Manfaat smartwatch untuk kesehatan

Manfaat Smartwatch untuk Kesehatan

rini | Kesehatan | 30-09-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Smartwatch adalah jam tangan digital yang menawarkan banyak fitur lain selain penunjuk waktu. Smartwatch dapat dihubungkan ke telepon melalui Bluetooth atau WiFi.

Smartwatch juga dapat digunakan untuk memantau kesehatan tubuh pengguna.

Berikut lima manfaat penggunaan smart watch buat kesehatan:

1. Cek denyut jantung

Smart watch biasanya dilengkapi berbagai fitur untuk memantau kondisi tubuh dalam berbagai aktivitas. Salah satu fitur yang bermanfaat untuk kesehatan adalah heart rate monitoring atau pemantauan denyut jantung.

Walaupun smartwatch tidak secara langsung mengetahui penyakit jantung, namun smartwatch dapat membantu mendeteksi apabila terjadi gangguan irama jantung.

2. Mengukur oksigen dalam darah

Saat ini saturasi oksigen jadi salah satu elemen kesehatan yang begitu diperhatikan. Sebagian besar orang bahkan membeli oxymeter agar bisa memantau kondisi saturasi oksigen dalam darah.

Canggihnya smartwatch juga menyediakan fitur untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah.

3. Mengatur Pola Tidur

Fitur lainnya yang tersedia dalam smartwatch adalah sleep monitor yang akan mencatat pola tidur. Fitur ini dapat digunakan untuk memantau kualitas tidur penggunanya. Selain itu smartwatch juga akan memberi solusi untuk pola tidur yang baik.

4. Membantu Menghitung Jumlah Langkah Per Hari

Fitur berikutnya yang ditawarkan oleh kebanyakan smartwatch di pasaran adalah teknologi pedometer dengan fungsi sebagai pencatat langkah kaki saat berjalan kaki. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna bisa mengetahui jumlah langkah kaki yang dilakukan dalam sehari.

5. Membantu Menjaga Tingkat Stres

Fungsi smartwatch untuk sisi kesehatan selanjutnya adalah bisa menjaga tingkat stres yang dimiliki. Fitur untuk dapat memantau tingkat dan penyebab stres di dalam pikiran berdasarkan detak jantung serta tanda-tanda vital lainnya.

Memanfaatkan fungsi kesehatan tersebut, bisa mengetahui tingkat stres di dalam diri sehingga bisa menghindarinya dan menemukan hal-hal yang bisa meningkatkan semangat.

Tag : #kesehatan    #teknologi    #smartwatch    #pemantau kesehatan    #manfaat   

Baca Juga