10 Makanan Khas Cilegon Lezat dan Terfavorit 2022

Penulis : Wanovy | Travel | 12-11-2022

Makanan khas Cilegon, foto: GoFood

PARBOABOA, Cilegon - Cilegon merupakan salah satu kota yang cukup terkenal di Provinsi Banten. Selain terkenal dengan tempat wisata yang begitu keren, Cilegon juga memiliki banyak kuliner yang terkenal dan sayang untuk dilewatkan.

Sudah pernah mencicipi makanan khas Cilegon yang begitu beragam? Jika belum, pastikan untuk menyiapkan waktu liburan ke Cilegon dan ajak semua keluarga untuk berwisata kuliner di sana.

Selain terkenal enak dan juga lezat, kuliner khas Cilegon ini juga sangat terjangkau. Jadi kamu tidak perlu khawatir saat mengajak semua keluarga atau teman-teman liburan ke sana.

Nah langsung saja, bagi kamu yang sekarang ini berencana untuk melakukan liburan ke Cilegon, berikut ada beberapa makanan khas Cilegon yang wajib kamu coba.

Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Sate Bebek Cibeber

Pasti kamu tidak asing dengan yang namanya sate, yaitu olahan makanan dengan cara ditusuk dan di bakar. Di tempat lain banyak dijumpai sate yang menggunakan daging ayam, kambing, dan bahkan sapi.

Namun kali ini berbeda, makanan khas Cilegon ini menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya.

Pada dasarnya daging bebek memang alot dengan tekstur kenyal dan rasa gurih. Akan tetapi pengolahan yang tepat bisa menghasilkan daging lebih empuk tanpa mengurangi rasanya.

Inilah yang dilakukan oleh penjual sate bebek Cibeber dengan resep tradisional nya. Daging bebek sebelumnya diredam selama seharian dengan bumbu khas sehingga meresap lebih sempurna.

2. Ayam Bekakak Kranggot

Kuliner khas Cilegon yang pertama adalah Ayam bekakak kranggot. Ayam bekakak kranggot ini sendiri kurang lebih tidak terlalu jauh berbeda dengan ayam bakar pada umumnya.

Ayam ini dibumbui dengan bumbu khas Cilegon sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan juga manis.

Oalahan ayam ini dulu biasanya disajikan pada acara-acaea seperti selamatan atau pernikahan, namun sekarang kamu sudah dengan mudah mendapatkannya.

3. Sate Bandeng

Makanan khas Cilegon dan juga Banten berikutnya adalah sate bandeng. Tujuan pembuatan sate bandeng adalah untuk mendapatkan olahan ikan bandeng tanpa duri.

Tidak seperti bandeng presto khas Semarang atau bandeng cabut duri milik Sidoarjo, sate bandeng dari Cilegon ini dibuat dengan cara menumbuk daging bandeng yang telah dihilangkan durinya kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, gula merah, garam dan yang tidak kalah penting yaitu parutan kelapa yang tidak terlalu tua.

4. Rabeg

Makanan khas Cilegon selanjutnya yang bisa jadi pilihan kamu untuk berwisata kuliner. Berbahan dasar daging sapi dan juga jeroan, rabeg lalu diolah dengan aneka rempah serta bumbu yang menghadirkan cita rasa yang lezat bagi siapa saja yang memakannya.

Tahukah kamu, kuliner yang dulu merupakan makanan favorit sultan-sultan Banten loh. Sekarang, kamu bisa menemukan di tempat makan yang ada di Cilegon dengan mudah.

5. Kue Gipang

Kue Gipang atau Jipang adalah makanan tradisional yang sudah sangat merakyat sehingga meski kini sulit didapatkan namun masih ada saja yang mencarinya.

Kue jipang sudah menjadi makanan khas dari pulau Jawa, setiap daerah memiliki variannya sendiri-sendiri tak terkecuali kota Cilegon. Rasanya yang renyah, manis dan sedikit lengket menjadi ciri khas kue jipang.

Rasa manis dan lengket yang dihasilkan kue jipang berasal dari ketan yang dicampur dengan air gula. Kini kue jipang memiliki banyak varian rasa selain rasa gula merah ada pula rasa pandan dan rasa-rasa lainnya.

Kue ini sangat mudah dijumpai di daerah-daerah di dalam wilayah banten terutama Serang dan Cilegon. Kue jipang memang pas untuk dijadikan oleh-oleh khas saat liburan ke wilayah Banten.

