Makanan khas Trenggalek/Nasi goreng anglo, foto: Pinhome

10 Makanan Khas Trenggalek Paling Favorit dan Bikin Ketagihan

Wanovy | Travel | 06-10-2022

PARBOABOA, Trenggalek - Trenggalek adalah salah satu kota yang berada di pesisir Jawa Timur. Kota yang memiliki julukan kota wisata ini banyak menawarkan fasilitasnya kepada para pelancong. Selain terkenal dengan tempat wisatanya, kota ini juga wisata unik lainya yaitu makanan khasnya.

Terletak di antara Kota Tulungagung dan Ponorogo, kota ini menawarkan beribu makanan khas, tetapi kali ini saya akan mengulas sedikit tentang beberapa kuliner khas yang berada di kota wisata ini. Langsung saja simak makanan khas Trenggalek berikut ini.

Seperti pada kota wisata pada umumnya, Trenggalek juga memiliki budaya, hingga makanan khas tersendiri yang tidak dimiliki kota lain.

Berikut ini macam-macam makanan khas Trenggalek yang bisa bikin kamu ketagihan!

1. Nasi Goreng Anglo

Nasi goreng memang sudah menjadi makanan yang ramah di lidah masyarakat Indonesia. Namun di setiap daerah memiliki nasi goreng dengan ciri khasnya masing-masing.

Seperti halnya di Trenggalek, nasi goreng anglo menjadi makanan khas yang banyak disukai. Mendengar dari namanya saja, sudah dapat menebak bukan jika nasi goreng ini dimasak diatas anglo bukan kompor.

Cara masak seperti ini tentu saja dapat menambah rasa nikmat pada nasi goreng yang akan dihidangkan. Kamu yang ingin mencicipinya dapat manjumpai nasi goreng anglo pada sore ataupun malam hari.

Pedagang nasi goreng anglo mulai menjajakannya pada waktu tersebut karena memang nasi goreng cocok dimakan pada waktu tersebut.

2.  Nasi Gegog Bendhungan

Nasi Gegog atau warga asli Trenggalek menyebutnya dengan nama sego gegog memiliki citarasa yang pedas. Pedasnya berasal dari sambel teri. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya?

Pembuatan nasi gegog sangatlah sederhana, yaitu nasi setengah matang dan sambel teri yang sudah dicampur dengan parutan kelapa dibungkus menggunakan daun pisang. Kemudian bungkusan nasi gegog dikukus hingga matang dan tercium aroma wangi.

Makanan khas Trenggalek ini sangat nikmat apabila disajikan dalam keadaan hangat. Konon katanya dulu nasi gegog dipilih oleh para petani yang harus ke ladang pagi-pagi disajikan untuk sarapan karena cara memasaknya dianggap cepat dan sederhana namun nikmat.

3. Nasi Lodho

Ayam lodho adalah makanan khas Trenggalek yang selanjutnya. Makanan ini sangatlah khas karena tak semua waktu bisa memasak makanan ini.

Karena biasanya makanan ini hanya ada pada saat hari raya pertama lebaran dan ketika hari ke tujuh lebaran. Sebab kekhasan tersebut banyak masyarakat yang mencari makanan ini.

Ayam lodho ini terbuat dari ayam kampung yang di bakar dan sudah di bumbu lalu dimasak menggunakan bumbu kuning dan rempah-rempah lainya.

Karena bumbu yang khas dan aroma ayam bakar menjadikan makanan ini sangat lah menggoda selera para penikmatnya.

Tapi tenang sekarang tidak hanya pada hari raya lebaran saja, tetapi hampir setiap daerah ada yang membuka toko ayam lodho.

Biasanya ayam ini di makan menggunakan sayur urap dan menggunakan nasi tiwul sebagai karbohidrat. Bagaimana tidak ketagihan kalau makanan enak seperti ini.

4. Tahu Lontong

Tahu Lontong merupakan makanan khas Trenggalek yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner, karena memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Makanan ini disajikan dengan sambal kecap petis dengan sedikit rasa pedas yang menyatu dengan lontong, serta tahu yang enak membuat banyak orang jatuh cinta dengan makanan ini.

Kamu dapat menemukan kuliner tahu lontong di sebelah barat alun-alun Trenggalek. Karena rasanya yang enak, makanan ini sangat banyak dicari oleh penikmat kuliner.

