Makanan khas Cilacap, foto: Cilacap.org

10 Makanan Khas Cilacap Sedap dan Bikin Nagih

Wanovy | Travel | 30-09-2022

PARBOABOA, Cilacap - Ketika berkunjung ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Kota Cilacap. Kota ini berbatasan langsung dengan kabupaten Brebes dan Banyumas Utara. Selain menarik dari sektor pariwisata pantainya, ada banyak makanan khas Cilacap yang wajib dicoba.

Cilacap merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal dengan pilihan wisata alam dan perpaduan budayanya yang indah. Bukan cuma itu, wisata kulinernya pun sayang untuk dilewatkan.

Makanan khas Cilacap Jawa Tengah yang akan dibahas kali ini cukup melegenda. Mencicipinya, membuat kota Cilacap hadir di depan mata. Khas dengan berbagai jenis olahan ikan laut yang segar dan benar-benar bikin ketagihan.

Nah, berikut ini Parboaboa.com sajikan beberapa makanan khas Cilacap yang wajib kamu coba.

1. Tahu Brontak

Salah satu makanan khas Cilacap yang paling populer adalah tahu brontak. Makanan yang sekilas mirip dengan tahu susur ini memiliki cita rasa gurih dan renyah. Biasanya, tahu brontak dicelupkan dalam santan sebelum digoreng.

Sensasi rasa gurih dan renyah ini, berasal dari bumbu santan kelapa. Sementara bagian dalamnya tetap lembut dan empuk. Maka dari itu, bagi kamu yang sedang berada di Cilacap, tidak ada salahnya untuk menikmati tahu brontak yang biasa dijual di pinggir jalan.

2. Brekecek

Brekecek adalah makanan khas Cilacap yang terbuat dari ikan. Biasanya, ikan yang digunakan sebagai bahan dasar yaitu ikan laut bernama jambal roti. Bukan tubuh ikan yang dijadikan bahan dasar, melainkan hanya kepalanya saja.

Rasanya yang enak dan lezat, membuat makanan khas Cilacap satu ini selalu berhasil menggugah selera para wisatawan. Tak heran jika brekecek selalu laris di pasaran.

3. Manggleng Singkong

Makanan khas Cilacap selanjutnya, yaitu manggleng singkong. Cemilan yang sudah sudah ada sejak tahun 1997 ini, terbuat dari singkong. Rasanya yang gurih dan renyah, cocok dinikmati bersama secangkir teh panas.

Bagi yang berkunjung ke Cilacap, wajib beli cemilan satu ini. Tak hanya satu rasa, menggleng juga bisa dibuat pedas asin, pedas manis, dan super pedas.

4. Sate Martawi

Bagi kamu yang sajian sate-satean seperti sate ayam, perlu mencoba sate martawi khas Cilacap. Sate ini cukup unik karena potongan dagingnya yang besar-besar.

Kalau jenis sate lainnya hanya menggunakan satu buah tusuk saja, sate martawi dibuat dengan 2 buah tusuk.

Sate ini menggunakan daging ayam yang diberi bumbu sebelum dibakar sehingga rasanya lebih gurih dan empuk.

Menyantapnya dipadukan dengan bumbu kacang terpisah, ditemani lontong atau nasi putih. Konon, untuk saus kacangnya tidak boleh diberi tambahan cabai, bawang, dan saus manis.

5. Nasi Leles

Tidak banyak wisatawan yang tahu tentang makanan khas Cilacap yang satu ini. Nasi leles adalah masakan rumahan legendaris favorit warga lokal untuk sarapan.

Mirip dengan nasi kucing yang sering ditemui di Yogyakarta, nasi leles berukuran kecil dan dibungkus dengan daun pisang.

Isinya sangat sederhana yaitu berupa nasi dengan lauk oseng tempe, serundeng dan soun goreng. Kadang juga disajikan dengan telur dadar iris, kering kacang, oseng bihun dan suwir ayam.