6. Kue Ketan Bintul

Kue Ketan Bintul dikenal sebagai makanan khas dari Serang. Namun makanan ini juga menjadi makanan khas Cilegon, wajar mengingat sebelum menjadi kota sendiri, Cilegon adalah bagian dari wilayah kabupaten Serang.

Tampilannya sama seperti ketan biasa hanya saja kue ini menggunakan topping serundeng alias parutan kelapa yang digoreng. Penyajiannya pun unik menggunakan daun pisang.

Kue Ketan Bintul dikenal sebagai menu wajib saat bulan puasa sebagai takjil. Orang-orang yang tinggal di Serang dan Cilegon merasa ada yang kurang saat puasa jika tidak ada ketan bintul di dalam salah satu menu berbuka.

Banyak sekali penggemar jajanan berbahan dasar ketan ini. Traveler yang penasaran pun tidak akan kesulitan menemukan penjual ketan bintul apalagi di pusat oleh-oleh atau di sekitar obyek wisata terkenal.

7. Kerupuk Dapros

Terdengar cukup aneh ketika mendengar krupuk dapros. Sebenarnya apa sih krupuk dapros yang membedakan dengan krupuk lain?

Ternyata krupuk dapros terbuat dari tepung terigu tetapi tidak semua orang bisa membuatnya karena harus mempunyai keahlian khusus dalam membuatnya.

Krupuk dapros bentunya sangat unik karena menyerupai bunga yang sedang mekar. Jika kamu sedang ke Cilegon usahakan beli oleh-oleh krupuk dapros yaa

8. Nasi Gonjileng

Makanan khas Cilegon berikutnya adalah Nasi Gonjleng. Namanya lumayan unik sehingga mudah diingat.

Jika dilihat warna dan tekstur, kuliner ini mirip dengan nasi kebuli yang mengadopsi makanan khas Timur Tengah.

Bukan hanya beras dan air yang digunakan untuk memasak nasi, namun juga berbagai rempah. Beberapa rempah yang dibutuhkan adalah daun salam, cabai, dan serai.

Kuliner ini semakin nikmat karena dalam penyajiannya dilengkapi berbagai lauk dan toping. Akan tetapi yang paling umum yakni menggunakan lauk daging sapi yang sudah dimasak dengan bumbu khas.

Toping sebagai pelengkapnya diantaranya adalah irisan mentimun, emping, dan tidak lupa adanya sambal untuk mengundang selera.

9. Kue Ketan Bintul

Satu lagi makanan khas Cilegon yang sayang untuk dilewatkan adalah kue ketan bintul. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini terbuat dari bahan dasar ketan yang memiliki rasa nikmat dan gurih.

Yang membedakan kue ketan Cilegon dengan kue ketan lainnya yakni adanya parutan kelapa goreng yang ditaburi di atasnya.

Menariknya lagi, biasanya kue ini sering disajikan dengan menggunakan daun pisang sehingga memiliki aroma yang begitu khas.

Untuk bisa menemukan kue yang satu ini sangat mudah, kamu bisa menjumpainya di berbagai tempat yang jual jajanan kue di Cilegon.

Soal harga kamu tidak perlu khawatir karena, makanan khas Cilegon yang satu ini di banderol sekitar Rp 15 ribu per bungkusnya.

10. Emping Ceplis

Selain jipang, makanan ringan yang juga cocok dijadikan oleh-oleh adalah Emping Ceplis. Makanan khas Cilegon ini terbuat dari bahan utama biji melinjo yang dibuat pipih dengan cara di geprek.

Biasanya emping dibentuk dari beberapa biji melinjo pipih sehingga ukurannya lumayan besar, namun tidak untuk kali ini.

Dinamakan Emping Ceplis karena ukurannya yang kecil dan terbuat dari satu biji melinjo. Setelah di buat pipih, makanan khas Cilegon ini kemudian dijemur hingga kering.

Setelah itu, proses selanjutnya yakni dengan cara digoreng hingga kering dan matang. Saat ini banyak ditemui banyak rasa, balado dan keju adalah varian rasa selain original.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Cilegon yang lezat dan paling favorit. Selamat menikmati!

Editor : -

Tag : #wisata cilegon    #cilegon    #travel    #hotel    #tempat wisata    #kuliner cilegon    #jawa barat   

Baca Juga