Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah (Foto: Pixabay)

5 Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Juni | Pendidikan | 21-11-2022

PARBOABOA – Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler menjadi hal yang sangat penting bagi anak sekolah. Sebab, ada beragam manfaat yang bisa diperoleh, salah satunya adalah untuk mengurangi tingkat stres.

Dlansir dari laman BPK Penabur, ekstrakurikuler atau yang sering disebut ekskul adalah kegiatan diluar jam sekolah yang bertujuan untuk menyalurkan minat bakat siswa serta memperluas pengetahuan.

Berikut dijelaskan beberapa manfaat mengikuti ekskul. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Berdampak Positif untuk Kesehatan

Berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, olahraga, palang merah remaja (PMR), pecinta alam, dan sebagainya bukan hanya membentuk pribadi yang lebih baik, tapi juga berdampak pada kesehatan tubuh siswa.

Sebab, siswa tak hanya menghabiskan waktunya untuk berfikir, tetapi juga bekerja sama bergotong royong dengan sesama. Hak itu akan mendorong mereka menjadi lebih aktif dan semangat.

2. Menguranngi Tingkat Stres

Siswa menghabiskan waktu di sekolah dengan mengikuti pelajaran, dan dilanjur dengan mwngikuti berbagai kegiatan ketika sudah pulang sekolah. Kondisi tersebut tentu membuat anak cepat bosan dan stres.

Untuk menghindarinnya, ada baiknya selingi kegiatan mengajar di sekolah dengan kegiatan-kegiatan ektrakurikuler yang mereka minati.

Melakukan hal disukai akan membantu mereka melewati hari-hari yang padat dengan hati yang senang. Kegiatan ekskul juga menjadi terapi sekaligus kesempata untuk bersantai di sela-sela rutinitas yang membosankan.

3. Melatih Anak Mengatur Waktu dengan Baik

Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak akan memiliki banyak kegiatan yang menuntutnya untuk memiliki kemampuan dalam mengatur waktu.

Tak hanya itu, karakter anak juga akan terbentuk dengan sendirinya, sehingga ketika dewasa anak akan bertumbuh menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Keahlian dan keterampilan di sebuah bidang yang dilakukan dalam kegiatan ekskul akan membuat mereka merasa istimewa. Perasaan inilah yang memunculkan rasa percaya diri pada anak sehingga kelak bisa menjadi pribadi yang tangguh.

Hal ini tentu sangat berpengaruh pada masa depan sang anak. Faktanya, banyak anak yang sukses karena kreativitas dan bakat yang dimilikinya, seperti menyanyi, menjadi atlet, ataupun pengusaha,

5. Berdampak Positif pada Kehidupan Sosial

Kegiatan ektrakurikuler juga memiliki dampak positif terhadap kehidupan sosial sang anak. Ia akan sering bertemu dengan orang-orang baru yang bisa menumbuhkan jiwa sosial sang anak sehingga lebih percaya diri ketika berada di lingkungan luar.

Itulah tadi beberapa manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan waktu belajar anak agar tak menggangu konsentrasinya untuk sekolah.

Tag : #ekstrakurikuler    #siswa    #pendidikan    #sekolah    #organisasi    #hoby   

Baca Juga