6. Thempleng Cilacap

Makanan khas Cilacap berikutnya adalah Thempleng yang memiliki nama lain rempeyek.

Ini merupakan makanan ringan yang cocok sekali kamu makan saat bersantai dengan keluarga ataupun untuk lauk makanan.

Bahan dasarnya adalah tepung beras yang dicampur dengan bumbu khas yang lezat, lalu digoreng dengan api yang sedang.

Untuk rasanya, sudah pasti dijamin enak, gurih, dan renyah. Ada beberapa jenis rasa yang bisa kamu pilih, yaitu rasa kacang, teri, kedelai, rebon, dan juga kacang hijau.

Semua rasa tersebut tentu memiliki ciri khas tersendiri. Jadi, kamu bisa memilih sesuai selera kamu dan keluarga.

Nah, jika kamu penasaran dengan rasa makanan khas Cilacap yang renyah ini, kamu bisa langsung datang saja ke Cilacap.

7. Lanthing Khas Cilacap

Makanan khas Cilacap selanjutnya yang tidak kalah enak adalah Lanthing. Ini juga merupakan sejenis makanan ringan yang rasanya gurih dan renyah.

Bentuknya yang kecil sangat cocok dimakan di sela waktu senggang atau camilan saat nonton TV bersama keluarga.

Untuk bahan yang digunakan dalam pembuatannya sendiri adalah singkong. Wah, kamu bisa bayangkan betapa uniknya camilan ini?

Ini bisa dikatakan sebagai camilan unik karena bahan singkong umumnya digunakan untuk membuat keripik atau makanan tradisional.

Namun, produsen menyulapnya menjadi camilan yang bernilai tinggi. Dalam pembuatannya, sang pembuat membentuk adonan kecil-kecil, lalu melubangi bagian tengahnya. Setelah itu, adonan sudah siap digoreng hingga teksturnya renyah.

8. Lepet

Lepet nampaknya bisa dijadikan sebagai makanan ringan namun bisa juga masuk dalam kategori makanan berat.

Apa itu lepet sebenarnya? Lepet merupakan sebuah makanan khas Cilacap yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan.

Untuk menghasilkan lepet, beras ketan dicampur dengan parutan kelapa kemudian dililit dengan menggunakan janur yang berwarna kuning. Umumnya lepet akan disuguhkan pada sebuah acara penting seperti pernikahan dan syukuran.

Secara umum, makanan yang satu ini hampir mirip dengan lemper. Pada zaman dahulu, banyak sekali pedagang yang menjajakan jenis makanan ini di pasar atau bahkan berkeliling. Penasaran dengan rasa dari lepet ini? Segera kunjungi kota Cilacap ya.

9. Tempe Dages

Padahal dasarnya adalah ampas tahu, namun mengapa bisa dinamakan tempe dages? Konon karena warnanya yang ke abu-abuan serta bentuknya yang kotak dan padat sehingga menyerupai tempe. Kalau di daerah lain biasa kita dengar dengan sebutan tempe gembus.

Pembuatan tempe dages ini adalah dengan cara digoreng layaknya mendoan. Rasanya pun tak kalah nikmat dan gurih.

Kamu bisa dengan mudah menjumpai makanan khas Cilacap satu ini pada penjual gorengan di pinggir jalan bersama dengan tahu brontak dan lain-lain.

10. Gembus

Bagi Kamu yang masih cukup asing dengan makanan khas Cilacap yang satu ini, makanan ini biasanya disebut juga dengan istilah donat Jawa.

Berbahan dasar singkong, kemudian diolah sedemikian rupa dan dibentuk hingga menyerupai donat kemudian digoreng.

Itulah tadi beberapa makanan khas Cilacap lezat dan melegenda yang wajib kamu coba jika berkunjung ke kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata cilacap    #cilacap    #travel    #tempat wisata    #jawa tengah    #kuliner cilacap   

Baca Juga