10 Makanan Khas Maluku Lezat dan Wajib Dicoba!

Penulis : Wanovy | Travel | 07-12-2022

Makanan khas Maluku, foto: Wikipedia

PARBOABOA, Maluku - Berbicara tentang makanan khas Maluku, tentu tidak terlepas dari sagu dan rempah-rempah. Maka tidak heran jika Maluku menjadi daya tarik tersendiri bagi orang Eropa di jaman penjajahan dahulu.

Di samping itu, Maluku juga dikenal dengan keindahan pantai dan juga hasil tangkapan lautnya. Jadi, bisa dipastikan salah satu makanan khas Maluku adalah berbahan dasar ikan yang diolah dengan beraneka ragam rempah-rempah.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Parboaboa sajikan 10 makanan khas Maluku yang lezat dan wajib dicoba!

1. Sagu Papeda

Selain terkenal di Papua, sagu papeda juga merupakan salah satu makanan khas daerah Maluku. Bagi Warga Maluku, sagu biasanya dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Sagu papeda adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu yang dimasak hingga kental. Teksturnya lengket menyerupai lem dan rasanya tawar.

Untuk itu biasanya papeda ini disantap dengan ikan kuah kuning atau bisa juga disandingkan dengan sayur ganemo dari daun melinjo muda.

Selain rasanya yang khas, proses menikmati sagu juga terbilang unik. Untuk menyantapnya, harus menggunakan alat khusus seperti sumpit yang terbuat dari bambu. Papeda yang telah diangkat, digulung-gulung menggunakan alat ini lalu dimasukkan ke mulut.

Dari segi kesehatan, papeda termasuk makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan memiliki nutrisi yang tinggi. Jadi tidak ada ruginya menyantap makanan satu ini.

2. Nasi lapola

Nasi lapola adalah makanan tradisonal Maluku yang banyak digemari masyarakat. Dibuat dari campuran beras, kacang tolo, dan parutan kelapa, rasa gurih dari nasi lapola memang cocok untuk dimakan di pagi atau siang hari, lho.

Nasi lapola biasanya dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari dengan tambahan beragam lauk. Sat ini nasi lapola semakin populer seiring perkembangan kuliner di Maluku sehingga banyak bermunculan kreasi dari nasi lapola dengan tambahan beragam lauknya seperti sayur ikan tongkol dan masakan lainnya.

3. Sambal colo-colo

Sambal colo-colo adalah salah satu kuliner khas Maluku yang memiliki perpaduan cita rasa pedas dan segar.

Biasanya sambal colo-colo dihidangkan dengan beragam masakan ikan. Uniknya, sambal colo-colo ini diberi kucuran jeruk nipis dan daun kemangi agar menghasilkan aroma yang harum.

Sambal colo-colo merupakan makanan pelengkap sehari-hari masyarakat Maluku. Selain dimakan dengan ikan, sambal ini juga kerap dimakan  dengan nasi hangat dan berbagai olahan lauk.

4. Gohu Ikan

Jika di Jepang ada sashimi, di Ternate (Maluku Utara) ada Gohu Ikan. Gohu ikan merupakan makanan khas Maluku berbahan dasar daging ikan mentah. Ikan cakalang dan ikan tuna jadi pilihan favoritnya.

Langkah untuk membuatnya terbilang mudah, dengan memotong daging ikan seperti dadu. Kemudian mencucinya, dan melumurinya dengan air lemon, dan garam. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir bau amis yang ada pada daging ikan

Beberapa orang sering menambahkan daun kemangi sesuai selera. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat.

Untuk menambah selera, biasanya ditambahkan bumbu tumisan cabe rawit, dan bawang merah yang dirajang. Bumbu itu dituangkan di atas ikan, dan siap dinikmati.

5. Ikan Kuah Kuning

Makanan khas Maluku ini jadi favorit wisatawan. Olahan ikan ini biasanya disajikan bersama dengan papeda, makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua yang terbuat dari sagu. Selain papeda, ikan kuah kuning juga dapat disantap dengan nasi putih hangat.

Bahan dasar untuk membuat menu ikan kuning ialah ikan cakalang atau ikan tongkol yang mengandung banyak daging.

Dimasak dengan kunyit, serai, jeruk nipis, dan rempah-rempah lainnya, ikan kuah kuning memiliki cita rasa sedikit asam dan segar. Dan jika kamu hobi masakan pedas, bisa menambahkan cabai rawit di dalamnya.

Ikan kuah kuning merupakan salah satu menu tradisional andalan dari Maluku. Sesuai namanya, yaitu "kuah kuning", kuliner ini memiliki warna kuning yang menggugah selera. Warna ini dihasilkan dari bumbu kunyit.

6. Kohu-kohu dengan kasbi rebus

Tampilan kohu-kohu sekilas mirip seperti sayur urap yang biasa dinikmati masyarakat di Pulau Jawa.

Kohu-kohu yang terbuat dari ikan teri basah ini diolah dengan cara mencampurkannya dengan bahan lain seperti toge, terong, kacang panjang rebus, dan parutan kelapa.

Setelah semua bahan tercampur rata, maka adonan tersebut akan diberi bumbu yang terdiri dari perasan jeruk nipis, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Kohu-kohu biasanya dinikmati dengan kasbi (singkong) rebus.

7. Ikan komu asar

Makanan khas Maluku yang cukup populer selanjutnya adalah ikan komu asar. Makanan ini menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya.

Proses memasaknya pun terbilang unik, yaitu dengan cara ditusuk dengan bambu, lalu diasapkan kurang lebih satu jam.

Tak hanya ikan cakalang saja, jenis ikan lainnya yang juga digunakan antara lain ikan tongkol atau ikan tuna. Biasanya, hidangan ini dinikmati dengan nasi dan sambal colo-colo.

8. Sagu woku komo-komo

Tidak hanya papeda, ada pula makanan khas Maluku lainnya yang menggunakan bahan dasar sagu.

Hidangan khas Ambon ini menggunakan bahan seperti sagu, bawang putih, serai, jahe, dan jeroan ikan.

Ciri khas dari makanan ini tidak lain karena penggunaan daun woku sebagai pembungkusnya. Sagu woku komo-komo biasanya dijadikan sebagai lauk teman nasi ataupun papeda.

9. Kue Suami

Tidak usah heran kenapa nama makanan yang satu ini terdengar lucu dan membingungkan, bisa juga membuat salah paham.

Bayangkan ketika kamu mengatakan membeli suami, tentu lucu bukan?

Terlepas dari nama tersebut, suami merupakan kuliner sederhana yang terbuat dari ubi parut, kemudian diperas dan dikukus. Terdapat tiga varian, yakni original, dengan tambahan gula, dan toping parutan kelapa.

10. Bubur Ne

Masih dengan bahan dasar sagu, kali ini ada Bubur Ne yang merupakan masakan tradisional dari Maluku. Cara membuatnya mudah, sagu dibentuk bulatan kecil, kemudian direbus dengan air santan cukup lama sehingga menjadi empuk.

Campuran bahan yang digunakan dari gula merah, sedikit kayu manis dan pandan sebagai aroma khasnya.

Secara keseluruhan, bubur Ne lebih mirip dengan es puding yang ada di beberapa daerah di nusantara. Warga setempat baisanya menggunakannya sebagai makanan penutup, atau bahasa keren nya dessert.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Maluku yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke daerah ini. Selamat menikmati!

Editor : -

Tag : #wisata maluku    #maluku    #travel    #tempat wisata    #kuliner maluku    #banda neira   

Baca Juga