyarakat yang dapat berujung kepada tindakan kekerasan serta kericuhan yang dapat merugikan.

3. Menyatukan perbedaan

Nah, manfaat toleransi yang berikutnya adalah dapat membantu menyatukan sebuah perbedaan yang ada. Hal ini tentu akan menciptakan sebuah kerukunan dalam menjalani kehidupan.

4. perdamaian

Manfaat toleransi yang berikutnya adalah, toleransi mampu menciptakan sebuah kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat. Hal disebabkan karena jika kita hidup dalam lingkungan yang damai, maka kita juga akan terhindar dari konflik yang dapat menyebabkan kericuhan.

Contoh Toleransi

Berikut ini beberapa contoh toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

1. Contoh toleransi yang pertama adalah menjalin pertemanan serta bergaul dengan siapa saja tanpa harus memandang ras, suku, bangsa, hingga kepercayaa.

2. Bentuk toleransi yang kedua adalah adalah memberikan kesempatan kepada teman yang berbeda keyakinan untuk menjalankan ibadahnya dengan tenang.

3. Contoh toleransi yang berikutnya adalah tidak mengejek budaya dan adat istiadat dari orang lain, serta mampu mengapresiasi perbedaan kebudayaan tersebut dengan jalur toleransi.

4. Memberikan rasa aman kepada umat agama lain yang sedang beribadah. Jika kita menghormati mereka, maka mereka juga akan menghormati kita.

5. Toleransi beragama juga menjadi salah satu bentuk toleransi yang paling penting dan umum dalam menciptakan kehidupan yang aman dan damai.

Tag : #toleransi    #sosial    #pendidikan    #sosiologi    #kebudayaan   

Baca Juga