Manfaat sikap mandiri (Dok: gitacinta.com)

Manfaat Sikap Mandiri Dalam Kehidupanmu Sehari-Hari Beserta Cirinya

Rahma | Pendidikan | 12-05-2022

PARBOABOA - Melatih sikap hidup mandiri dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pendidikan sikap mandiri pertama dimulai dari didikan orang tua dirumah.

Maka dapat dikatakan, melatih sikap hidup mandiri dapat dilakukan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik pada anak, dan memberikan anak kepercayaan untuk melakukannya.

Namun, tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan sikap mandiri? Serta apa manfaat sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari?

Untuk itu, mari cari tahu informasinya pada ulasan di bawah ini yang telah kami rangkum secara lengkap untuk kalian.

Pengertian Sikap Mandiri

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata mandiri berarti tidak mengandalkan atau bergantung pada orang lain.

Sedangkan kata  kemandirian memiliki arti suatu keadaan seseorang yang mampu berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain.

Menurut beberapa ahli sikap mandiri adalah suatu sikap individu yang diperoleh secara bertahap sesuai perkembangan pertumbuhan yang berlangsung.

Sikap mandiri ini akan membuat seseorang akan terus belajar untuk bersikap lebih mandiri dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungan sekitarnya, sehingga orang itu pada akhirnya akan mampu berfikir dan bertindak sendiri.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan sikap mandiri? Maka dapat kita simpulkan, sikap mandiri adalah suatu usaha untuk menjalani hidup dengan cara mengurangi menggunakan bantuan atau pertolongan dan berusaha menyelesaikannya sendiri.

Ciri Ciri Sikap Mandiri

Para peneliti mengetahui ciri ciri sikap mandiri melalui pengamatan terhadap kehidupan di rumah, sekolah, masyarakat serta adat istiadat.

Maka para ahli menyimpulkan, terdapat beberapa ciri ciri sikap mandiri adalah sebagaimana berikut ini.

1. Seseorang yang mandiri akan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

2. Dapat bekerja sendiri serta jarang meminta pertolongan dari orang lain.

3. Ciri ciri sikap mandiri berikutnya adalah memiliki inisiatif, ide yang banyak dan juga kreatif.

4. Selalu berusaha untuk menguasai keahlian sesuai bidang yang dikerjakannya.

5. Menghargai waktu, juga termasuk ciri ciri sikap mandiri.

6. Orang yang memiliki ciri ciri sikap mandiri, akan senang bila tidak disamakan dengan orang lain.

7. Selalu memiliki solusi untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

8. Akan merasa lebih puas dengan hasil dari usahanya sendiri dari hasil bantuan orang lain.

9. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

10. Dapat mengurus masalah pribadi sendiri tanpa campur tangan orang lain.

Manfaat Sikap Mandiri Dalam Kehidupanmu Sehari-Hari

Apakah kamu tahu, mengapa kita selalu dituntut untuk selalu belajar hidup mandiri? Emang apa manfaat sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari?

Pertanyaan ini sering timbul dibenak kita bukan? Sikap mandiri memang salah satu sikap yang lumayan sulit untuk dilakukan.

Dimana kita akan selalu dituntut untuk tidak terlalu bergantung dengan orang lain, baik saudara, kerabat, teman dan lainnya.

Namun, ternyata terdapat banyak sekali manfaat dari sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari loh! Panasaran apa saja itu? Mari simak pembahasannya berikut ini.

1. Percaya Diri

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, orang-orang yang terbiasa dengan sikap mandiri, lama-kelamaan akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Ia akan berani tampil ketika berada di keramaian, bahkan terkadang dia tidak akan merasa ragu untuk memberikan saran ketika menurutnya tidak sesuai.

2. Mampu Mengembangkan Diri Sendiri

Salah satu manfaat dari menerapkan sikap mandiri adalah mampu mengembangkan diri sendiri tanpa harus menunggu aksi atau bantuan dari orang lain.

Manfaat sikap mandiri dalam kehidupanmu sehari-hari dapat dirasakan ketika pengembangan potensi diri yang lama kelamaan akan mulai terasah, serta memiliki keyakinan akan kemampuan dirinya.

Sehingga dia akan lebih mudah berhasil dalam mengembangkan dirinya. Hal ini karena, ia akan selalu belajar dari setiap pengalaman yang telah dialaminya.

3. Gampang Untuk Beradaptasi

Manfaat sikap mandiri dalam kehidupanmu sehari-hari selanjutnya adalah menjadikan orang yang mandiri menjadi pribadi yang mudah bergaul.

Karena sikap mandiri telah menjadi salah satu kebiasaan, maka orang yang mandiri akan lebih mengenal dirinya sendiri. Maka ia akan tahu, bagaimana cara yang tepat untuk berbaur dengan orang lain.

4. Tidak Membebani Orang Lain

Apa manfaat sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari yang paling berguna? Ya benar sekali, jawabannya adalah dapat mengurangi beban orang lain yang ada disekitar kita.

Seseorang yang mandiri, pasti akan berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan juga menyelesaikan masalahnya, tanpa harus melibatkan orang lain.

Ia tidak suka bila hidup menjadi beban orang lain, bahkan orang yang mandiri akan berprinsip dan berusaha agar dapat mengurangi beban orang yang ada disekitarnya.

5. Pemberi Saran Terbaik

Salah satu manfaat dari menerapkan sikap mandiri adalah dapat menjadi pemberi saran yang baik bagi orang sekitarnya.

Karena, orang yang mandiri memiliki lebih banyak pengalaman dari pada orang yang suka bergantung dengan orang lain.

Selain itu, karena ia terbiasa untuk mengambil keputusan sendiri mengenai hidupnya. Maka, ia akan mudah memberi saran kepada orang lain, terutama mengenai hal yang pernah dilakukannya.

6. Tidak Mudah Stres

Bila seorang yang mandiri mengalami kegagalan akibat keputusan yang telah dia ambil sendiri, maka dia tidak mudah frustasi.

Dia akan mencoba memikirkan langkah baru untuk menggapai tujuannya tersebut. Karena faktanya, orang yang mandiri lebih cenderung memiliki sifat yang suka akan tantangan.

Selain itu, salah satu manfaat dari menerapkan sikap mandiri adalah membuat mereka menjadi lebih tahu mengenai diri sendiri, termasuk membahagiakan diri sendiri.

Itulah beberapa manfaat sikap mandiri dalam kehidupanmu sehari-hari beserta cirinya. Terbiasa dengan sikap mandiri dapat kamu jadikan sebagai kunci utama untuk menjadi sukses dimasa depan.

 

 

Tag : #moral    #sikap mandiri    #pendidikan    #perilaku    #psikologi    #pendidikan karakter    

Baca Juga