Makanan khas Pekanbaru, foto: Tokopedia

10 Rekomendasi Makanan Khas Pekanbaru yang Enak dan Paling Banyak Dinikmati

Wanovy | Travel | 28-05-2022

PARBOABOA, Pekanbaru - Jalan-jalan ke suatu tempat pasti belum lengkap tanpa mencoba kuliner khas dari tempat tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Pekanbaru apabila Anda sedang mengunjungi kota yang satu ini.

Selain tempat wisata yang sangat beragam, Pekanbaru rupanya juga kaya akan makanan khas. Mulai dari makanan kering dan ringan yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh, hingga comfort food khas, tersedia di kota yang satu ini.

Oleh karena itu, Anda harus membaca artikel ini hingga selesai karena ada berbagai rekomendasi makanan Pekanbaru yang wajib Anda coba. Beberapa di antaranya bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Pekanbaru juga, lho.

Penasaran apa saja makanan khas Pekanbaru? Yuk, langsung saja simak ulasannya dibawah ini!

1. Dodol Kedondong

Salah satu makanan khas Pekanbaru Riau adalah dodol kedondong. Makanan satu ini terbuat dari kedondong yang memiliki rasa asem dan segar.

Perpaduan rasa manis, asin, dan asem yang segar, membuat dodol khas Pekanbaru ini cocok dinikmati bersama teh hangat saat berkumpul dengan keluarga.

Bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, sebaiknya tidak lupa untuk membeli oleh-oleh satu ini. Rasanya yang manis dan asem, akan membuat Anda ketagihan.

2. Kacang pukul

Kacang pukul adalah camilan kacang yang diolah menjadi kue kecil seperti enting-enting. Kacang pukul memiliki cita rasa manis dan tekstur yang renyah.

Pada umumnya, kacang pukul dibungkus seperti permen dan dijual dalam satu kotak berisi 10 hingga 15.

3. Kue bangkit

Berbahan dasar sagu dan memiliki tekstur yang renyah, kue bangkit adalah camilan yang sering menjadi pilihan wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Kue ini memiliki ukurang yang kecil dan berbentuk seperti bunga-bunga. Kamu bisa membeli kue bangkit secara kiloan atau per bungkus tergantung tempat yang menjualnya.

4. Bolu Kemojo

Makanan khas Riau Pekanbaru yang diolah menjadi kue adalah bolu kemojo. Warna dari bolu kemojo ini mayoritas berwarna hijau. Dan rasa yang paling banyak disukai oleh wisatawan adalah rasa durian.

Walaupun ada banyak sekali aneka rasa bolu kemojo, seperti pandan, jagung, dan cokelat. Ukuran bolu kemojo juga beragam, ada yang kecil sampai yang besar.

5. Viz Cake

Makanan khas Pekanbaru yang diolah menjadi kue adalah viz cake. Bentuknya seperti kue bolu biasa, tetapi rasanya luar biasa enak. Ada berbagai macam rasa yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Ada rasa durian keju, durian original, pisang pandan keju, sampai pisang blueberry. Viz cake ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga besar atau teman-teman kerja dengan porsi besar.

6. Roti Jala

Makanan khas Pekanbaru Riau yang banyak diminati adalah Roti Jala, merupakan olahan kue yang bisa dinikmati dengan kuah yang terbuat dari kari dan durian.

Khas sekali rasa dan bentuk dari roti jala ini. Bahkan banyak juga penduduk lokal yang memperjualbelikannya.

7. Gulai Ikan Patin

Makanan ini merupakan makanan sehari-hari warga Pekanbaru. Gulai ikan patin disantap bersama nasi hangat dan lauk pendamping lainnya.

Gulai ikan patin terdiri dari potongan ikan patin yang cukup besar dan kuah gulai yang berwarna kuning.

Tidak sulit untuk menemukan makanan ini, karena banyak tersebar di warung makan atau restoran sekitar kota Pekanbaru.

8. Cencaluk

Makanan khas Pekanbaru Riau yang satu ini hanya dihidangkan ketika sedang merayakan acara tertentu saja. Sehingga bagi jika ingin menyantap cencaluk mungkin akan sedikit kesulitan menemukannya.

Makanan ini merupakan olahan dari udang yang sudah dihaluskan, kemudian dicampur dengan bumbu dan bawang Bombay. Biasanya makanan ini dijadikan lauk bersama nasi hangat.

9. Amplang Tenggiri

Makanan khas Pekanbaru selanjutnya, yaitu amplang tenggiri. Makanan yang berasal dari olahan ikan ini memiliki beragam varian seperti amplang udang dan tenggiri.

Rasanya yang enak dan gurih, membuat makanan khas Pekanbaru ini sangat nikmat dijadikan cemilan.

Biasanya, ikan tenggiri akan dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung beras dan bumbu-bumbu lainnya. Hal inilah yang menjadikan kerupuk satu ini memiliki rasa yang khas.

10. Roti Canai

Roti canai atau merupakan makanan khas Pekanbaru yang wajib Anda coba. Roti canai sendiri adalah roti pipih yang tidak menggunakan pengembang.

Biasanya, roti maryam disajikan sebagai makanan pokok atau makanan selingan yang disantap bersama bahan pelengkap lainnya.

Makanan khas Pekanbaru ini memiliki bentuk bundar dengan tekstur empuk dan renyah.

Bahkan, banyak orang menyebutnya kue konde karena memang bentuknya mirip konde rambut. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat roti ini digemari oleh semua kalangan.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas  Pekanbaru yang bisa kamu cicipi jika berkunjung ke Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata pekanbaru    #pekanbaru    #tempat wisata    #travel    #makanan khas pekanbaru    #explore pekanbaru   

Baca Juga