Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan ( Foto: lifepal)

Adakah Manfaat Daun Sirih Untuk Rahim Wanita?

Huira | Kesehatan | 05-09-2022

PARBOABOA - Adakah manfaat daun sirih untuk rahim wanita? Berikut ulasannya.

Daun sirih memang kerap digunakan sebagai obat herbal secara turun-temurun. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada daun sirih memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Walau demikian, ada juga beberapa pendapat yang mengatakan bahwa sering mengonsumsi daun sirih justru dapat membuat rahim kering.

Benarkah pendapat tersebut? Atau justru daun sirih baik untuk rahim wanita? Yuk simak ulasan berikut!

Apa Saja Kandungan Yang Terdapat Dalam Daun Sirih?

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun sirih.

• Yodium: 3,4 mcg

• Kalium: 1,1-4,6%

• Vitamin A: 1,9-2,9 mg

• Vitamin B1: 13-70 mcg

• Vitamin B2: 1,9-30 mcg

• Asam Nikotinat: 0,63 g

Selain itu, daun sirih juga mengandung sejumlah minyak esensial dan senyawa kimia lainnya, seperti:

• Chavicol

• Betelphenol

• Eugenol

• Terpene

• Campene

Apa Manfaat Daun Sirih?

Manfaat daun sirih dalam dunia kesehatan adalah:

1. Mengatasi Diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, daun sirih mampu menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Namun, daun sirih berbeda dengan sejumlah obat diabetes pada umumnya, bahan alami tidak menimbulkan efek samping pada penggunanya.

Untuk merasakan manfaat daun sirih merah sebagai alternatif pengobatan diabetes, kamu cukup menyiapkan tiga lembar daun sirih setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Kemudian, iris tipis daun sirih dan rebus dengan tiga gelas air (600 ml). Rebus hingga hanya tersisa 1,5 gelas air. Konsumsi air rebusan tiga kali sehari, setengah gelas, setelah makan.

2. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Bukan tanpa alasan jenis tumbuhan yang satu ini kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan pasta gigi. Sifat antimikroba pada daun sirih, dipercaya dapat membantu mengatasi bakteri penyebab terjadinya penumpukan plak yang nantinya menjadi karies gigi.

Maka tak heran jika daun sirih sejak dahulu telah digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Bahkan orang tua zaman dahulu mengonsumsi daun sirih secara langsung bersama dengan pinang.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat daun sirih hijau yang selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan eugenol yang tinggi dalam daun sirih mampu melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif. Stres oksidatif inilah yang menyebabkan berbagai penyakit kronis pada tubuh.

Selain itu, Eugenol dalam daun sirih juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) pada tubuh. Secara tidak langsung, kesehatan jantung juga akan ikut terjaga.

4. Menurunkan Risiko Terkena kanker

Senyawa fenolik dalam daun sirih berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, dan antimutagenik yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab kanker.

Untuk merasakan manfaat yang satu ini, kamu dapat mengolah daun sirih menjadi minuman herbal yang dicampur dengan kunyit.

5. Mengatasi Jerawat

Ternyata Manfaat daun sirih untuk wanita tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan, tetapi juga mampu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Hal ini karena daun sirih bersifat sebagai antibakteri penyebab jerawat.

Untuk merasakan Manfaat daun sirih untuk wajah yang satu ini kamu hanya perlu mengoleskan larutan daun sirih dengan konsentrasi 20 mg/ml pada area wajah yang berjerawat.

6. Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

Penggunaan daun sirih untuk pengobatan mata ini memang telah digunakan secara turun temurun. Daun sirih dipercaya mampu mengatasi masalah mata seperti gatal, belekan, hingga mata merah. Bahkan, air rebusan daun sirih kerap digunakan untuk membersihkan mata bayi.

Namun walau telah digunakan secara turun temurun, ternyata menurun dr. Ferdiriva Hamzah seorang dokter spesialis mata di RS Mata Jakarta Eye Center (JEC) menyebutkan bahwa air rebusan daun sirih justru berbahaya untuk mata karena dapat menyebabkan infeksi jamur pada kornea mata yang sedang luka.

7. Manfaat Daun Sirih Untuk Rahim Wanita

Seperti yang telah dijelaskan di atas, daun sirih memang mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirih juga diketahui mampu melawan radikal bebas penyebab stres oksidatif penyebab infertilitas (gangguan kesuburan). Namun, tentang kebenaran hal tersebut masihlah dipertanyakan.

Adakah Efek Samping Penggunaan Daun Sirih Untuk Kesehatan?

Tidak hanya manfaatnya yang banyak, mengonsumsi daun sirih dalam jumlah yang berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan hingga bisa menyebabkan efek samping sebagai berikut,

1. Menyebabkan kanker mulut

2. Dapat menyebabkan infeksi jamur pada kornea mata

3. Dapat menyebabkan sariawan

4. Meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil

5. Menimbulkan kecanduan.

Meski daun sirih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, namun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat daun sirih untuk rahim wanita.

Tag : #daun sirih    #manfaat daun sirih    #kesehatan    #diabetes    #kolesterol   

Baca Juga