Makanan khas Cirebon/Nasi Jamblang, foto: swaktu.com

10 Makanan Khas Cirebon yang Lezat dan Wajib Kamu Cicipi

Wanovy | Travel | 11-08-2022

PARBOABOA - Jalan-jalan ke Kota Cirebon wajib banget mencoba makanan khas Cirebon. Selain dikenal sebagai kota penghasil terasi udang, Cirebon juga terkenal dengan kulinernya yang lezat dan menggugah selera, lho!

Contohnya nasi jamblang, empal gentong hingga jajanan ringan seperti tahu gejrot. Masing-masing makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda-beda.

Tertarik untuk menjelajahi kekayaan kuliner Cirebon ketika berkunjung ke sana? Mari intip makanan khas Cirebon yang banyak direkomendasikan oleh para pemburu kuliner ini!

1. Nasi Jamblang

Belum lengkap rasanya kalau ke Cirebon belum mencoba kuliner khas nasi Jamblang.  Dinamakan nasi Jamblang karena kuliner ini berasal dari daerah Jamblang, Cirebon.

Nasi Jamblang memiliki cita rasa yang otentik dan penyajian yang unik karena menggunakan daun jati.

2. Empal Gentong

Empal gentong salah satu makanan khas Cirebon yang namannya sudah dikenal diberbagai penjuru nusantara. Keberadaan empal gentong sudah ada sejak zaman dulu.

Empal gentong sering dijadikan menu pelengkap untuk berbagai acara di Cirebon, seperti hajatan, acara budaya, dan berbagai acara lainnya. Nasi empal juga bisa ditemukan di warung makan restoran Cirebon.

3. Nasi Lengko

Nasi lengko adalah menu sarapan yang ada di warung pinggir jalan atau pasar-pasar tradisional di Cirebon.

Makanan khas Cirebon ini berisi nasi putih, tauge rebus, tempe dan tahu yang kemudian disiram dengan saus kacang, taburan daun kucai dan sedikit kecap. Dengan rasa yang unik dan lezat, menu ini cocok disantap saat pagi hari.

Jika tidak puas dengan tempe tahu, kamu juga bisa memesan sate kambing yang sangat lezat. Tidak ada bau prengus kambing atau bau amis yang tersisa.

Rasanya murni daging kambing dan bumbu rempah-rempah pilihan yang disiram dengan sambal kecap.

4. Tahu Gejrot Pasar Kanoman

Jajanan wajib jika berkunjung ke Cirebon adalah tahu gejrot. Meski sangat mudah ditemui di berbagai kota, tak ada yang bisa menandingi enaknya tahu gejrot Cirebon.

Kuahnya terasa lebih kental dan manis gula aren porsinya terasa sangat pas. Makanan khas Cirebon ini biasanya dijual saat siang hari.

Tahu pong yang diiris kecil, disajikan dengan cabai rawit hijau dan bawang merah – kemudian disiram dengan kuah asam gula jawa yang menyegarkan.

Makanan khas Cirebon ini bisa memberi efek mengenyangkan sekaligus menyegarkan. Tempat terbaik menikmati makanan khas Cirebon ini adalah kios tahu gejrot di pertigaan toko manisan Sinta.

5. Mie Koclok Cirebon

Kuliner khas di Cirebon selanjutnya adalah mie koclok. Makanan khas Cirebon ini sering menjadi sajian spesial saat gelaran doa sembayang orang yang sudah wafat.

Tapi seiring berjalannya waktu orang mulai menjual mie koclok di berbagai sudut di Kota Cirebon.

Makan mie koclok paling asik saat cuaca dingin, sebab kuahnya mengandung lada putih dan bisa menghangatkan tubuh.

Mie yang digunakan untuk membuat mie koclok adalah mie kuning yang tidak mengandung bahan pengawet, kemudian dibumbui dengan bahan berkualitas dan disajikan dengan telur rebus beserta daging ayam suwir.

6. Docang

Asal kata Docang adalah bodo atau baceman dari oncom dage dan kacang hijau yang dijadikan toge.

Docang adalah makanan asli Cirebon, yang merupakan perpaduan antara sayur oncom dage atau oncom gembus terbuat dari ampas tahu yang dipadukan dengan bungkil kacang tanah dan parutan kelapa.

Docang memiliki rasa yang gurih dan nikmat serta cocok disantap sewaktu masih hangat.

7. Sate Kalong

Sate Kalong adalah makanan yang cukup unik di Cirebon, tidak seperti namanya, kalong disini bukan berarti dagingnya berasal dari kelelawar melainkan karena ketika awal muncul pada 1900-an memang sate ini hanya dijual ketika matahari sudah terbenam.

Sate Kalong sendiri berasal dari daging kerbau dan sekarang sudah ada beberapa yang menggunakan daging sapi.

8. Rujak Kangkung

Kalau pada umumnya rujak dibuat dari buah-buahan, rujak khas Cirebon ini bahan utamanya adalah kangkung air.

Rujak Kangkung dibuat dengan cara merebus kangkung dan selagi masih panas kangkung ditiriskan kemudian di aduk dengan sambal asam.

Makanan khas Cirebon cocok disantap bersama cabai dan terasi, sehingga cita rasa yang didapat yaitu asam dan pedas.

9. Sego Lengko

Olahan nasi khas Cirebon lainnya selain Nasi Jamblang yang bisa Toppers cicipi saat berkunjung ke Cirebon adalah Nasi Lengko atau Sego Lengko.

Kuliner khas Cirebon ini merupakan nasi yang ditaburi berbagai lauk seperti potongan tempe, tahu goreng, potongan mentimun, dan juga tauge rebus.

Namun, yang membuat makanan khas Cirebon ini istimewa adalah siraman bumbu kacang dan kecap manis lengkap dengan taburan bawang goreng dan potongan daun kucai.

10. Mi Koclok

Toppers merupakan penggemar kuliner mie? Jika ya, maka makanan khas Cirebon selanjutnya ini wajib dicicipi.

Olahan mie dengan topping irisan telur rebus, daging ayam, tauge rebus dan siraman kuah kekentalan ini sangat cocok untuk disantap ketika udara dingin seperti malam hari atau saat hujan tiba.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Cirebon yang lezat dan wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata cirebon    #cirebon    #tempat wisata    #travel    #makanan khas cirebon    #jawa barat    #oleh oleh cirebon    #kuliner cirebon   

Baca Juga