5. Soto Ayam Jarakan

Jawa Timur mempunyai berbagai jenis soto yang terdapat di berbagai daerahnya. Salah satunya di kota Trenggalek, yaitu soto ayam jarakan.

Jika dilihat dari sajiannya kuliner Trenggalek ini memang terlihat seperti soto pada umunya yang disajikan dengan nasi hangat.

Namun, biasanya orang Trenggalek menyantap soto ini ditambah dengan perkedel sehingga rasanya lebih enak.

6. Sarabah Khas Trenggalek

Sarabah merupakan minuman khas Trenggalek yang patut kamu coba saat melipir ke kabupaten Trenggalek. Sarabah berbahan dasar jahe, gula aren dan susu.

Pembuatannya pun cukup sederhana seperti membuat minuman wedang jahe, namun gula putih diganti dengan gula aren dan ditambahkan dengan susu.

Sarabah umumnya diminum pada malam hari, untuk memberi kehangatan ataupun untuk mengembalikan semangat.

Aroma yang menenangkan dapat mengembalikan kelelahan setelah seharian bekerja. Biasanya dijual di warung kaki lima yang jualan gorengannya.

7. Sego Gegog

Sego gegog atau sego gegok merupakan salah satu makanan khas Trenggalek yang memiliki penampakan seperti nasi kucing khas Jogja.

Seperti namanya, sego gegog atau nasi gegog merupakan makanan yang berisi nasi dengan diberikan sambal teri. Dibungkus dengan daun pisang dengan ukuran kecil-kecil seperti nasi kucing.

Berbeda dengan nasi bungkus umumnya, sego gegog diolah dengan mengukusnya setelah dikemas.

Nasi yang setengah matang dibungkus dengan daun pisang, dimana di atasnya diberi sambal terasi dan kadang-kadang serundeng.

Kemudian dikukus hingga matang, baru dijual. Makanan khas Trenggalek nasi gegok yang terkenal yaitu di kecamatan Bendungan di Sego Gegong Mbok Tumirah.

8. Alen-alen Cemilan Khas Trenggalek

Alen-alen merupakan salah satu oleh oleh Trenggalek yang dapat kamu jadikan oleh-oleh saat main ke Trenggalek.

Camilan yang memiliki rasa gurih dan renyah ini terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui dengan bumbu-bumbu rahasia khas masyarakat Trenggalek.

Rasanya yang nagih ini akan selalu kurang jika hanya membelinya satu bungkus saja. Sehingga, banyak wisatawan yang memborongnya.

Kurang lengkap jika kamu berkunjung ke kota Alen-alen tanpa membawa pulang alen-alen itu sendiri bukan? Untuk mendapatkan alen-alen ini, banyak dijual di toko oleh-oleh khas Banyuwangi.

9. Rujak Cingur Sumber Gedong

Ini selanjutnya makanan khas Trenggalek yang paling recomended. Rujak cingur khas Trenggalek. Sebenarnya tak jauh beda dengan rujak cingur di tempat lain.

Tapi jangan salah sangka dulu, dari luar memang seperti rujak seperti pada umumnya tapi yang membedakan rujak cingur ini adalah bumbu dari rujak itu sendiri. Karena dekat dengan pesisir petis yang digunakan sangatlah enak dan lezat.

10. Ikan Asap Prigi

Karena Trenggalek adalah daerah pesisir tak lupa hasil khas dari tempat tersebut. Ikan asap adalah makanan khas daerah Prigi salah satu tempat di Kota Trenggalek, bukan hanya pantai yang disajikan di tempat ini juga banyak orang menjual makanan khas ini ikan asap.

Ikan yang diolah sangatlah segar sebab itu rasanya juga masih sangat lezat akan tetapi karena segar ikan ini cepat membusuk jika tidak cepat dimasukan mesin pendingin atau dimasak. Sebab ikan yang baru datang biasanya langsung di adap tanpa adanya pengawetan terlebih dahulu.

Jadi, bagi kamu yang suka datang ke pantai di daerah Prigi jangan lupa beli ikan asap khas dari sana, harga yang ditawarkan juga tidaklah mahal jadi jangan sungkan-sungkan.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Trenggalek yang paling favorit dan pasti bikin ketagihan. Selamat berlibur!

Tag : #wisata trenggalek    #trenggalek    #travel    #tempat wisata    #kuliner trenggalek    #jawa timur   

Baca Juga