YouTube Shorts

Makin Mirip TikTok, Youtube Shorts Rilis Voice Over

Wanovy | Teknologi | 01-10-2022

PARBOABOA - YouTube Shorts resmi memperkenalkan fitur voice over atau efek suara narasi ke perangkat iOS. Fitur ini mirip seperti efek suara yang biasa dipakai pengguna TikTok.

Kreator dapat menggunakan efek suara narasi untuk menambahkan penjelasan di dalam video.

Efek ini bisa dipakai di konten seperti tutorial memasak, reaksi untuk video lucu, atau kebiasaan sehari-hari.

Fitur voice over juga dapat mempermudah pengguna dalam menambahkan suara ke video yang sudah direkam sebelumnya.

Lalu, bagaiamana cara membuat narasi voice over ala TikTok di YouTube Shorts iOS? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Narasi Voice Over di YouTube Shorts

1. Buka aplikasi YouTube versi terbaru.

2. Klik ikon tambah atau "+" pada bagian bawah tengah layar, kemudian pilih opsi "Create a Short".

3. Rekam video yang akan kamu unggah.

4. Klik tombol checkkmark pada bagian kanan bawah screen camera.

5. Tap tombol voiceover, kemudian pilih di mana kamu ingin memulai voice over > klik record > sesuaikan volume voice over.

6. Pengguna dapat membatalkan dan mengulang perekaman untuk mempermudah pengeditan.

Menurut laporan TechCrunch, YouTube Shorts mulai menggulirkan fitur baru voiceover kepada pengguna aplikasi berbasis iOS.

Fitur voiceover ini sering digunakan pengguna TikTok untuk memberikan narasi pada video yang diunggah. Misalnya, voiceover berisi instruksi di video tutorial masak dll, voiceover untuk video reaksi, hingga voiceover di video model "a day in my life" atau "my morning routine".

Jadi, pengguna YouTube Shorts di perangkat iOS kini juga bisa membuat konten serupa dengan sulih suara layaknya di TikTok.

Caranya, pengguna tinggal merekam video yang ingin diunggah di Shorts. Klik tanda centang. Nah, pengguna tinggal klik opsi "voiceover" dan merekam sulih suara.

Pengguna bisa mengatur letak voiceover serta besaran volume suara sulih. Sebelumnya, pengguna YouTube Shorts hanya bisa menambahkan musik ke videonya.

Dengan kehadiran fitur ini, pengguna bisa menggunakan musik sekaligus voiceover di video Shorts miliknya.

Perlu dicatat, fitur voiceove baru hadir untuk pengguna YouTube Shorts di perangkat iOS. Sedangkan pengguna YouTube Shorts di perangkat Android tampaknya masih harus bersabar karena mereka belum kebagian fitur voiceover ini.

Selain voiceover, YouTube juga mencontek satu fitur TikTok lainnya, yaitu fitur membalas komentar dengan video atau disebut "Reply with Video".

TikTok pertama kali merilis "Reply with Video" di platform-nya pada 2020. Fitur yang sama kemudian ditiru Instagram Reels dengan sebutan "Reels Visual Replies" pada Desember 2021.

Google selaku perusahaan induk YouTube juga sudah memperkenalkan program monetisasi baru ke kreator Shorts.

Kini kreator sudah bisa memperoleh pendapatan iklan dari konten, yang mana sebelumnya itu hanya berlaku ke video YouTube biasa.

Fitur monetisasi baru itu dinilai jadi upaya YouTube untuk mengejar dominasi dari pesaingnya, TikTok maupun Instagram Reels.

Tag : #youtube    #shorts    #teknologi    #apps    #tiktok    #voice over   

Baca Juga